10 Spot Foto Keren di Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Tradisi

Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta - Gunung Kidul Yogyakarta memang gudangnya wisata pantai, karena di Gunung Kidul ada banyak sekali wisata pantai. Bukan hanya sekedar wisata pantai biasa, wisata pantai yang ada di Gunung Sungguh istimewa dan tidak akan membuat siapapun yang berkunjung ke wisata pantai Gunung Kidul tak akan kecewa dan tak akan pernah bosan. Hal ini tak lain karena pemandangan alam yang indah dengan perpadu pasir putih yang bersih serta adanya tebing-tebing karang yang besar sehingga membuat pemandangan di pantai-pantai selatan kian mempesona.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta


Pantai Gunung Kidul sangat identik dengan pasir putih yang bersih dengan air lautnya yang jernih. Namun ada satu pantai di Gunung Kidul dimana pantai tersebut tidak memiliki hamparan pasir layaknya wisata pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Pantai tanpa hamparan pasir tersebut adalah pantai Kesirat. Pantai Kesirat memang sedikit asing karena pantai Kesirat memang tak sepopuler pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Baron, pantai Indrayanti atau pantai Gunung Kidul lainnya.

Berlibur di pantai Kesirat, kita tak bisa membayangkan hamparan pasir putih yang luas, gemercik ombak yang menyapu bibir pantai, bermain di pasir pantai atau melihat hewan-hewan kecil di pantai. Hal ini dikarenakan di pantai Kesirat tidak menawarkan pemandangan tersebut. Meskipun demikian, pantai Kesirat memiliki pesona lain yang tentunya berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung kidul.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta


Pantai Kesirat atau yang juga disebut pantai Gesirat adalah pantai yang berupa tebing karang yang berbatasan langsung dengan laut lepas, sehingga di pantai Kesirat, pengunjung tidak akan menemukan hamparan pasir yang melandai. Pantai yang berupa tebing karang yang tinggi dan curam justru akan membuat asyik dan keren, karena pemandangan yang di tawarkan pantai Kesirat sungguh Wauuu dan akan membuat siapapun berdecak kagum.

Sejarah pantai Kesirat

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kesirat merupakan pantai yang tergolong masih sangat baru. Hal ini dikarenakan kondisi pantainya yang masih sepi dan fasilitasnya yang belum begitu lengkap. Awal mulanya pantai Kesirat hanyalah terkenal dikalanga pemancing saja, karena memang di pantai Kesirat merupakan spot memancing yang sangat baik. Namun dengan berjalannya waktu, lambat laun pesona pantai Kesirat mulai terungkap, terkebih dengan adanya media sosial seperti facebook dan instagram yang membuat pantai Kesirat semakin dikenal oleh para wisatawan. Satu persatu wisawatan berdatangan untuk sekedar menikmati pemandangan sambil berfoto atau untuk melepas kepenatan akibat kesibukan sehari-hari sehingga pantai Kesirat semakin hari semakin banyak di kunjungi, terlebih ketika sore hari.

Mitos dan tradisi di pantai Kesirat

Pantai Kesirat yang selain dikenal sebagai surga yang tersembunyi ini juga merupakan tempat yang di sakralkan oleh masyarakat sekitar pantai. Memang pantai Selatan Jawa sarat akan sejarah, cerita mistis atau mitos yang sangat kental. Begitu juga dengan pantai Kesirat, penduduk sekitar pantai Kesirat selalu menggelar tradisi di pantai Kesirat yaitu tradisi ngalap berkah atau yang disebut juga dengan istilah Brubuh-brubuh yang dilakukan setahun sekali. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta


Tradisi ngalap berkah atau brubuh-brubuh ini merupakan tradisi yang bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur yang berawal dari ke arifan lokas masyarakat Jawa pada lingkungan dengan tidak menebang pohon sembarangan. Hal ini wajar jika di pantai Kesirat terdapat pohon abadi yang berdiri kokoh di salah satu tebing di pantai Kesirat. Masyarakat sekitar pantai Kesirat baru akan menebang pohon ketika musim padi sudah mau panen atau sudah menguning.

Keindahan pantai Kesirat

Pantai Kesirat meskipun tak sepopuler pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, namun pantai Kesirat merupakan pantai yang sangat di rekomendasikan untuk anda kunjungi saat berlibur dikawasan Gunung Kidul. Hal ini tak lain karena pemandangan indah di pantai Kesirat yang sayang untuk dilewatkan.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta


Pantai Kesirat memiliki karakter berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Pantai Kesirat terbentuk dari tebing dan juga karang yang curam sehingga memberikan pesona pemandangan yang sangat indah. Hal ini semakin sempurna dengan deburan ombak besar yang menghamtam tebing dan juga batu karang yang ada di pantai Kesirat.

Selain memiliki karakter yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul, pantai Kesirat juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki pantai lainnya. Ciri khas pantai Kesirat tak lain adalah adanya pohon tunggal yang tumbuh di tebing pantai yang sangat menarik perhatian. Pohon tunggal atau pohon yang bernama Gebangkoro adalah satu-satunya pohon yang hidup di tebing pantai Kesirat sehingga sering dinamakan pohon tunggal. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta


Selain disebut sebagai pohon tunggal, pohon yang terlihat mencolok dan mencuri perhatian tersebut juga disebut sebagai pohon abadi. Pohon abadi tersebut saat musim hujan akan dipenuhi daun yang hijau dan rimbun. Namun saat musim kemarau tiba, satu per satu daun pohon akan berguguran sehingga menyisahkan batang dan ranting pohoh yang nyaris gundul. Kehadiran pohon tunggal tersebut semakin mempercantik pemandangan yang ada di pantai Kesirat, terlebih saat senja tiba. Jadi tak heran jika banyak wisatawan yang berfoto di bawah pohon tersebut, karena pohon tersebut juga merupakan spot foto terbaik yang ada di pantai Kesirat.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta


Keindahan lain yang ada di pantai Kesirat adalah adanya hamparan rerumputan yang cukup luas yang biasa di gunakan sebagai tempat untuk camping. Hal yang paling indah di pantai Kesirat tak lain adalah pemandangan saat senja dimana matahari tenggelam secara perlahan. Dengan bercamping, selain dapat menikmati keindahan sunset, anda juga bisa menikmati suasana malam di pantai Kesirat.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Kesirat

Pantai Kesirat memiliki sesuatu yang berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Hal inilah yang menjadi alasan penjelajah pantai Kesirat tak pernah bosan. Hal berbeda yang membuat pantai Kesirat unik adalah pantai kesirat tak memiliki hamparan pasir, hanya berupa tebing tinggi yang curam dengan suara deburan ombak yang keras. Namun, meskipun tak memiliki hamparan pasir, pantai Kesirat tetap mengasyikan dan ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Kesirat. Nah berikut beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Kesirat. 

Menikmati pemandangan alam pantai Kesirat yang unik

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kesirat merupakan pantai yang unik, karena di pantai Kesirat kita tidak akan menemukan hamparan pasir layaknya wisata pantai lainnya. Namun, meskipun demikian, pemandangan di pantai Kesirat sangat indah. Jika anda datang ke pantai Kesirat saat cuaca cerah, anda akan menemukan panorama pemandangan alam yang sangat indah. Pemadangan antara langit biru, hijau vegetasi pantai Kesirat, hamparan rerumputan serta pohon abadi akan membuat siapapun terpesona dengan pemandangan di pantai Kesirat. Hal tersebut kian sempurna dengan suara deburan ombak dan juga angin khas pantai yang sepoe-sepoe. 

Berselfie di pantai Kesirat

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kesirat memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Hal ini yang membuat anda akan bingung memilih spot foto yang terbaik, karena semua pemandangan di pantai Kesirat merupakan spot foto yang keren. Anda tinggal mengatur pose serta pencahayaan untuk bisa mendapatkan gambar yang terbaik. Pantai Kesirat ini juga kerap dijadikan tempat untuk foto Pre Wedding.

Baca juga : 10 spot keren pantai Ngandong Gunung Kidul Yogyakarta

Memancing di tempat favorit bernama Rock Fishing

Pantai Kesirat yang berlokasi di atas tebing setinggi 15 hingga 30 meter ini menjadi pusat perhatian pelancong. Hal ini selain memberikan pemandangan yang sangat indah, tebing di pantai Kesirat tersebut juga dijadikan sebagai tempat Rock Fishing bagi para pemancing baik dari warga sekitar pantai Kesirat maupun warga dari luar daerah. Tentunya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi anda yang suka memancing. Di pantai Tersirat yang lokasinya langsung berbatasan dengan laut lepas ini terdapat banyak sekali jenis ikan, dan lopster. Tidak hanya ikan-ikan kecil saja, bahkan banyak penduduk atau pemancing yang sering melihat ikan-ikan besar seperti ikan hiu tutul, ikan paus dan juga ikan lumba-lumba. Hal ini tak mengherankan, karena lokasi pantai Kesirat merupakan jalur migrasi dari ikan paus sei. Sementara di samudra hindia merupakan area kekuasaan dari paus minke dan juga paus sperma.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta


Untuk menuntaskan hasrat dari para pemancing, disalah satu ujung di pantai Kesirat di bangun pondok sederhana yang biasa di gunakan para pemancing untuk beristirahat atau bercengkerama sambil menunggu sambaran ikan di pancing mereka. Jika anda memang hoby mancing anda wajib mencoba tempat memancing yang bernama Rock Fishing ini.

Baca juga : 10 Spot foto keren di pantai Wediombo

Menikmati pemandangan sunset yang eksotis


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta
Hal yang menjadi daya tarik utama dari pantai Kesirat adalah keindahan sunsetnya. Pemandangan sunset atau matahari terbenam di pantai Kesirat merupakan yang terbaik di Yogyakarta. Pemandangan sunset di pantai Kesirat sangat sempurna. Hal ini dikarenakan pantai Kesirat yang lokasinya menghadap kebarat. Keindahan matahari disenja hari terlihat sangat dramatis dan eksotis dengan adanya sebuah pohon yang letaknya sangat strategis dan unik. Tak heran pantai Kesirat akan selalu ramai ketika menjelang senja. Tak heran juga bila di pantai Kesirat menjadi tempat yang paling di buru oleh para fotografi untuk mengincar moment-moment matahari tenggelam.

Area yang cocok untuk berkemah atau camping

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta

Di pantai Kesirat memang tidak ada hotel atau villa, namun anda tak perlu khawatir bila ingin menginap di pantai Kesirat. Pantai Kesirat memiliki area yang cukup luas dengan di tumbuhi rerumputan yag cocok sekali untuk camping. Di pantai Kesirat kerap dijadikan tempat untuk berkemah. Biasanya pantai Kesirat akan ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berkemah ketika hari libur seperti akhir pekan atau hari libur nasional lainnya. Tentu akan sangat menyenangkan sekali bukan berkemah di pantai Kesirat.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta

Namun perlu anda perhatikan di pantai Kesirat tidak ada warung makan, dan fasilitas di pantai Kesirat juga sangat minim. Untuk itu, bagi anda yang berniat untuk camping di pantai Kesirat baiknya persiapkan perbekalan yang lengkap seperti makanan, minuman dan lain sebagainya.

Baca juga : Pemandangan keren bekas aliran sungai bengawan solo purba yang ada di pantai sadeng

Star Gazing

Saat malam tiba di pantai Kesirat akan menjadi gelap gurita karena di sana belum ada listrik dan lampu. Waktu inilah adalah waktu terbaik untuk melihat taburan bintang yang membedaki angkasa. Ditengah kegelapan malam, kita akan melihat jutaan partikel bercahaya dan kelap-kelip di angkasa yang terlihat sangat indah.

Fasilitas di pantai Kesirat Gunung Kidul

Pantai Kesirat Gunung Kidul merupakan pantai dengan pemandangan indah yang juga memiliki julukan surga yang tersembunyi. Lokasinya yang tersembunyi dan sepi dari pengunjung membuat pantai Kesirat belum memiliki fasilitas yang mempuni. Untuk itu, bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai Kesirat, baiknya bawa perbekalan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Lokasi pantai Kesirat

Pantai Kesirat berlokasi di dusun Wilosos, desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta sekitar 2 jam perjalanan.

Rute menuju ke pantai Kesirat

Rute menuju ke pantai Kesirat cukup menantang, namun tetap masih bisa di akses dengan menggunaan kendaraan baik kendaraan roda 2 maupun roda 4. Meskipun medan menuju ke pantai Kesirat cukup sulit, hal tersebut akan terbayar dengan keindahan alam pantai Kesirat yang luar biasa. Bagi anda yang ingin datang ke pantai Kesirat baiknya datang di sore hari agar bisa melihat indahnya sunset di pantai Kesirat.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta


Untuk menuju ke pantai Kesirat ada beberapa rute yang bisa anda lalui. Nah rute tersebut yaitu rute dari kota Yogyakarta kemudian menuju piyungan - bantul - simpang tiga lanud TNI angkatan udara - kemdian menuju ke playen - menuju ke pasar paliyan bantul - dari pasar lanjutkan perjalanan hingga menuju ke puslatpur TNI AD - sampai di simpang tiga arahkan kendaraan anda ke saptosari hingga menuju SDN 1 jetis dan girikarto - Ikuti jalur yang ada hingga anda sampai di pantai Kesirat.

Jalur lain menuju ke pantai Kesirat yaitu dengan melalui imogiri. Dari Imogiri anda menuju ke panggang dan sampai di simpang tiga tepat setelah sekolah MTs Yappi lanjutkan perjalanan hingga ke Girikarto, setelah itu lanjutkan rute seperti yang telah dijelaskan pada rute pertama. Jika anda masih bigung anda bisa menggunakan google maps atau bertanya pada warga yang anda temui.

Tiket masuk ke pantai Kesirat

Untuk bisa menikmati keindahan pantai Kesirat, kita hanya di mintai untuk membayar tiket sebesar 5 ribu saja. Selain itu kita juga akan dikenakan biaya parkir  yaitu 3 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Harga tiket tersebut termasuk juga tiket masuk ke pantai Wohkudu yang lokasinya bersebelahan. Tempat parkir kendaraan juga ada di kawasan pantai Wohkudu, setelah itu pengunjung harus melakukan traking berjalan kaki hingga sampai di pantai Kesirat.

Tips berkunjung ke pantai Kesirat

Untuk berkunjung ke pantai kesirat, baiknya anda persiapkan perbekalan yang lengkap karena di pantai kesirat tidak ada warung makan atau fasilitas lainnya. Selain itu persiapkan juga kondisi mobil yang fit serta tubuh yang fit karena medan menuju ke pantai Kesirat cukup sulit dan menantang. Sesampai di pantai Kesirat anda wajib menjaga kebersihan pantai dan jangan merusak pantai, jangan merusak atau menebang pohon di sekitar pantai kesirat.

Demikianlah informasi tentang pantai Kesirat. Semoga informasi diatas menjadi inspirasi untuk hari libur anda bersama dengan keluarga atau sahabat tercinta. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "10 Spot Foto Keren di Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Tradisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel