10 Spot Foto Keren Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Penginapan

Foto Keren Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta - Gunung Kidul Yogyakarta memang terkenal akan wisata alamnya teruatam wisata alam pantai. Hal ini terbukti dengan begitu banyakny wisata pantai di kawasan Gunung Kidul. Bahkan sangking banyaknya kita akan kebingungan jika harus menyebutkanya satu per satu. Ketika kita berkunjung ke Gunung Kidul kita akan bingung harus milih wisata pantai yang mana dulu, karena semua wisata pantai di Gunung Kidul indah dan cantik, serta lokasinya yang berdekatan.

Pantai di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta terkenal akan hamparan pasir pantainya yang putih dan bersih serta air lautnya yang jernih. Tidak hanya itu saja, pemandangan yang ada di pantai Gunung Kidul Yogyakarta juga sangat indah. Hal tersebut tak lain dikarenakan lokasi pantai di Gunung Kidul yang berada diantara bukit-bukit karang yang membuat pemandangan di pantai-pantai Gunung sangat eksotis.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Gunung Kidul memiliki banyak wisata pantai yang lokasinya berjejeran dengan keindahan dan keunikan masing-masing, salah satu pantai keren di Gunung Kidul yang sangat di rekomendasikan untuk anda kunjungi saat berlibur di Gunung Kidul adalah pantai Kukup. Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang paling Populer di Gunung Kidul Yogyakarta, jadi tak heran jika pantai Kukup selalu di padati oleh para wisatawan baik di hari libur maupun dihari biasa. Pantai Kukup memiliki hamparan pasir yang luas yang tentunya menjadi dambaan para traveler yang berkunjung di pantai. 

Sama halnya dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Pantai Kukup memiliki panorama alam yang luar biasa. Hal yang membedakan pantai Kukup dengan pantai lainnya adalah di pantai Kukup terdapat pulau karang kecil yang ada disebelah timur pantai. Berbeda dengan pulau karang yang ada di pantai Drini, pulau karang yang terdapa di pantai Kukup letaknya tak jauh dari bibir pantai dan terdapat jembatan yang menghubungkan pulau karang tersebut dengan pantai. Keberadaan jembatan tersebut yang kemudian mempermudah pengunjung untuk menyebran ke pulau karang, dan di jembatan tersebut merupakan salah satu spot foto terbaik yang ada di pantai Kukup. Selain itu, pantai Kukup juga dikenal sebagai pantai dengan ombaknya yang menggulung dan menawan.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Nah sahabat, sebelum anda berkunjung atau berlibur ke pantai Kukup, anda perlu mengetahui beberapa informasi penting mengenai pantai Kukup seperti harga tiket, rute lokasi, fasilitas, penginapan dan lain sebagainya sehingga anda bisa bersiap-siap dalam merencenakan liburan anda sehingga liburan semakin seru dan menyenangkan.

Baca juga : Pesona pantai Indrayanti

Daya tarik pantai Kukup

Pantai Kukup memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan ombak yang cukup besar yang tentunya tak akan membuat anda kecewa berlibur di pantai Kukup. Pantai Kukup memliki karakteristik sama dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya yaitu diapit oleh beberapa teping kars di sisi samping pantai Kukup dengan pasir pantai yang putih dan bersih.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Selain pemandangan pantainya yang indah, daya tarik utama pantai Kukup tak lain adalah adanya jembatan penghubung yang menghubungkan antara pantai Kukup dengan pulau karang kecil yang ada didekat pantai Kukup. Pulau karang di pantai Kukup ini hampir sama dengan tanah lot di Bali atau mirip dengan pantai Balaikambang di yang berada di Malang. Namun pulau karang yang ada di pantai Kukup tidak terdapat pura, sebagai gantinya di pulau karang tersebut terdapat gardu pandang yang biasa di manfaatkan oleh para wisatawan untuk melihat sejuta pemandangan di kawasan pantai Kukup. Selain itu, gardu pandang dan juga jempatan tersebut sering digunakan sebagai tempat berfoto. karena memang di jembatan atau gardu pantai di pantai Kukup merupakan salah spot foto terbaik yang ada di pantai Kukup.

Pulau karang yang memiliki nama Jumino tersebut terdapat tulisan "Kukup Beach" yang sangat cantik jika di lihat dari samping, dan pemandangan tersebut dapat menjadi beground foto atau selfie anda. Jembatan serta pulau karang tersebutlah yang menjadi Ikon dari pantai Kukup. Kurang lengkap rasanya jika berlibur di pantai kukup namun tidak berfoto di jembatan atau pulau karang tersebut.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Keindahan pantai Kukup memang tak perlu diragukan lagi. Karena hal tersebut Pantai Kukup merupakan pantai yang tak pernah sepi dari pengunjung baik di hari biasa, terlebih di hari libur. Bukan hanya wisatan dari Yogyakarta saja, namun banyak wisatawan yang datang dari luar kota bahkan mancanegara.

Pantai Kukup termasuk pantai yang dangkal dengan penuh bebatuan karang seperti pemecah ombak. Terumbu karang di pantai Kukup cukup luas yaitu sekitar 100 meter dari bibir pantai. Uniknya ketika air laut di pantai Kukup sedang surut, pengunjung dapat melihat biota laut seperti aneka ikan-ikan kecil yang bersembunyi diantara batu-batu karang. Pemandangan indah tersebut seperti diaquarium hingga akhirnya pantai Kukup mendapat julukan pantai Aquarium alami Yogyakarta.

Budaya di pantai Kukup

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kukup tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, namun juga keindahan budayanya yang masih sangat kental. Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya di pantai Kukup juga terdapat budaya sedekah laut yang digelar setiap setahun sekali atau tepatnya di bulan Syura yaitu penanggalan bulan Jawa. Sedekah laut sendiri dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur atas keberkahan dan limpahan rejeki yang diberikan Tuhan yang maha Esa, terutama bekerkahan hasil lautnya.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Kukup

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai Populer dan pantai Favorit bagi para wisatawan yang ada di kawasan Gunung Kidul. Hal ini tak lain karena pemandan alamnya yang ada di pantai Kukup serta fasilitas yang ada di pantai Kukup membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai Kukup. Lalu hal menyenangkan apa saja yang bisa dilakukan di pantai Kukup. Berikut beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan dipantai Kukup.

Bermain pasir di pantai Kukup

Hal menyenangkan pertama yang bisa dilakukan di pantai Kukup tak lain adalah bermain pasir. Pantai Kukup memiliki pasir putih dan bersih dengan tekstur yang lembut tentu akan sangat menyenangkan sekali bagi anda atau anak-anak anda untuk bermain pasir pantai. Pantai Kukup juga merupakan pantai yang cocok untuk liburan keluarga, jadi bermain pasir dengan anak-anak di pantai Kukup tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan dan tak akan terlupakan.

Bermain air sekaligus melihat biota laut di pantai Kukup

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kukup termasuk pantai dengan air laut yang dangkal sehingga aman untuk anda yang suka bermain air laut. Tidak hanya bermain air laut saja, dipantai Kukup kita juga dapat melihat aneka biota laut seperti ikan-ikan kecil. Airnya yang sangat jernih dengan berpadu terumbu karang yang membuat pemadangan dibawah air seperti di aquarium. Hal ini yang kemudian membuat pantai Kukup mendapat julukan aquarium alami. Selain melihat biota laut anda juga dapat menangkap ikan-ikan kecil untuk dijadikan oleh-oleh ketika pulang.

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta
Jika tak bisa menangkap tak perlu khawatir, karena di sekitar pantai Kukup terdapat toko-toko penjual oleh-oleh termasuk menjual ikan-ikan kecil yang seperti di lautan pantai Kukup. Namun, dalam melihat aneka biota laut, anda juga harus berhati-hati karena ada beberapa batu karang yang tajam yang bisa melukai kaki anda, selain juga ada bulu babi yang juga dapat melukai kaki anda.

Bersantai di bawah payung pantai sambil menikmati keindahan pantai Kukup

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Di pantai Kukup anda tak perlu cemas kepanasan, di pantai Kukup terdapat banyak pepohoan yang bisa digunakan untuk bertebuh atau anda juga bisa menyewa payung pantai untuk berteduh dan bersantai sembari menikmati pemandangan pantai Kukup dan juga deburan ombak khas pantai selatan.

Jembatan dan gardu pandang yang ada dipantai Kukup

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Daya tarik utama dari pantai Kukup tak lain karena adanya jembatan penghubung antara pantai Kukup dengan pulau karang yang ada disebelahnya. Tidak hanya itu saja, di pulau karang tersebut terdapat gardu pandang yang menjadi tempat paling favorit di pantai Kukup. Di jembatan dan gardu pandang tersebut kita bisa melihat indahnya pemandangan di pantai Kukup. Dilokasi tersebut juga merupaka spot foto terbaik di pantai Kukup.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk bisa melewati jembatan hingga menuju ke pulau karang atau gardu pantai, anda harus lebih dulu menaiki bukit, Namun anda tak perlu khawatir karena jalan bukit sudah bagus dengan dibangun tangga-tangga permanent yang mempermudah pengunjung untuk melewatinya.
Spot foto yang menakjubkan di pantai Kukup
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Kurang lengkap rasanya jika liburan tanpa berfoto atau berselfie. Untuk urusan yang satu ini, pantai Kukup adalah jawaranya. Pantai Kukup yang memiliki pemandangan alam yang indah, tentunya juga memiliki spot foto menakjubkan, tidak hanya satu dua saja namun hampir semua sudut di pantai Kukup merupakan spot foto yang keren sehingga akan membuat anda bingung harus mulai dari mana untuk berfoto. Namun, spot foto yang menjadi favorit pengunjung adalah berlatarkan jembatan, diatas jembatan dan juga diatas gardu pandang yang ada di pulau karang.

Melihat sunset dipantai Kukup


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta
Di pagi dan siang hari kita akan disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang luar biasa, nah ketika sore menjelang malam, kita akan disuguhkan pemandangan sunset atau matahari terbenam yang sangat eksotis. Pantai Kukup adalah salah satu pantai Gunung Kidul yang memiliki pemandangan sunset paling indah. Jadi jika anda ingin melihat keindahan sunset di pantai Kukup, baiknya anda jangan pulan sebelum matahari terbenam.

Wisata kuliner di pantai Kukup

Di pantai Kukup anda tak perlu cemas dengan perut lapar, karena di pantai Kukup anda juga bisa sekalian berwisata kuliner. Dii pantai Kukup ada banyak sekali wisata kuliner yang berjejeran dengan menyuguhkan menu makanan khas Jogja dan juga makanan sea food seperti ikan bakar, ikan goreng, cumi dan lain sebagainya. Di warung-warung makan tersebut juga menyediakan makanan Jawa seperti nasi goreng, mie rebus, mie ayam, bakso dan lain sebagainya. Harga yang di tawarkannya juga sangat terjangkau. Dengan kelezatan makanan di kawasan pantai Kukup yang tak perlu diragukan lagi, tentunya akan membuat anda ingin kembali berlibur ke pantai Kukup di hari berikutnya.

Oleh-oleh di pantai Kukup

Kurang lengkap rasanya jika berlibur tanpa membeli oleh-oleh untuk sekedar kenangan atau untuk diberikan kepada keluarga atau teman yang tak ikut berlibur ke pantai Kukup. Setelah anda puas bermain di pantai Kukup, sebelum pulang anda bisa membeli oleh-oleh di toko-toko oleh-oleh yang ada disekitar kawasan pantai Kukup, ada banyak oleh-oleh khas pantai Kukup seperti kaos, gantungan kunci, makanan ringan dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Fasilitas di pantai Kukup


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Kukup merupakan salah satu pantai paling populer dan tak pernah sepi dari pengunjung, dengan demikian, tentu saja fasilitas yang ada di pantai Kukup sudah lengkap. Di pantai Kukup terdapat area parkir luas, kamar mandi, toilet, musola penginapan, warung makan, pusat oleh-oleh dan masih banyak lagi fasilitas pendukung lainnya.

Harga tiket pantai Kukup

Harga tiket masuk ke pantai Kukup sangat murah sekali yaitu hanya 10 ribu rupiah saja. Biaya tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk ke pantai disekitar pantai Kukup seperti pantai Baron, pantai Sepanjang, pantai Drini, pantai Sundak, pantai Krakal dan pantai lainnya. Untuk biaya parkir yaitu 2 ribu untuk motor, 5 ribu untuk mobil dan 20 ribu untuk bus.

Lokasi pantai Kukup 

Pantai Kukup berlokasi di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantai Kukup masih bersebelahan dengan pantai Baron dan masih satu lokasi dengan beberapa pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Sundak, pantai sepanjang, pantai Drini dan pantai Krakal.

Rute lokasi pantai Kukup

Rute pantai Kukup sama dengan rute pantai Baron karena memang lokasinya yang bersebelahan. Dari pusat kota Yogyakarta, anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai di pantai Kukup. Jalan menuju pantai Kukup sangat mudah meskipun banyak kelokan. Jalan bisa dilalui dengan motor maupun mobil. Rute yang bisa dilewati yang pertama adalah dari pusat kota Yogyakarta menuju jalan ringroad selatan kemudian jalan wonosari atau tepatnya simpang empat kedua setelah terminal Giwangan, kemudian lanjutkan perjalanan hingga ke pantai Baron. Dari pantai Baron anda masih jalan sekitar 1 Km untuk bisa sampai di pantai Kukup.

Rute lain menuju ke pantai Kukup yaitu di mulai dari Joga-Solo ikuti jalan menuju ke Candi Prambanan, setelah candi Prambanan ada pertigaan, ambil arah kiri dari simpang 3 tersebut, ikuti jalan hingga ke pantai Baron, setelah itu anda akan sampai di pantai Kukup, jika anda masih bingung anda bisa menggunakan bantuan Google map.

Penginapan di pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai Populer yang lokasinya berdekatan dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, jadi untuk masalah penginapan anda tak perlu khawatir, ada banyak penginapan dikawasan pantai Kukup dan juga pantai Baron. Berikut beberapa penginapan yang bisa dijadikan refrensi.
  • Pondok wisata Kukup yaitu penginapan dengan kelas melati, fasilitas yang tersedia adalah kamar Ac dengan harga sewa sekitar 100 ribu hingga 250 ribu rupiah per kamar per malam.
  • Kukup Beach Natural Inn yaitu penginapan di kawasan pantai Kukup yang memiliki 17 kamar dengan berbagai fasilitas seperti AC, TV, kipas angin, parkir dan lain sebagainya.
  • Johor Homestay yaitu penginapan yang berlokasi antara pantai Kukup dan pantai Baron  sehingga sangat mempermudah bagi anda untuk mengunjungi kedua pantai tersebut. Harga sewa kamar yang ditawarkan juga cukup terjangkau.
  • Penginapan Kukup Indah yaitu penginapan yang memiliki tampilan ceria yaitu berwarna merah muda atau pink. disemua dinding bagunan. Fasilitas yaitu 30 kamar dengan 8 kamar ber AC, fasilitas lain adalah kipas angin, tv, ruang tamu dan lain sebagainya.
  • Winahyu Resort Kukup yaitu penginapan yang berada di kawasan pantai Kukup dengan fasilitas AC, meja tulis, layanan bangun pagi, kipas angin, balkon dan lain sebagainya. Harga sewa kamar yaitu sekitar 200 ribu per malam.

Tips berkunjung ke pantai Kukup

Tips berkunjung ke pantai Kukup adalah dengan mempersiapkan semua perbekalan yang akan anda bawa, siapkan kendaraan dalam kondisi fit. Selama perjalan istirahat jika merasa lelah atau mengantuk. Di pantai Kukup jika ingin bermain di air, baiknya gunakan alas kaki agar kaki tidak terluka karena batu karang. Jika anda berenang baiknya jangan terlalu mentengah karena di pantai Kukup ombaknya cukup besar. Ketika anda ingin membeli makanan atau jajan, baiknya tanyaka harga terlebih dulu agar tidak terjebak dengan harga yang mahal.

Demikianlah informasi tentang pantai Kukup Gunung Kidul. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi hari libur anda bersama dengan keluarga dan sahabat tercinta. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "10 Spot Foto Keren Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Penginapan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel