10 Spot Foto Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas

TEMPAT WISATA TERBARU | Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja - Yogyakarta merupakan salah satu provensi di Indonesia yang terkenal akan tempat wisatanya yang indah. Di Yogyakarta ada banyak sekali tempat wisata yang akan membuat siapapun yang berkunjung kesana akan terpukau, ditambah lagi dengan masyaratnya yang sangat marah.

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Yogykarta atau lebih tepatnya Gunung Kidul merupakan surga wisata pantai yang tidak hanay memiliki pemandangan indah, namun juga keunikan yang tidak ditemukan di wisata pantai utara Jawa. Di Gunung Kidul dari ujung barat hingga ujung timur merupakan tempat wisata pantai yang berjejer. Ada banyak sekali wisata pantai yang sangat berdekatan dengan keunikan masing-masing. Lokasi Gunung Kidul yang berbukit karang membuat pemandangan pantai di kawasan Gunung Kidul sangat eksotis dan tiada dunia.

Ada banyak sekali wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta, salah satunya yaitu wisata pantai Sadranan. Wisata pantai Sadrana masih satu lokasi dengan wisata pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal, pantai Krakal, Pantai Pok Tunggal dan beberapa pantai lainnya. Pantai Sadranan sendiri selain terkenal akan keindahan alamnya juga sangat terkenal akan keindahan bawah lautnya. Jadi tak heran jika pantai Sadaran merupakan pantai yang paking banyak di kunjungi oleh mereka yang hobi snorkling atau menyelam. Ada banyak jenis biota laut dan berbagai macam terumbu karang yang akan membuat siapapun terpesona.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan merupakan tipe pantai dengan pasir melandai. Hal ini yang menambah pemandangan alam sangat menarik dan memanjakan mata. Perpaduan air laut yang jernih dan bening serta kebiruan menjadi nilai lebih dari pantai Sadranan. Pantai Sadranan selain didominasi pasir putih yang bersih dan lembut seperti tepung, pantai Sadranan juga memiliki onggokan batu karang yang sangat besar dengan ditumbuhi tanaman dan pepohona lebat sehingga menjadi pemandangan dipantai Sadranan menjadi kian sempurna tidak kalah dengan pantai yang ada di Pulau Dewata bali.

Sejarah dan asal-usul pantai Sadranan

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan yang merupakan salah satu surga pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta ini bukan hanya sekedar tempat wisata. Namun juga sebagai tempat mencari nafkah bagi masyarakat sekitar pantai Sadranan. Asal usul naman pantai Sadranan sendiri berasal dari kata "Nyadran", yaitu acara ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur akan limpahan rejeki kepada Tuhan Yang Maha Esa yang berupa tangkapan hasil laut. Hal ini yang juga dilakukan dibebebarap pantai yang ada di Jawa.

Fasilitas yang ada dipantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti are parkir, musola, toilet, kamar mandi atau kamar ganti, gazebo, warung makan dan lain sebagainya. Dengan fasilitas yang lengkap ini akan membuat pengunjung merasa nyaman selama di pantai Sadranan. 

Di pantai Sadranan terdapat banyak gazebo dan saung yang tersebar diarea pantai dengan biaya yang beragam dari 10 ribu hingga 25 ribu saja. Gazebo-gazebo tersebut sangat cocok sebagai tempat istirahat atau makan perbekalan bersama dengan keluarga atau sahabat tercinta, ada juga gazebo yang berukuran besar yang bisa menampung belasan orang, sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang datang berombongan. 

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja
Fasilitas lainnya yang bisa ditemukan di pantai Sadranan adalah persewaan alat snorkling. Dengan menyewa peralatan snorkling dengan harga antara 50 ribu hingga 100 ribu, pengunjung bisa menikmati indahnya bawah laut di pantai Sadranan. Pantai sadranan memang selain terkenak akan keindahan pantainya juga terkenal akan keindahan alam bawah lautnya, sehingga banyak pengunjung yang melakukan snorkeling. Waktu terbaik untuk melalukan penyelaman adalah jam 6 pagi hingga jam 8 pagi atau sore hari yaitu jam 4 hingga 6 sore. Di waktu pagi anda dapat melihat pemandangan biota laut terbaik.

Baca juga : 20 spot foto keren pantai Nglambor, surganya snorkelling
 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Untuk masalah kuliner, pengunjung tak perlu khawatir, dipantai Sadranan banyak penjual aneka jajan dan juga banyak warung makan yang menjual berbabai menu makanan. Tidak hanya menu olahan sea food saja, namun juga berbagai menu makanan lainnya seperti makanan khas Yogyakarta dan makanan khas Jawa Tengah. Dipantai Sadranan juga terdapat banuak cafe atau restoren dengan konsep yang unik dan juga menyediakan makanan luar negeri. 

Dipantai Sadranan juga ada persewaan perahu pagi penunjung yang ingin memancing atau melakukan penyelaman. Harga yang ditawarkanpun sangat murah sehingga tidak akan membuat dompet anda kebobolan.

Baca juga : 15 Spot foto keren di pantai Baron 

Untuk anda yang datang dari luar kota atau luar daerah tak perlu khawatir, dipantai Sadranan terdapat penginapan yang terletak di atas bukit. Lokasinya yang diatas bukit membuat penginapan tersebut sangat indah dengan view lautan yang luas. Namun anda juga bisa mendirikan tenda disekitar pantai. Namun harus tetap menjaga kebersihan pantai jika ingin berkemah dipantai Sadranan.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Sadranan

Pantai Sadranan memiliki pemandangan indah khas pantai selatan dengan hamparan pasir putih yang cukup luas dan bersih serta air lautnya yang jernih. Selama di pantai Sadranan ada banyak hal menyenangkan yang bisa anda lakukan. Berikut beberapa hal menyenangkan yang bisa anda  lakukan selama dipantai Sadranan.

Bermain pasir dipantai Sadranan

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Hal paling menyenangkan ketika berwisata di pantai tak lain adalah bermain pasir. Pasir putih dan bersih yang ada dipantai sadranan akan menggoda siapapun yang datang ke pantai sadranan untuk bermain pasir walau hanya sekedar menulis diatas pasir atau membuat istana pasir. 

Berenang dan bermain air laut dipantai Sadranan

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan memiliki air laut yang sangat jernih sehingga kurang puas rasanya jika belum berenang di pantainya. Namun karena lokasi pantai Sadranan yang ada dipantai Selatan tentunya anda harus berhati-hati dengan ombaknya yang cukup besar, selalu patuhi aturan dan jangan berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

Baca juga : Spot foto terbaik di pantai Indrayanti

Berjalan-jalan menelusuri pantai sadranan sambil berfoto

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan menjadi surga bagi anda yang suka berselfie, karena di pantai sadranan ada banyak sekali spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Sambil berjalan-jalan menelusuri pantai, anda juga bisa sekalian berselfie bersama sahabat atau kekasih tercinta.

Berjemur dipantai Sadranan


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja
Berjemur dipantai Sadranan juga merupakan aktivitas menyenangkan yang banyak dilakukan oleh wisatawan selama dipantai Sadranan. Keadaan angin pantai yang sepoe-sepoe dengan irama deburan ombak yang merdu ditambah lagi dengan pemandangan yang indah membuat wisatawan betah berjemur dan bersantai dipantai Sadranan. Untuk berjemur dipantai Sadranan anda bisa menyewa jasa payung yang ada disederet pantai Sadranan.

Wisata biota laut dengan bersnokeling

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Salah satu daya tarik utama dari pantai Sadranan adalah keindahan alam bawah lautnya yang sangat eksotis. Pantai Sadranan merupakan salah satu spot terbaik untuk melakukan snorkeling. Ada banyak jenis terumbu karang serta biota laut yang akan membuat semua orang kagum akan keindahan bawah laut dipantai Sadranan.  Untuk melakukan snorkling, anda bisa menyewa peralatan snorkling sebenar 50 ribu saja. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Mendayung perahu kano


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja
Tak perlu harus pergi ke pantai Pandawa di Bali untuk bisa menikmati sensasi mendayung perahu kano, karena sekarang di pantai Sadranan sudah tersedia perahu kano. Datanglah ke pantai Sadranan dan rasakan hempasan ombak diatas perahu kano. Air lautnya yang jerni serta banyaknya ikan-ikan kecil menambah cantik pemandangan saat anda bermain perahu kano. Untuk bisa mendayung perahu kano, ada perlu menyewa perahu kano sebesar 50 ribu saja.

Menikmati indahnya sunrise dan sunset dipantai Sadranan

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Salah satu hal yang paling diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai adalah keindahan matahari terbit atau sunrise dan matahari terbenam atau sunset. Pemandangan sunrise dan sunset yang ada dipantai Sadranan sangat indah dan tiada dunianya, anda bisa mengabadikan moment-moment tersebut dengan kamera anda. Untuk bisa menikmati kedua moment indah tersebut baiknya anda menginap di pantai Sadranan, ada beberapa penginapan dipantai Sadranan, jadi anda tak perlu khawatir.

Camping ground dan api ungun

Hal yang sangat menyenangkan yang juga bisa dilakukan di pantai Sadranan adalah camping di pantai Sadranan bersama para sahabat. Hal ini yang biasanya dilakukan para pemuda-pemudia saat malam minggu. Dipantai Sadranan terdapat area yang cocok untuk melakukan camping dengan bercamping pengunjung bisa merasakan suasana malam di pantai Sadranan, pengunjung juga dapat membuat api ungun, namun harus tetap menjaga kebersihan, setelah selesai camping, pengunjung harus membersihkan semua bekas api ungun jika tak mau kena semprot penjaga pantai di pantai Sadranan.

Lokasi dan rute menuju pantai Sadranan

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan merupakan salah satu surga pantai yang ada di Gunung Kidul atau lebih tepatnya terletak di dusun Pulegundes, desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Sadranan masih satu lokasi dengan beberapa pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Krakal, pantai Indrayanti dan beberapa pantai Gunung Kidul lainnya. Perjalanan dari pusat kita Jogya yaitu sekitar 2-3 jam jika kondisi lalu lintas normal seperti biasa.

Adapun rute menuju pantai Sadranan, anda bisa melalui kota Yogyakarta terlebih dulu, kemudian ambil jalan menuju Wonosari, setelah sampai di kota Wonosari, ambil jalur yang mengarah ke pantai Baron, terus jalan ke arah timur, nanti akan ada beberapa papan petunjuk jalan anda ikuti saja nanti akan sampai di pantai Sadranan. Jika anda masih bingung, anda bisa menggunakan google map sebagai petunjuk jalan.

Tiket masuk pantai Sadranan

Biaya tiket masuk pantai Sadranan sangat murah sekali yaitu hanya 10 ribu rupiah saja, dengan biaya parkir 4 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda 4. Namun harga tersebut hanya berlaku untuk hari biasa saja. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu terlebih ketika hari libur panjang atau hari libur nasional seperti tahun baru, libur lebaran, libur sekolah dan lain sebagainya.

Tips dan saran pergi ke pantai Sadranan

Sebelum anda melakukan perjalanan ke pantai Sadranan baiknya anda periapkan terlebih dulu kondisi kendaraan agar tetap fit. Persiapkan juga kesehatan tubuh, jangan lupa bawa perbekalan yang dibutuhkan terlebih jika ingin menginap. Jangan lupa bawa obat pribadi. Pastikan batrai smartphone anda dalam kondisi full dan jangan lupa bawa kamera karena anda akan menemukan banyak spot foto menarik di pantai Sadranan yang sayang jika dilewatkan. Selama perjalan istirahatlah jika merasa lelah atau mengantuk. Selama dipantai Sadranan anda wajib ikut menjaga kebersihan pantai.

Demikianlah informasi tentang pantai Sadranan. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi hari libur anda bersama keluarga atau sahabat tercinta. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakaish.

1 Response to "10 Spot Foto Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel