20 Spot Foto Keren Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta : Sorkeling, Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilias

TEMPAT WISATA TERBARU | Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta - Gunung Kidul Yogyakarta memang pusatnya wisata pantai, ada banyak sekali wisata pantai yang ada di Gunung Kidul. Lokasinya yang langsung berbatasan langsung dengan samudra Hindia membuat pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul memiliki ciri yang khas yaitu ombak pantai yang besar dan juga pasir pantai yang putih dan lembut. Tidak hanya itu saja, lokasinya yang berada diantara gunung-gunung karts atau bukit-bukit karang membuat pantai-pantai di Gunung Kidul memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa.

Pantai-pantai Gunung Kidul memang memiliki ciri khas pasir pantai yang putih dan lembut. Namun tidak semua pantai di Gunung Kidul memiliki pasir pantai yang putih dan lembut, salah satunya yaitu pantai Nglambor. Pantai Nglambor salah satu pantai yang berlokasi di pesisir selatan Gunung Kidul, namun pantai Nglambor memiliki tekstur pasir yang kasar. Hal tersebut dikarenakan pecahan karang dan juga biota laut yang terus menggerus ombak.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Karakter ombak di pantai Nglambor juga tak sama dengan pantai Gunung Kidul lainnya yang dikenal besar dan ganas. Ombak di pantai Nglambor cukup tenang sehingga sangat aman untuk mandi atau berenang dilaut, bahkan melakukan Snorkeling. Seperti yang kita ketahui, pantai Ngambor merupakan pantai yang sangat terkenal akan aktivitas Snorkelingnya. Pantai Nglambor memiliki air laut yang sangat jernih dengan pemandangan bawah air yang sangat cantik. 

Pantai Nglambor cukup unik karena bentuknya seperti laguna kecil, sehingga arus airnya menjadi lebih tenang. Selain itu di pantai Nglambor juga terdapat dua batu karang yang bernama batu kalong, batu kuntul yang berwujud seperti kura-kura raksasa yang menggapit pantai Nglambor, sehingga ganasnya ombak dari samudra Hindia akan diredam sebelum masuk dikasawan pantai Nglambor. 

Karakter lain dari pantai Nglambor yaitu dikelilingi oleh dua bukit kapur yang membuatnya terlihat sangat indah dan mempesona. Wisatawan dapat naik ke atas bukit kapur tersebut. Diatas bukit kapur ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan wisatawan seperti melihat indahnya pemandangan, berfoto atau berselfie dan lain sebagainya. Hal menarik di bukit ini adalah tidak ada penghalang sejauh mata memandang. Dengan demikian, kita bisa menjadi leluasa menikmati pemandangan alam yang ada di pantai Nglambor.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Nglambor dulunya merupakan pantai yang sangat sepi. Pantai yang lokasinya diapit oleh 2 pantai indah lainnya yaitu pantai Jogan dan pantai Siung ini tidak memiliki wilayah yang luas dengan akses yang cukup sulit, sehingga wisatawan enggan untuk berkunjung ke pantai Nglambor. Meskipun pantai-pantai Gunung Kidul lainnya sudah melijit hingga ke mancanegara, pantai Nglambor masih tetap sepi dan hanya di huni oleh satu keluarga yaitu Mbak Tukiyem, dan suaminya pak Kartono. Alasan mereka tinggal di kawasan pantai Nglambor tak lain adalah untuk menjaga ternak mereka serta menghalau money ekor panjang yang kerap merusak ladang mereka.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Dengan berjalannya waktu, akhirnya ada sekelompok orang yang menyadari akan potensi wisata besar di pantai Nglambor yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya yaitu Snorkeling. Pantai Nglambor memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa, dengan lokasinya yang di lindungi oleh batu karang besar yang berwujud kura-kura membuat pantai Nglambor aman dari terjangan ombak besar sehingga sangat aman untuk melakuakn snorkeling. 

Dengan ditemukannya wilayah Snorkeling terbaik di Yogyakarta ini, maka pantai Nglambor terus di promosikan hingga akhirnya pantai Nglambor selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun selalu ramai di kunjungi wisatawan, kondisi pantai Nglambor masih sangat alami dan bersih. Kondisi pantainya yang cukup sempit membuat kendaraan tidak bisa masuk sehingga pengunjung harus berjalan kaki melewati ladang penduduk setempat.

Sejarah pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai Nglambor berbeda dengan pantai-pantai umumnya yang ada di Indonesia dimana biasanya pantai memiliki ceriat mistis dan misteri, terlebih wisata pantai yang ada di pantai Selatan. Pantai Nglambor yang belum begitu lama mewarnai dunia wisata di pantai Gunung Kidul ini sama sekali tak memiliki cerita mistis. Meskipun demikian, di pantai Nglambor tetap diadakan tradisi upaca sedekaha laut sebagaimana pantai-pantai lainnya.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Sedekah laut yang ada di pantai Nglambor dinamakan "Ngalangi" atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti  melarang atau menghalangi. Ngalangi atau menghalangi tersebut di maksutkan untuk mengingatkan kepada siapapun terlebih warga sekitar untuk tidak menangkap ikan di kawasan sesekitar pantai Nglambor. Penangkapan ikan hanya boleh dilakukan diluar musim pemijahan ikan yang hanya terjadi setahun sekali. Saat menangkap ikanpun tak boleh sembarang, penangkapan ikan harus menggunakan prosesi khusus yaitu dengan menggunakan gawar atau jaring yang terbuat dari akar pohon mawar.

Untunglah masyakarat disekitar pantai Nglambor memiliki kesadaran yang sangat tinggi, sehingga membuat kawasan pantai Nglambor selalu terlihat bersih dan terjaga akan kealamiannya. Biota laut seperti terumbu karang, ikan-ikan laut senantiasa terjaga dan terlindungi sehingga bisa dinikmari oleh wisatawan yang berlibur di pantai Nglambor Gunung Kidul.

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta
Dulunya pantai Nglambor sangat sepi dan hanya di huni oleh pasangan suami istri saja. Namun pada tahun 2000an, pemerintah mulai membangun akses menuju ke pantai Nglambor. Namun upaya tersebut belum bisa mendongkrak pamor dari pantai Nglambor, sehingga pantai Nglambor masih tetap sepi dari wisatawan.

Baca juga : 10 Spot keren pantai Butuh Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Nglambor mulai dikenal oleh wisatawan yaitu sekitar pada tahun 2013. Ketika itu ada seorang pemuda bernama Yusuf Adhitya Putratama dari Desa Baleharjo, kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul mulai menggarap tempat wisata ini dengan terus  gencar melakukan promosi lewat media sosial tanpa mengenal putus asa. Pemuda tersebut terus mengunggah foto-foto keindahan alam di pantai Nglambor sekaligus memberikan alamat serta denah lokasi. Karena promosi tersebut, wisatawan mulai berdatangan sehingga pada tahu 2014 di dirikan operator jasa persewaan peralatan snorkeling yang diberi nama BNS (Bintang Nglambor Snorkeling). Sejak saat itulah pantai Nglambor mengalami peningkatan wisatawan yang derastis hingga saat ini.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Dengan meningkatnya jumlah pengunjung di pantai Nglambor tentu sangat berdampak pada perekonomian masyarakat setempat. Warga disekitar pantai Nglambor yang dulunya berprofesi sebagai petani dan nelayan kini beralih menjadi penjual makanan, tukang ojek, penjaga parkir, menyewakan lahan untuk home camping dan berbagai profesi lainnya yang masih berkecimpung di dunia pariwisata.

Keindahan pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Nglambor memang tak memiliki garis pantai yang luas dan pantai seperti pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Namun, keindahan dan pesona alam yang dipancarkan pantai Nglambor tak kalah dengan pantai-pantai Gunung Kidul. Bahkan keindahan alam bawah laut di pantai Nglambor merupakan yang terbaik yang ada di pantai Gunung Kidul. Tak heran jika pantai Nglambor tak pernah sepi dari pengunjung, terutama mereka yang hoby dengan snorkeling atau menyelam.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Ombak laut yan tenang ditambah air lautnya yang sangat jernih juga menjadi nilai lebih dari pantai Nglambor. Wisatawan dapat melihat keindahan bawah laut pantai Nglambor dengan mata telanjang alias tanpa bantuan alat khusus. Tidak hanya itu saja, lokasi pantai Nglambor yang diantar bebukitan juga semakin menambah pemandangan di pantai Nglambor.

Baca juga : 10 Spot keren pantai Gesing Gunung Kidul Yogyakarta

Seperti yang telah dijelaskan diatas, di pantai Nglambor terdapat 2 batu karang raksasa yang menjadi pelindung pantai Nglambor yaitu watu kuntul dan watu kalong yang juga menambah cantik pemandangan di pantai Nglambor. Kedua batu karang raksasa tersebut bisa menjadi biground foto yang keren.

Meskipun pantai Nglambor sekarang ini sudah menjadi tempat wisata yang populer dan selalu ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal dan mancanegara, kondisi pantai tetap masih sangat bersih dan alami. Bebersihan pantai Nglambor ini sangat dijaga oleh pengelola pantai juga oleh para warga disekitar pantai Nglambor.

Aktivitas menyenangka yang bisa dilakukan di pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Nglambor memiliki panorama alam yang sangat menarik dan indah. Namun tidak hanya itu saja, di pantai Nglambor terdapat banyak obyek wisata yang bisa kita nikmati dan kita melakukan banyak hal menyenangkan di pantai Nglambor. Nah berikut beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Nglambor.

Susur pantai di pantai Nglambor

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Nglambor memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, dengan demikian anda bisa menyusuri garis pantai Nglambor dari barat ke timur atau sebaliknya. Sambil menyusuri pantai, kita dapat sesekali bermain pasir sambil memunguti cangkang-cangkang binatang laut atau batu karang yang memiliki bentuk unik, anda juga bisa sesekali mencici ombak di pantai Nglambor. Jika anda merasa lelah anda tak perlu khawatir, anda bisa beristirawat di saung-saung atau gazebo yang terdapat di pinggir pantai.

Jika anda masih mau melanjutkan perjalanan, ke arah timur dengan mendaki bukit anda akan sampai di pantai Siung, dan jika berlanjut anda bisa sampai di pantai Wediombo dan beberapa pantai lainnya. Sedangkan jika anda berjalan ke barat anda akan sampai di pantai Jogan, pantai Ngetun, pantai Timang hingga pantai Pok Tunggal dan pantai Indrayanti. Namun, untuk menelusuri kawasan pantai-pantai tersebut di butuhkan fisik yang sangat prima. Hal tersebut dikarenakan medannya yang berbukit dan sulit untuk dilewati.

Snorkeling di pantai Nglambor

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Aktivitas yang paling menyenangkan di pantai Nglambor tak lain adalah snorkeling atau menyelam. Hal ini tak heran karena aktivitas snorkeling merupakan daya tarik utama dari pantai Nglambor. Melihat secara langsung biota laut berupa ikan-ikan kecil, terumbu karang dan juga kerang-kerang laut yang bermacam-macam memang hal yang sangat menyenangkan sekali. Meskipun pantai Nglambor berhadapan langsung dengan samudra Hindia, namun snorkeling di pantai Nglambor aman, karena ganasnya ombak sudah diredam olem batu besar yang melindungi pantai Nglambor.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk menghindari resiko saat bersnorkeling, anda harus mengikuti intruksi dari guide dan jangan melewati batas aman di pantai Nglambor. Saat berenang atau menyelam, baiknya anda jangan menyentuh terumbu karang atau menjadikan terumbu karang sebagai tumpuan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada terumbu karang juga untuk mencegah cidera atau luka pada tangan kaki anda karena terumbu karang yang tajam.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Bagi anda yang tak memiliki alat snorkeling, anda tak perlu khawatir, di pantai Nglambor terdapat persewaan alat snorkeling yang lengkap dengan harga yang tentunya sangat terjangkau. Ada terdapat dua tempat penyewaan alat snorkeling di pantai Nglambor yaitu Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) no telepon 087839639249 - 082134692388 BBM 5CEDCBEE instagram @pantai_nglambor dan satunya lagi yaitu Pokdarwis Nglambor Lestari no telepon 081904220766 -  08562975786 instagram @nglambor_ . Anda bisa memilih salah satu diantaranya. Namun sebelumnya lebih baik anda hubungi pihak penyewaan tersebut untuk memastikan agar tidak kehabisan saat ditempat. Selain itu siapkan juga alat untuk mengabadikan moment snorkeling dan juga pemandangan alam di bawah laut di pantai Nglambor.

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Foto di bawah air

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Melakukan snorkeling di pantai Nglambor dengan melihat indahnya pemandangan dibawah laut tentunya kurang lengkap jika tidak disertai dengan mengabadikan aktivitas saat berada di bawah laut. Foto-foto dibawah laut inilah yang akan menjadi bukti kalau anda pernah berkunjung ke pantai Nglambor. Anda bisa menguplod foto keren dengan pemadangan ikan-ikan hias dan terumbu karang tersebut ke media sosial. Tentunya akan membuat banyak teman-teman anda iri pada anda.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk mengabadikan moment aktivitas di bawah air, tentunya anda harus menggunakan ponsel anti air, namun jika kedalaman anda lebih dari 50 cm, anda harus menggunakan underwater untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Jika anda tak memiliki keduanya, anda bisa menyewanya di tempat penyewaan alat snorkeling yang telah disebutkan diatas.

Mandi dan berenang di pantai Nglambor

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Bagi anda yang takur bersnorkeling, anda bisa main air di pantai Nglambor yaitu dengan mandi atau berenang. Air lautnya yang jernih kebiruan tentunya akan mengoda siapapun yang datang ke pantai Nglambor untuk segera turun dan mandi di pantai Nglambor. Pantai Nglambor cukup dangkal dengan ombak yang tenang, tentunya sangat aman bagi siapapun meskipun anda tidak bisa berenang.

Tracking di pantai Nglambor

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Nglambor terletak diantara bebukitan karang sehingga banyak tebing-tebing dan bukit di pantai Nglambor yang membuat pemandangan di pantai Nglambor sangat indah. Nah bagi anda yang menginginkan wisata alam yang menantang, anda bisa mencoba wahana tracking yang ada di pantai Nglambor. Trcaking di pantai Nglambor hingga sampai puncak, anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, bahkan beberapa pantai disekitar pantai Nglambor juga akan terlihat. Namun  untuk melakukan tracking ini, pastikan tubuh anda dalam keadaan fit dan sehat.

Spot foto yang keren di pantai Nglambor

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Nglamdor dikenal akan keindahan bawah lautnya dimana pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk bisa menikmati keindahan bawah laut sambil berfoto dibawah laut. Tak hanya dibawah lautnya saja yang indah. Lokasi pantai Nglambor yang dipenuhi dengan bebatuan karang besar dan bukit juga memberikan pemandangan yang sangat indah sehingga akan ada banyak sekali spot foto keren di kawasan pantai Nglambor. Anda bisa berselfie sepuasnya di pantai Nglambor.

Camping di pantai Nglambor

Di pantai Nglambor belum ada penginapan seperti hotel dan lain sebagainya. Selain itu lokasinya juga cukup jauh dari perkampungan. Untuk itu, bagi anda yang ingin bermalam di pantai Nglambor anda bisa mendirikan tenda dan bercamping di pantai Nglambor.

Fasilitas pantai Nglambor

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Nglambor meskipun termasuk pantai yang baru dikenal oleh wisatawan, namun pantai Nglambor mengalami kemajuan yang sangat pesat, berbagai fasilitas di pantai Nglambor terus ditingkatkan. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di pantai Nglambor diantaranya adalah area parkir yang luas, musola, kamar mandi, toilet, tempat penitipan barang, saung atau gazebo, beberapa warung makan, dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin menginap dikawasan pantai Nglambor belum ada hotel anda bisa mendirikan tenda, atau bisa menginap di hotel dekat wisata pantai lainnya seperti di kawasan pantai Indrayanti.

Fasilitas utama di pantai Nglambor tak lain adalah penyewaan alat snorkeling yang tediri dari wlcome drink, kaca mata air, sepatu snorkeling, pelampung, kamera bawah tanah, dan lain sebagainya. Harga sewa peralatan snorkeling yaitu hanya sekiar 60 ribu rupiah saja.

Lokasi pantai Nglambor Gunung Kidul

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Nglambor berlokasi di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul. Pantai Nglambor diaput dua pantai lainnya yaitu pantai Siung dan pantai Jogan. Jarak dari pusat kota Yogyakarta yaitu berjarak sekitar 70 km atau sekitar 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk bisa sampai di pantai Nglambor anda bisa menyusuri perjalanan ke pantai Siung.

Rute menuju ke pantai Nglambor Gunung Kidul

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Rute menuju pantai Nglambor bisa dikatakan cukup susah, namun semua akan terbayarkan ketika anda sampai di pantai Nglambor, keindahan pemandangan alam di pantai Nglambor akan menghilangkan rasa lelah anda setelah melakukan perjalanan.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk menuju ke pantai Nglambor kita bisa mulai dari pusat kota Yogyakarta, kemudian menuju ke jalan Wonosari untuk menuju ke piyungan. Lanjutkan perjalanan hingga ke bukit bintang. Kemudian menuju ke patuk dan sambipitu, kemudian menuju ke pemda kota Wonosari. Setelah itu menuju ke arah Tepus, Menthel, Cabean, kemudian bintaos. Setelah itu anda akan masuk ke kecamatan Tepus, Gesing, setelah itu masuk ke Purwodadi.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Setelah sampai di Purwodadi, itu artinya anda sudah dekat, nanti anda akan sampai dipertigaan dimana pertigaan dimana pertigaan tersebut akan menuju ke pantai Siung dan pantai Nglambor, anda pilih yang menuju pantai Nglambor.  Setelah sampai di area parkiran, anda harus memarkirkan kendaraan kemudian berjalan kaki kurang lebih sekitar 15-20 menit.

Jika perjalanan dari Solo maka rute yang bisa anda lalui adalah Sukoharjo menuju ke Wonogiri dengan mengambil arah ke Wuryantoro, kemudian ke Eramoko, Pracimantoro, Rongkop, Girisubo hingga ke Purwodadi dimana lokasi pantai Nglambor berada.

Harga tiket masuk pantai Nglambor

Harga tiket masuk ke pantai Nglambor sangat murah yaitu hanya 5000 saja (sudah termasuk tiket masuk pantai Siung) dengan biaya pakir yaitu 2000 untuk motor, 5000 untuk mobil dan 15000 untuk bus. Setelah sampai di are parkir, wisatawan masih harus berjalan kaki kurang lebih sekitar 20 menit. Saat berjalan kaki, anda akan menemukan pertigaan, beloklah kekanan atau bisa mengikuti petunjuk arah yang terpasang di pertigaan tersebut. Perjalanan tersebut memang cukup melelahkan karena selain medan cukup sulit, anda juga harus masuk menyibak beberapa daun pandan laut yang menghalangi jalan.

Namun, bagi anda yang tak mau buang tenaga berjalan kaki, anda bisa menyewa ojek khusus pantai Nglambor yang akan mengantarkan anda sampai di pantai Nglambor. Ongkos ojek sangat murah yaitu hanya 5000 saja. Ojek akan mengantarkan anda hingga menuju ke dekat bibir pantai.

Tips berkunjung ke pantai Nglambor Gunung Kidul

  • Hubungi pengelola terlebih dulu untuk mendapatkan informasi tentang waktu terbaik untuk menentukan pasang surut ombak serta kejernihan air, jangan sampai jauh-jauh datang ke pantai Nglambor ternyata sampai sana momentnya tidak tepat sehingga liburan tak bisa memuaskan.
  • Persiapkan kendaraan dalam kondisi fit karena akan melakukan perjalanan jauh dan cukup menantang
  • Persiapkan semua perbekalan termasuk pakean ganti, obat-obat pribadi, kamera dan lain sebagainya
  • Jangan lupa bawa uang tunai karena di kawasan pantai Nglambor tidak ada ATM.

Demikianlah informasi tentang pantai Nglambor. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi hari libur anda bersama dengan sahabat atau keluarga tercinta. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "20 Spot Foto Keren Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta : Sorkeling, Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilias"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel