Pantai Tirang Semarang : Rute Perjalanan Ke Lokasi, Fasilitas, Harga Tiket

TEMPAT WISATA TERBARU | Pantai Tirang Semarang - Pantai Tirang merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Semarang selain pantai Marina, pantai Maron, Pantai Cipta dan lain sebagainya. Meskipun tak sepopuler pantai Marina, pantai Tirang juga tak kalah indahnya dengan pantai Marina. Pantai Tirang juga selalu ramai ditadangi oleh para wisatawan tang tidak hanya dari Semarang saja, namun juga banyak wisatawan yang berasal dari luar semarang seperti dari Kendal dan lain sebagainya.

Pantai Tirang terletak di dekat dengan bandara Ahmad Yani serta sangat dekat dengan pantai Maron, hanya dibatasi oleh muara sungai silandak. Letak pantai Tirang cukup strategis sehingga mudah dijangkau dan selalu dipadati oleh pengunjung. Maka jika anda berkunjung ke Semarang kurang lengkap rasanya jika tak mampir ke pantai Tirang. Jarak pantai Tirang dengan pantai Marina juga cukup dekat yaitu sekitar 5 Km saja.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Pantai Tirang memiliki pesona alam yang menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berkunjung ke Kota Semarang tanpa mampir ke pantai Tirang. Pantai Tirang yang terletak di kecamatan Tugi ini sangat cocok untuk mengisi hari libur anda seperti hari libu nasional, hari libur semester atau hari libur lainya. Anda bisa berkunjung ke pantai Tirang bersama keluarga ataupun dengan para sahabat tercinta.

Sejarah pantai Tirang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Pantai Tirang selain memiliki keindahan alam yang sangat eksotis, pantai Tirang juga ternyata menyimpan sejarah. Dahulu di kampung lokasi pantai Tirang terdapat pulau kecil yang dikenal sebagai ikon kota Semarang. Pulau tersebut dinamakan pulau Tirang. Namun, karena abrasi yang sangat hebat membuat pulaut tersebut tenggelam dan hilang sehingga segala jenis flora dan fauna di pulau Tirang tersebut ikut lenyap dan tak tersisa.

Baca juga : Pesona pantai Baruna Semarang

Tak banyak yang tahu akan sejarah hilangnya pulau Tirang tersebut kecuali warga sekitar dan masyarakat yang menjadi saksi saat abrasi terjadi. Disa dari pulau Tirang tersebut meninggalkan garis-garis pantai yang kemudian disebut dengan pantai Tirang. 

Dipantai Tirang kita juga akan menemukan banyak pohon mangrove yang memang sengaja ditanaman oleh warga sekitar untuk menyelamatkan pantai dari bahaya abrasi yang kianhari semakin parah. Bahkan tanaman mangrove ini kerap menjadi studi banding para peneliti dari Asia maupun Eropa untuk meneliti pohon mangrove. Tak hanya pohon mangrove saja, dipantai Tirang juga terdapat beraneka ragam jenis terumbu karang.

Hal menarik dipantai Tirang

Pantai Tirang memiliki pemandangan yang sangat menarik yang membuat siapapun yang berkunjung dipantai Tirang akan betah berlama-lama dipantai Tirang. Selain pemandangan yang menarik, dipantai Tirang pengunjung juga dapat melakukan banyak aktivitas. Nah beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama dipantai Tirang diantaranya sebagai berikut.

Mandi, berenang dan bermain ombak dipantai Tirang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Pantai Tirang terletak dipantai utara jawa yang terkenal akan ombaknya yang tenang dan bersabahat. Dengan ombak yang tenang dan bersahabat tentunya akan aman buat pengunjung untuk mandi, berenang atau bermain ombak, yang penting jangan jauh-jauh dari bibir pantai.

Bermain bola dipasir yang lembut dipantai Tirang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Panyai Tirang memiliki garis pantai yang sangat luas dengan tekstur pasir yang lembut tanpa bebautan sehingga sangat nyaman untuk dijadikan arena bermain seperti bermain bola, bermain volly pantai atau sekedar berjalan-jalan disekitar pantai. Berjalan-jalan menelusuri pantai Tirang dengan menikmati beduran ombak, udara sejuk serta pemandangan alam yang indah tentu akan memberikan kesan yang berbeda bagi para pengunjung. Selain itu anda juga bisa berfoto-foto bersama dengan sahabat tercinta.

Spot foto yang menarik dipantai Tirang

Salah satu daya tarik tempat wisata dijaman modern seperti sekarang ini tak lain adalah adanya spot foto yang menarik.Ya, dijaman menial saat ini, anak-anak muda pada perang foto di media disosial. Nah, dipantai Tirang memiliki banyak spot foto menarik yang bisa anda jadikan obyek untuk berselfie yang kemudian diuploud ke media sosial untuk anda pamerkan ke teman-teman anda.

Hutan Mangrove dipantai Tirang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Hutan mangrove yang berada di pantai Tirang juga merupakan salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai Tirang. Bahkan bukan hanya wisatawan lokal saja, banyak wisatawan dari mancanegara yang sengaja datang ke pantai Tirang hanya untuk melihat atau meneliti hutan mangrove. Dihutan mangrove ini pengunjung akan menemukan banyak spot foto yang menarik, ditambah dengan udara yang sejuk serta angin pantai yang sepoe-sepoe membuat suasana dipantai Tirang semakin sempurna.  Di sini anda juga bisa belajar tentang tanaman mangrover tersebut. Tanaman mangrove ini ditaman oleh warga sekitar pantai Tirang untuk menyelamatkan pantai dari bahaya  abrasi.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Lokasi mancing yang strategis dipantai Tirang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Tidak hanya surga bagi wisatawan pemburu foto saja, bagi anda yang hobi memancing, anda juga akan menemukan tempat yang sangat menarik untuk memancing dipantai Tirang. Dipantai Tirang ada banyak sekali jenis ikan seperti ikan kakap putih, ikan mujahir, ikan blanak, kiper, sembilan, ikan dokan dan lain sebagainya.

Setiap hari dipantai Tirang selalu dikunjungi oleh warga yang ingin memancing. Selain jenis ikan yang telah disebutkan diatas, dipantai Tirang juga terdapat ikan bandeng dan udang, namun untuk ikan bandeng dan utang dilarang dipancing karena memang telah ditaman pembibitan.

Menikmati sunset di sore hari dipantai Tirang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Pemandangan sunset dipantai Tirang berbeda dengan pemandangan sunset dipantai lainnya. Hal ini tak lain karena lokasi pantai Tirang yang berdekatan dengan landasan pacu Bandara Ahmad Yani. Disaat cuaca yang cerah dengan ditambah lalu lalang pesawat terbang dilangit akan membuat pemandangan sunset dipantai Tirang sangat indah dan tiada duanya. Untuk menikmasi keindahan sunset dipantai Tirang anda bisa datang dipantai Tirang di waktu sore hari.

Fasilitas pantai Tirang

Meskipun tergolong pantai yang baru, namun fasilitas yang ada dipantai Tirang cukup memadai. Dipantai Tirang terdapat are parkir kendaraan dengan biaya parkir motor 2 ribu dan mobil 5 ribu, kamar mandi, toiled, gazebo, warung makan dan lain sebagainya.

Lokasi pantai Tirang

Pantai Tirang berlokasi di tempat strategis yaitu di kota Semarang dekat dengan landasan pacu Bandara Ahmad Yani atau lebih tepatnya didesa Tambak Rejo, Kecamatan Tugu, Kabupaten Semarang, Semarang jawa Tengah.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Lokasi pantai Tirang masih berdekatan dengan pantai-pantai lainnya di Semarang, bahkan bersampingan dengan pantai Maron hanya dipisahkan oleh muara sungai Silandak, jadi kita bisa melihat aktivitas yang ada dipantai Maron, bedanya dipantai Maron lebih ramai pengunjung ketimbang pantai Tirang itu sendiri. Pantai Tirang lokasinya juga tak begitu jauh dengan pantai Marina, jadi anda juga bisa sekalian mampir ke pantai Marina.

Rute menuju pantai Tirang

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Tirang Semarang

Pantai Tirang meskipun lokasinya strategis, namun rute menuju ke pantai Tirang masih kurang memadai, berbeda dengan rute ke pantai Marina yang sudah bagus dan bisa dilewati semua jenis kendaraan. Jalan utama menuju pantai Tirang masih berbatu dan cukup sulit untuk dilewati, terlebih ketika musim penghujan. Lokasi menuju pantai Tirang belum bisa diakses dengan mobil, namun jika pengunjung memaksa untuk menggunakan mobil, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 500 meter sebelum sampai ke pantai Tirang, untuk itu disarankan menggunakan motor atau sepeda jika ingin berkunjung ke pantai Tirang.

Rute menuju pantai Tirang sendiri ada banyak, tergantung dari daerah mana wisawatan datang. Rute pertama yang bisa dilewati wisawatan untuk berkunjung ke pantai Tirang adalah dari Bandara Ahmad Yani, melewati jalan Bandara Ahmad Yani, kemudian melewati jalan pantura, kemudian melewati jalan pantura Semarang Kendal, setelah itu menuju jalan Seliwangi, kemudian melewati jalan Hanoman raya menuju ke kecamanan tugu rejo dimana pantai Tirang berada.

Rute dari Stasiun poncol yaitu jalan Tanjung kemudian jalan Ade Irma Suryani Nasution, kemudian jalan pemuda, kemudian jalan Jendral Suderman, kemudian jalan Hanoman raya, Tugu rejo dan lokasi.

Rute dari Stasion Tawang yaitu jalan Tawang, jalan Pemuda, Jalan Mgr Soegiyiopronoto kemudian jalan Jendral Suderman, Jalan Hanoman Raya, Tugu rejo dan lokasi.

Dari terminal bus yaitu Jalan terminal Terboyo, Jalan Kudus Semarang, Jalan Kaligawe Raya, Jalan Pantura, Jalan Pengapon, Jalan Raya Tuban Semarang, Jalan Semarang Demak, Jalan Hanoman Raya, Tugurejo dan lokasi.

Untuk anda yang berasal dari luar Semarang anda bisa menuju ke kota Semarang terlebih dulu baru kemudian mengikuti rute yang telah dijelaskan diatas.

Harga tiket pantai Tirang

Dengan pemandangan yang sangat menarik, pantai Tirang hanya mematok harga tiket yang sangat murah yaitu hanya 5 ribu rupiah. Dengan tiket 5 ribu rupiah pengunjung bisa berjalan-jalan sepuasnya dipantai Tirang.

Saran dan tips berkunjung ke pantai Tirang

Saran dan tips untuk berkunjung ke pantai Tirang adalah dengan mempersiapkan kendaraan agar kondisi kendaraan fit, berhubung jalan menuju pantai tirang cukup sulit karena berbatu. Jalan lupa bawa perbekalan yang cukup dan yang penting jangan lupa bawa kamera untuk berselfie dipantai Tirang. Untuk anda yang memiliki masalah kesehatan, jangan lupa untuk membawa obat pribadi. Jangan buang sampah disembarang tempat dan istirahat jika lelah atau mengantuk.

Demikianlah informasi tentang pantai Tirang. Semoga informasi diatas memberikan inspirasi untuk liburan anda bersama keluarga tercinta atau dengan sabahat. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Pantai Tirang Semarang : Rute Perjalanan Ke Lokasi, Fasilitas, Harga Tiket"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel