Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul : Rute Lokasi, Spot Memancing, Fasilitas

TEMPAT WISATA TERBARU | Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul - Gunung Kidul Yogyakarta memang merupakan surganya wisata pantai. Hal ini dikarenakan di Gunung Kidul terdapat puluhan bahkan ratusan wisata pantai dengan pemandangan yang sangat menakjubkan, pasirnya yang putih bersih dengan air lautnya yang jernih berpadu dengan tebing-tebing karang yang semakin membuat memandangan semakin eksotis.

Dari banyaknya wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta salah satunya yaitu adalah pantai Celeng Tibo. Bagi wisatawan mungkin pantai Celeng Tibo terderang sangat aneh dan asing. Hal ini memang pantai Celeng Tibo belum populer seperti pantai Gunung Kidul lainnya sebut saja pantai Baron, pantai Indrayanti, pantai Nglambor dan lain sebagainya. Pantai Celeng Tibo ini hanya diketahui oleh penduduk sekitar dan juga para pecinta mancing. Namun meskipun demikian, tak ada salahnya anda untuk mencoba berlibur di pantai Celeng Tibo Gunung Kidul Yogyakarta.

[http://scanforlink.blogspot.com] Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul
Pantai Celeng Tibo merupakan celah pantai tebing diantara dua pertemuan tebing atau bukit. Lokasi pantai Celeng Tibo bersebelahan dengan pantai Kesirat dimana suasana pantai Celeng Tibo sangat mirip dengan pantai Kesirat. Patokan lokasi pantai Celeng Tibo yaitu adanya bangunan bambu ditepi tebing karang yang biasa di gunakan sebagai tempat untuk memancing.

Pantai Celeng Tibo berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, dimana pantai Celeng Tibo tidak memiliki pasir pantai, di pantai Celeng Tibo hanya terdapat tebing tinggi dimana biasa di gunakan sebagai spot memancing. Spotnya yang menarik untuk memancing, menjadikan pantai Celeng Tibo dikenal sebagai pantai untuk memancing.

Sejarah pantai Celeng Tibo

Pantai Celeng Tibo terdengar sangat asing, Nama pantai tersebut berasalh dari sejarah di pantai tersebut. Dulu masyarakat disekitar pantai Celeng Tibo sering berburu babi hutan atau yang disebut juga dengan istilah Celeng. Masyarakat memburunya dengan menggunakan alat semacam tombak. Namun karena Celeng larinya begitu gesit dan tidak memperdulikan akan adanya tebing jurang yang berhadapan langsung dengan lautan, makanya celeng tersebut sering kali terjatuh atau dalam bahasa jawa yaitu "Tibo" ke jurang tebing tersebut, sehingga pantai tersebut dinamakan pantai Celeng Tibo.

Informasi umum tentang pantai Celeng Tibo

Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya yang selalu ramai dengan pengunjung. Pantai Celeng Tibo masih sangat sepi, sangat jarang sekali ada wisatawan datang kecuali mereka yang suka dengan memancing. Selain itu pantai ini juga memang belum banyak melakukan promosi sehingga belum banyak dikenal oleh wisatawan meskipun memiliki pemandangan yang sangat indah.
[http://scanforlink.blogspot.com] Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul

Pantai Celeng Tibo memiliki keindahan alam yang sungguh luar biasa menakjubkan. Sangat disayangkan jika anda berkunjung di Gunung Kidul tanpa mampir di pantai Celeng Tibo. Di pantai Celeng Tibo anda bisa menghabiskan waktu libur anda dengan sangat menyenangkan. Anda juga bisa mampir di pantai disekitar pantai Celeng Tibo seperti pantai Kesirat dan lain sebagainya.

Keunggulan pantai Celeng Tibo Gunung Kidul Yogyakarta

[http://scanforlink.blogspot.com] Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul

Pantai Celeng Tibo memiliki keunggulan jika di bandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Keunggulan pertama yang ada di pantai Celeng Tibo tak lain adalah spot yang sangat baik sekali untuk memancing. Selain spot yang baik untuk memancing, keunggulan lainnya adalah pemandangan tebing yang sangat menakjubkan. Hal ini tak lain karena lokasi pantai Celeng Tibo yang memang berada di atas tebing sehingga memberikan pemandangan yang eksotis dan indah tiada duanya.


Keunggulan lainnya yang bisa anda dapatkan di pantai Celeng Tibo adalah kondisi dan suasanya yang masih sangat sepi dan alami. Hal ini tentunya sangat cocok bagi para traveler yang ingin menenangkan diri atau ingin sekedar untuk merefresh pikiran dari rasa stres, pekerjaan menumpuk dan lain sebagainya. 

Daya tarik pantai Celeng Tibo Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul Yogyakarta bukan hanya sekedar tempat wisata saja, namun juga merupakan surganya para pemancing. Pantai Celeng Tibo memang terdengar sangat asing bagi para wisatawan, namun sangat populer bagi para pemancing. Selain spotnya yang sangat mendukung untuk memancing, di pantai Celeng Tibo juga banyak para pemancing yang mendapatkan ikan yang besar. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul

Lokasi pantai Celeng Tibo sangat berdekatan dengan pantai Kesirat atau sekitar 15 menit perjalanan dengan berjalan kaki. Hal ini yang menjadikan pantai Celeng Tibo dijadikan sebagai alternatif lokasi memancing laut (rock fishing) yang dekat dengan pantai kesirat. Jika pantai Kesirat penuh, maka para pemancing akan pindah ke pantai Celeng Tibo untuk memancing.

Fasilitas di pantai Celeng Tibo Gunung Kidul Yogyakarta

[http://scanforlink.blogspot.com] Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul

Pantai Celeng Tibo merupakan pantai yang masih sangat sepi dari pengunjung kecuali para pemancing. Pantai ini juga belum banyak dikenal oleh wisatawan dan bisa dibilang pantai Celeng Tibo belum masuk dalam daftar wisata di Gunung Kidul. Untuk itu di pantai Celeng Tibo belum ada fasilitas apapun, disana hanya terdapat spot memancing dan juga tempat istirahat yang biasa digunakan untuk beristirahat para pemancing.

Perjuangan untuk menuju ke pantai Celeng Tibo


[http://scanforlink.blogspot.com] Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul
Pantai Celeng Tibo memang memiliki pemandangan alam yang luar biasa, namun untuk menuju ke pantai Celeng Tibo diperlukan perjuangan yang luar biasa, hal ini tentunya sangat cocok sekali bagi para traveler yang suka dengan menjelajahi alam. Untuk menuju ke pantai Celeng Tibo, kendaraan hanya bisa parkir dikawasan pantai Kesirat dan selanjutnya anda diharuskan untuk berjalan kaki dengan melewati tebing-tebing dan jurang yang tentunya harus sangat berhati-hati.

Lokasi alamat pantai Celeng Tibo Gunung Kidul

Pantai Celeng Tibo masih satu lokasi dengan pantai Kesirat, jadi alamatnyapun sama yaitu di desa Girikarto, kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak pantai Celeng Tibo dengan pantai Kesirat sekitar 10-15 menit perjalanan dengan berjalan kaki karena memang jalan tak bisa dilalui oleh kendaraan.

Rute menuju ke pantai Celeng Tibo Gunung Kidul

Rute menuju ke pantai Celeng Tibo sama dengan rute menuju pantai Kesirat yaitu Yogyakarta - ringroad ketandan - Jl woosari - perempatan sampaan - Piyungan - patuk - sambipitu - hutan wanagama - gading atau lapangan terbang - Ambil kanan atau menuju ke pasar playen - Paliyan - Puslaput TNI  - Menuju saptosari - Ambil arah pantai Gesing atau pantai Kesirat - amil arah girikarto - sampai Girikarto lurus menuju ke desa nglaos - ikuti jala hingga ada pertigaan pertama ambil arah kanan pantai kesirat - Pantai Celeng Tibo.


Setelah sampai di pantai kesirat, anda parkir kendaraan dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Pastikan anda jangan menggunakan alas kaki yang licin, karena perjalan cukup berbahaya dan licin selain itu medannya yang curam sangat berbaya. Bahkan beberapa titik jalan nampak hilang tertutup oleh semak-semak . Anda dan rombongn harus sangat berhati-hati.

Saran dan tips berkunjung ke pantai Celeng Tibo Gunung Kidul Yogyakarta

Sebelum anda melakukan perjalanan menuju ke pantai Celeng Tibo, baiknya anda pantau terlebih dulu masalah cuaca, hal ini sangat penting karena lokasi pantai Celeng Tibo sangat curam dan berbahaya ketika cuaca hujan. Selain itu anda juga harus pastikan fisik anda dalam keadaan fit, disana anda akan melakukan perjalanan yang tentunya membutuhkan stamina yang besar. Pastikan juga kendaraan dalam kondisi fit. Jangan lupa untuk membawa perbekalan karena disana tidak ada warung makan dan jauh dari perkampungan. Jangan lupa bawa obat-obatan yang mungkin nanti anda butuhkan, Janga lupa juga bawa kamera dengan kondisi batrai full.

Demikianlah informasi tentang keindahan pantai Celeng Tibo. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunung Kidul : Rute Lokasi, Spot Memancing, Fasilitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel