10 Spot Foto Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas

TEMPAT WISATA TERBARU | Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta - Yogyakarta memang merupakan daerah yang istimewa, selain istimewa karena seni dan budayanya, Yogyakarta juga istimewa karena Yogyakarat merupakan daerah pusat wisata, dimana di Yogyakarta terdapat banyak sekali tempat wisata Indah yang menjadi tujuan berlibur bagi para wisawatan saat musim liburan.

Yogyakarta sangat terkenal dengan tempat wisatanya seperti Malioborodan juga wisata pantainya yang khas dengan pasir putih, bersih dan juga bukit karangnya yang indah. Di Yogyakarta atau lebih tepatnya di Gunung Kidul merupakan surga bagi pecinta wisata pantai. Di Gunung Kidul Yogyakarta ada banyak banyak sekali wisata pantai yang lokasinya berjejeran dengan pemandangan alamnya yang indah.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Salah satu pantai indah di Gunung Kidul adalah pantai Watu Kodok. Pantai Watu Kodok masih tergolong pantai baru, sehingga belum dikenal banyak wisatawan. Suasan di pantai Watu Kodok masih sangat alami karena memang belum terjamah oleh tangan-tangan jahil manusia yang tak bertanggung jawab. Kondisinya yang cukup sepi serta hening sangat cocok bagi anda yang tak suka dengan keramaian.

Baca juga : Spot foto keren di pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyakarta

Meskipun pantai Watu Kodok belum terkenal dan masih sepi pengunjung, bukan berarti pantai Watu Kodok tak memiliki pemandangan indah. Sama halnya dengan pantai Gunung Kidul lainnya, pantai Kodok memiliki pemandangan alam yang eksotis dengan pasirnya yang putih dan bersih serta air lautnya yang jernih kebiruan. Kondisi pantai Watu Kodok sangat bersih karena memang pantai Kodok belum banyak di kunjungi oleh wisatawan. Meskipun demikian, tak adalah salahnya anda mencoba berkunjung ke pantai Watu Kodok untuk mengisi hari libur anda bersama sahabat atau keluarga tercinta. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Kondisi pantai Watu Kodok yang masih sepi dan hening tentunya sangat cocok sekali bagi anda yang ingin wisata dengan suasan yang berbeda. Pantai Watu Kodok sangat cocok untuk merileksasi pikiran anda dari kesibukan pekerjaan harian yang kerap membuat anda stres. Dengan berkunjung ke pantai Watu Kodok, dijamin pikiran dan perasaan anda menjadi jauh lebih baik. 

Sejarah pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok memiliki nama yang sangat unik, hal ini tak lepas dari sejarah yang ada di pantai Watu Kodok itu sendiri. Di namankan Watu Kodok atau dalam bahasa Indonesia yang berarti Watu adalah batu dan Kodok berarti Katak dikarenakan di pantai Watu Kodok terdapat bongkahan batu besar yang bila dilihat dari salah satunya terlihat seperti hewan katak. karena itulah pantai ini dinamakan pantai Watu Kodok. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Sedangkan menurut warga setempat konon dahulu kala ada sekeetor katak yang menjelma menjadi batu besar. Hal ini yang kemudian pantai Ini dinamakan pantai Watu Kodok, Namun hal ini entah hanya mitos atau apa, karena belum ada bukti akan kebenaran akan cerita tersebut.

Baca juga : 15 Spot foto keren di pantai Baron 

Pantai Watu Kodok yang masih berada dalam deretan pantai di Gunung Kidul ini bukanlah hanya sekedar pantai biasanya. Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 600 meter ini dulunya merupakan tempat favorit para serdadu Belanda dan juga sebagai tempat untuk berlindung para warga sekitar. 

Keindahan tersembunyi dari pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok meskipun belum begitu populer, namun bagi anda yang berkunjung ke pantai Kodok dijamin tidak akan menyesal. Hal ini dikarenakan pantai Watu Kodok memiliki pasir putih dan bersih serta air lautnya yang jernih. Tidak hanya itu saja, suasana di pantai Watu Kodok juga sangat tenang, dan cenderung sepi yang membuat kita merasa seolah pantai milik sendiri. Deburan ombak dan anginnya yang sepoe-sepoe sangat cocok sekali bagi anda yang mendambakan ketenangan dan rileksasi. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Tidak hanya pasir putih bersih dan air lautnya yang jernih saja, namun di pantai Watu Kodok anda akan menemukan pemandangan eksotis yang tidak akan ditemukan di pantai lainnya. Pantai Watu Kodok memiliki pemandangan yang unik yaitu pemandangan bukit-bukit dan juga pepohonan yang hijau yang akan memanjakan mata siapa saja yang berkunjung ke pantai Watu Kodok.

Dengan melihat pemandangan disekitar pantai Watu Kodok yang begitu mengesankan, dengan pasirnya yang putih, ombak laut yang biru kehijauan, dan juga langitnya yang biru dengan kombinasi hijaunya pepohonan yang memukau akan membuat siapun yang bekunjung ke pantai Watu Kodok betah berlama-lama di pantai Kodok. Pantai Kodok selain cocok untuk berlibur juga cocok untuk berkemah. Ada banyak pelajar yang sering melakukan perkemahan di pantai Watu Kodok.

Daya tarik pantai Watu Kodok

Wisata pantai Watu Kodok bukanlah sekedar wisata pantai saja, namun ada beberapa kelebihan di pantai Watu Kodok yang juga menjadi dayatarik tersendiri bagi wisawatan untuk berkunjung ke pantai Watu Kodok. Berikut daya tarik pantai Watu Kodok.
Pantai yang bersih
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Daya tarik utama dari wisata pantai di Gunung Kidul tak lain adalah kondisi pantainya yang bersih dengan pasirnya yang berwarna putih dan airnya jernih. Dengan keadaan demikian anda bisa bermain pasir sepuasnya selama di pantai Watu Kodok.

Baca juga : Spot foto terbaik di pantai Indrayanti

Batu karang raksasa mirip kodok atau katak

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Watu Kodok dinamakan pantai Watu Kodok dikarenakan di pantai Watu Kodok terdapat batu karang raksasa yang bentuknya mirip kodok atau katak.  Dengan deburan ombak laut serta deretan bebatuan karang yang terjak dan juga pasirnya yang putih membuat batu karang kodok ini kerap menjadi spot foto yang menarik bagi para pengunjung. Batu karang bentuk Kodok inilah yang kemudian menjadi ikon dari panta Watu Kodok. Banyak pengunjung yang penasaran dengan batu karang kodok ini hingga akhirnya berkunjung ke pantai Watu Kodok.

Baca juga : 10 spot keren pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Pemandangan eksotis dan menawan yang memanjakan mata

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Watu Kodok memiliki pemandangan yang eksotis dan menawan. Hal ini dikarenakan terdapat batu-batu karang besar dan terjang yang ada di kawasan pantai Batu Kodok. Tidak hanya itu saja, keadaan pasir pantai yang putih dan bersih, dengan didukung air lautnya yang jernih akan membuat pemandangan pantai Watu Kodok semakin eksotis dan memanjakan mata.

Gazebo yang unik

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya, di pantai Watu Kodok juga terdapat banyak gazebo yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk beristirahat dan bersantai sambil menikmati perbekalan. Gazebo ini juga biasa digunakan untuk piknik seru sambil berbincang dan bercerita sambil menikmati pemandangan yang ada di pantai Watu Kodok.

Spot foto di pantai Watu Kodok


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Watu Kodok memiliki panorama alam yang sangat eksotis dan memanjakan mata. Tak heran jika di pantai Watu Kodok pengunjung dapat menemukan banyak spot foto yang menarik. Di pantai Watu Kodok anda bisa berfoto sepuasnya dan kemudian di uplod ke media sosial seperti instagram, facebook dan lain sebagainya.

Pemandangan sunsire dan sunset di pantai Watu Kodok

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Pemandangan indah saat matahari terbit ataupun saat matahari terbenam di pantai Watu Kodok juga merupakan daya tari dari wisata di pantai Watu Kodok. Untuk menikmati pemandangan sunsire atau matarai terbit, anda bisa datang ke pantai Watu Kodok sebelum matahari terbit atau bisa menginap di pantai Watu Kodok dengan cara berkemah di pantai Watu Kodok.

Tempat yang luas untuk camping atau berkemah

Pantai Watu Kodok memiliki wilayah pantai yang cukup luas sehingga pengunjung bisa melakukan banyak hal di pantai Watu Kodok. Bagi anda yang suka camping atau berkemah, di pantai Watu Kodok juga merupakan tempat yang cocok untuk berkemah. Ada banyak pelajar dari beberapa sekolah yang kerap mengadakan kemah di pantai Watu Kodok. Dengan berkemah di pantai Watu Kodok, kita bisa menikmati suasan pantai dimalam hari serta menyatu dengan alam. Masalah keamanan, tak perlu khawatir, karena di pantai Watu Kodok ada warga yang bertugas menjaga keamanan pengunjung dengan kerap berkeliling ke area perkemahan.

Wisata kuliner dipantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok meskipun belum populer dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, namun di pantai Watu Kodok sudah ada beberapa warung penjual makanan. Jika anda lupa membawa perbekalan, anda bisa mencoba mencicipi makanan yang ada di warung-warung di area pantai Watu Kodok. Ada banyak aneka menu di warung-warung makan tersebut dengan harga yang pastinya sangat murah.

Fasilitas di panta Watu Kodok

Pantai Wayu Kodok merupakan pantai yang masih sepi dan tenang, untuk itu fasilitas di pantai Watu Kodok juga belum selengkap di pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Namun di pantai Watu Kodok sudah terdapat beberapa gazebo, warung kecil, penyewaan tikar dan lain sebagainya.

Baca juga : 10 spot keren pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Lokasi pantai Watu Kodok

Pantai Kodok terletak di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Watu Kodok bersebelahan dengan pantai Sepanjang yang hanya dibatasi oleh tebing tipis yang memang menjadi  landmark dari pegunungan karst Gunung Kidul. Jarak antara pantai Watu Kodok dengan pusat kota Yogyakarta sekitar 70 Km atau sekitar 2 jam perjalanan.

Rute menuju ke pantai Watu Kodok


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta
Rute perjalan menuju pantai Watu Kodok sudah bagus dan jalannya mudah karena masih satu jalur dengan pantai Sepanjang. Namun, bagi anda yang masih kebingungan anda bisa menggunakan rute sebagai berikut.
  • Yogyakarta - Jl wonosari -  piyungan - patuk - wonosari - Jl baron - tepus - lewat masuk pintu timur - Indrayanti -  Sundak - Drini -  Pantai Watu Kodok.
  • Yogyakarta - Jl wonosari - piyungan - patuk - sambipitu - gading (lapangan terbang) - siono - wonosari - Jl Baron - Kemadang - baron - kukup - pantai sepanjang - pantai watu kodok.
  • Yogyakarta - Jl wonosari - Piyungan - Patuk - sambipitu - gading (lapangan terbang) - playen - paliyan - saptosari - pasar trowono - kemadang - baron - kukup - pantai sepanjang - pantai watu kodok.

Jika anda masih bingung, anda bisa menggunakan aplikasi google map yang ada di smartphone anda. Jalan menuju ke pantai Watu kodok sudah bagus, hanya saja mendekati pantai jalan belum begitu memadai dan harus berjalan pelan-pelan dan hati-hati. Namun pemerintah setempat terus membangun  fasilitas dan akses tempat wisata di pantai Gunung Kidul, semoga saja jalan menuju ke pantai Watu Kodok juga sudah dibangun menjadi lebih baik.

Tiket masuk ke pantai Watu Kodok

Harga tiket masuk ke pantai Watu Kodok sangat murah sekali yaitu hanya 5 ribu rupiah saja. Namun, harga tiket tersebut bisa berubah setiap waktu, terlebih ketika datang musim liburan. Untuk  biasa parkir sekitar 3 ribu untuk kendaraan roda 2 dan 5 ribu untuk kendaraan roda 4. Jika anda ingin camping dikenakan biaya tambahkan yaitu 7 ribu hingga 10 ribu per orang.

Tips dan saran berkunjung ke pantai Watu Kodok

Sebelum berangkan berwisata ke pantai Watu Kodok, baiknya persiapkan semua keperluan terlebih jika anda ingin menginap atau berkemah dipantai Watu Kodok.  Isi bateri hp dan power bank dalam keadaan penuh, pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi fit, isi bahan bakar kendaran full. Utamakan keselamatan, bisa lelah atau mengantu istirahatlah. Sesampai di pantai Watu Kodok, patuhi semua aturan yang telah ditetapkan pihak pengelola pantai. Jagalah kebersihan dan jangan merusak fasilitas pantai.

Demikianlah informasi tentang Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga informasi diatas dapat memberikan anda inspirasi hari libur anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "10 Spot Foto Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel