10 Spot Foto Menarik Di Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta, Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta - Gunung Kidul Yogyakarta merupakan salah satu daerah dengan tujuan wisata pantai terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan di Gunung Kidul Yogyakarta memiliki banyak sekali wisata pantai dengan ciri khas pasir putih, bersih serta pemandangan yang menakjubkan. Lokasinya pantai Gunung Kidul yang diantara tebing-tebing batu karang yang tinggi membuat pemandangan di pantai-pantai Gunung Kidul lebih eksotis.

Disepanjang pesisir daerah Gunung Kidul merupakan wisata pantai. Ada banyak sekali wisata pantai di Gunung Kidul dengan lokasi yang berdekatan. Sehingga kita bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus dalam satu perjalan ke Gunung Kidul. Salah satu pantai Indah Di Gunung Kidul adalah pantai Sepanjang.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sepajang merupakan salah satu pantai Gunung Kidul yang lokasinya masih berdekatan dengan pantai Pulang Syawal atau pantai Indrayanti dan juga beberapa pantai Gunung Kidul lainnya. Pantai Sepanjang memiliki wilayah yang sangat luas dan panjang, sehingga pantai ini dikenal dengan nama pantai Sepanjang. Hamparan pasir putih yang bersih serta air lautnya yang jernih membuat pantai Sepanjang di buru banyak wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Sepanjang berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Pantai Sepanjang tidak memiliki batu karang ditepian pantai, sehingga sangat aman bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan ditepi tanpa takut terluka karena batu karang. Selain itu tekstur pasirnya yang lembut seperti tepung membuat kaki terasa sangat nyaman.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sepanjang sering kali dikaitkan dengan pantai Kute Bali. Masyarakat sekitar sering menyebut pantai Sepanjang dengan sebutan pantai Kuta tempoe dulue di Yogyakarta. Hal ini dikarenakan suasana di pantai Sepanjang hampir sama dengan pantai Kuta Bali yang sangat terkenal tersebut. Hamparan pasirr putih yang luas serta ombak laut yang tak begitu besar bisa menjadi obat bagi anda yang ingin berwisata di pantai Kuta Bali, namun terkendala waktu atau biaya.

Sejarah pantai Sepanjang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Sama halnya tempat-tempat wisata pantai lainnya, pantai Sepanjang juga memiliki kisah sejarah yaitu sebuah situs peninggalan sejarah yang dinamakan banyu sepuh. Banyu sepuh yang memiliki arti membasuh dengan air ini dulunya merupakan mata air yang digunakan untuk membasuh atau memandikan benda-benda pusaka.

Situs tersebut dinamakan banyusepuh konon karena kisah sejarahnya mata air tersebut dulunya di gunakan para ulama atau wali untuk membasuh atau mencuci benda-benda pusaka. Namun saat ini situs tersebut sudah tidak lagi terawat dan hanya menyisahan kubangan kosong tanpa air. Hal ini yang membuat wisatawan kesulitan untuk menemukan situs tersebut, hanya beberapa masyarakat sekitar saja yang tahu akan lokasi persis situs peninggalan sejarah tersebut.

Baca juga : 15 Spot foto keren di pantai Baron 

Hal menarik dipantai Sepanjang

Pantai Sepanjang memiliki julukan Kutanya pantai Yogyakarta. Hal ini dikarenakan suasana di pantai Sepanjang hampir sama dengan susana di pantai Kuta Bali. Jadi kita tak perlu jauh-jauh berwisata ke Bali untuk menikmati suasana wisata di pantai Kuta Bali, karena di Yogyakarta sudah ada. Pantai Sepanjang menawarkan keindahan alam yang tak jauh beda dengan pantai di Kuta Bali. Wisatawan yang berkunjung di pantai Sepanjang dijamin akan betah dan puas.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai sepanjang memiliki garis pantai yang panjang bahkan paling panjang diantara pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Hal inilah yang kemudian pantai ini dinamankan Pantai Sepanjang. Tidak hanya garis pantainya saja yang panjang, namun pantai ini juga memiliki pasir halus berwarna putih, airnya yang jernih dan juga ombaknya yang tidak begitu besar bisa anda gunakan untuk berenang atau berselancar.

Pantai Sepanjang sendiri masih tergolong pantai yang baru karena baru diresmikan oleh pemerintah setempat. Suasana pantai yang masih sangat alami dengan di tumbuhi beberapa tanaman atau pohon membuat suasana pantai Sepanjang terasa sejuk, nyaman dan membuat siapun yang berkunjung di pantai Sepanjang betah berlama-lama di pantai Sepanjang. Disekitar pantai Sepanjang terdapat banyak pohon palem yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berteduh atau bersantai.

Ketika pantai Sepanjang surut, wisawatan akan di suguhkan pemandangan batu karang yang indah dan masih terawat. Air lautnya yang jernih dan bersih tidak tercemar dengan kotoran atau sampah akan membuat dasar laut terlihat jelas. Hempasan ombak yang memantul di pinggiran pantai juga membuat pantai Sepanjang semakin memiliki nilai lebih dimata para wisawatan.Tak heran banyak pengunjung yang menjuluki pantai Sepanjang sebagai pantai Kuta yang kedua setelah pantai Kuta Bali.

Baca juga : Spot foto terbaik di pantai Indrayanti

Keunikan pantai Sepanjang

Keunikan pantai Sepanjang adalah suasanya yang masih sangat alami dan sangat nyaman jauh lebih nyaman di banding pantai Kuta Bali. Dipantai Sepanjang tidak ada bangunan-bangunan megah,  namun kedekatan pengunjung dengan alam merupakan keunggulan dari pantai Sepanjang.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Keunikan lain pantai Sepanjang adalah adanya teluk yang bisa digunakan untuk bermain di laut. Ketika air laut pantai Sepanjang surut, kita akan melihat karang-karang bermunculan di teluk dan bibir pantai. Karang-karang tersebut merupakan habitat dari fauna-fauna kecil seperti ikan-ikan kecil. Pengunjung dapat melihat langsung ikan-ikan kecil di laut pantai Sepanjang. Selain ikan-ikan kecil juga ada beberapa fauna lain seperti bulu babi, rumput laut, bintang laut, kerang molusca dan berbagai hewan lautnya. Sambil bermain air, pengunjung bisa sambil berfoto-foto.

Pantai Sepanjang sangat menjaga kealamian pantainya. Hal ini terbukti dengan tidak ditemukannya bangunan-bangunan permanen yang ada disekitar pantai. Hanya ada beberapa gubuk yang di huni masyarakat sekitar pantai yang berprofesi sebagai petani.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang luas dan panjang dengan pasir putih dan bersih sehingga ada banyak sekali hal menyenangkan yang bisa dilakukan oleh wisatawan selama dipantai Sepanjang. Nah berikut beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Sepanjang.

Bermain pasir di pantai Sepanjang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai sepanjang selain memiliki pemangan alam yang indah dan alami juga memiliki pasir putih yang halus dan lembut seperti tepung sehingga sangat asyik sekali bagi anda yang suka bermain pasir pantai. Dengan pasir pantai yang bersih dan halus ada beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan seperti membuat istana pasir, mengubur diri dipasir dan permainan pasir lainnya.

Wisata susur pantai Sepanjang yang menarik

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Bosan bermain pasir, anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai Sepanjang. Pantai Sepanjang terkenal akan keindahan alamnya yang selain masih alami juga sangat menyejukan. Kondisi pasir dan airnya yang bersih serta pantainya yang luas akan membuat siapapun yang berkunjung ke pantai Sepanjang betah. Anda bisa berjalan-jalan di pantai Sepanjang sambil berselfie-selfie.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sepanjang masih sangat asri, dipantai sepanjang belum ada persewaan payung, sepeda, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai Sepanjang, bahkan tak jarang kita akan menemui wisatawan dari luar negeri. Suasana yang masih alamilah yang membuat wisatawan suka dengan pantai Sepanjang.

Baca juga : 20 spot foto keren pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Spot tempat untuk bersantai

Dipantai Sepanjang terdapat banyak kursi atau lincak yang terbuat dari bambu yang bisa dimanfaakan wisawatan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai serta deburan ombak dan juga angin khas pantai yang sepoe-sepoe.

Gubug-gubug di are pantai Sepanjang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Selain banyak lincak dan kursi, dipantai Sepanjang juga terdapat beberapa gubug atau gazebo yang juga bisa dimanfaakan pengunjung untuk bersantai, berisitirahat sambil menikmati bekal yang telah dibawa dari rumah. Gubug-gubug tersebut terbuat dari dari kayu dan juga beratapkan daun kering sehingga memberikan kesan alami sehingga gubug-gubub tersebut sering digunakan untuk berfoto-foto wisatawan yang kemudian di uplod ke media sosial. Gubug-gubug tersebut juga bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan, namun tetap harus dijaga biar tidak ada barang yang hilang.

Baca juga : 10 spot keren pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Banyak spot foto menarik di pantai Sepanjang


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai sepanjang terkenal dengan pemandangannya yang indah dan masih sangat alami. Di pantai sepanjang, pengunjung akan menemukan banyak spot foto menarik. Disana pengunjung bisa berselfie sepuasnya, hal ini didukung dengan suasana pantai Sepanjang yang tak begitu ramai, sehingga foto akan lebih smepurna.

Menikmati keindahan sunset di pantai Sepanjang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Salah satu hal yang paling di buru oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai adalah keindahan sunsetnya. Iya dipantai Sepanjang juga memiliki keindahan sunset atau matahari terbenam yang tiada duanya. Untuk bisa menikmati keindahan sunset di pantai Sepanjang, anda bisa datang sore hari dan bisa lanjut menginap di pantai dengan mendirikan tenda, karena di pantai Sepanjang belum ada penginapan seperti hotel dan villa.

Area perkemahan yang asyik di pantai Sepanjang

Pantai sepanjang memiliki suasana yang mirip dengan pantai Kuta Bali, hanya saja di pantai Sepanjang belum memiliki penginapan. Namun, bagi pengunjung yang ingin menginap tak perlu khawatir, pengunjung bisa berkemah di pantai Sepanjang dengan mendirikan tenda di pantai Sepanjang. Kemah  sambil membuat api ungun bersama teman-teman tentu akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan. Namun, setelah berkemah anda harus membersihkan semua sampah, terutama sampah api ungun. Anda juga harus menjaga kebersihan pantai.

Baca juga : 10 spot foto keren pantai Drini Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata kuliner dipantai Sepanjang

Dipantai Sepanjang belum banyak warung makan, untuk itu lebih baik anda bawa bekal sendiri dari rumah. Namun, dipantai Sepanjang masih ada beberapa warung makan yang menyediakan olahan makanan laut, serta beberapa minuman ringan untuk sekedar melepas dahaga. Kebersihan dipantai Sepanjang sangat dijaga, untuk itu bagi anda yang membawa bekal sendiri dari rumah juga harus tetap menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuan sampah disembarang tempat.

Fasilitas pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang merupakan wisata pantai yang masih tergolong baru dan belum begitu populer. Untuk itu fasilitas di pantai Sepanjang belum begitu lengkap, namun anda tak perlu khawatir, dipantai Sepanjang sudah terdapat toilet, kamar mandi, musola, dan juga beberapa warung makan dengan olahan masakan khas laut. Namun, pantai Sepanjang terus mengalami perkembangan dengan terus meningkatkan fasilitas untuk menarik lebih banyak wisawatan.

Lokasi pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terletak didesa Semadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 70 Km atau bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 2-3 jam dan dengan mobil sekitar 3 jam. Pantai Sepanjang masih satu lokasi dengan pantai Sundak, pantai Krakal, pantai Kukup, pantai Drini dan beberapa pantai Gunung Kidul lainnya.

Rute jalan menuju pantai Sepanjang

Ada banyak rute yang bisa dilewati pengunjung untuk bisa sampai di pantai Sepanjang. Bagi anda yang warga aslin Yogyakarta mungkin tak akan kebingungan, namun bagi yang datang dari luar Yogyakarta akan sedikit kebingunan. Oke untuk mempermudah perjalanan anda, kita akan memberikan rute menuju pantai Sepanjang. Berikut rute menuju pantai Sepanjang.
  • Melalui Bantul : Yogyakarta - Bantul - Purwosari - Panggang - Saptosari - Pantai Baron ambil arah kiri - Pantai Kukup ambil arah timur - Pantai Sepanjang
  • Melalu Pyiungan : Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Wonosari - Jalan Baron -  Kemadang - Baron pertigaan ambil arah timur - Pantai Kukup ambil arah timur -  Pantai Sepanjang.
  • Jalur alternatif : Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Wonosari - Mulo - Ambil kekiri   - Tepus - Pantai Indrayanti - Pantai Sundak - Pantai Krakal - Pantai Sepanjang.
 Bagi anda yang masih kebingungan, bisa menggunakan aplikasi google map atau bisa bertanya pada warga yang anda temui di jalan.

Harga tiket masuk pantai Sepanjang

Harga tiket masuk ke pantai Sepanjang sangat murah sekali yaitu hanya 10 ribu rupiah saja, itupun sudah termasuk tiket masuk ke beberapa pantai disekitarnya seperti pantai Sundak, dan pantai Krakal. Namun, harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, terlebih ketika datang liburan panjang. Selain itu anda juga akan dikenakan biaya parkir yaitu 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 5 ribu untuk kendaraan roda 4. Jarak parkiran dengan pantai tidaklah jauh.

Tips berkunjung ke pantai Sepanjang

Sebelum melakukan perjalanan ke pantai Sepanjang, baiknya pastikan dulu kondisi kendaraan dalam kondisi fit, jangan lupa bawa perbekalan dan kebutuhan karena di pantai Sepanjang belum banyak orang jualan, Isi penuh bahan bakar karena disana tidak ada pom bensin. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan moment indah di pantai Sepanjang. Jagalah kebersihan selama di pantai Sepanjang.

Demikianlah informasi tentang pantai Sepanjang. Semoga informsi diatas dapat memberikan inspiras untuk hari libur anda bersama keluarga dan sahabat. Terimakasih.

0 Response to "10 Spot Foto Menarik Di Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta, Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel