10 Spot Foto Keren Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Penginapan

TEMPAT WISATA TERBARU | Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta - Daerah istimewa Yogyakarta memang istimewa dan beda dengan daerah lainnya. Hal ini dikarenakan di Yogyakarta merupakan daerah pusatnya tempat wisata, segela wisata baik wisata budaya, wisata edukasi, dan wisata adalam semuanya ada di Yogyakarta, terlebih wisata alam, tak perlu di ragukan lagi dan sudah populer hingga ke mancaneraga akan keindahan wisata alam di Yogyakarta, sangking banyaknya tempat wisata alam di Yogyakarta, akan membuat kita bingung untuk memilihnya.

Diantara sekian banyak wisata di Yogyakarta, wisata pantailah yang paling banyak di minati oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan wisata pantai di Yogyakarta memiliki suasan yang hampir mirip dengan pantai yang ada di Bali yaitu dengan pasir pantai yang putih dan bersih serta air lautnya yang jernih. Hal tersebut kian sempurna dengan adanya bukit-bukit karang yang membuat pemandangan di pantai-pantai Yogyakarta semakin mempesona.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Di Yogyakarta atau lebih tepatnya di Gunung Kidul ada banyak sekali tempat wisata pantai yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa, salah satunya adalah pantai Krakal. Pantai Krakal tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, karena dari sekian banyak wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta, pantai Krakal merupakan salah satu wisata pantai yang menjadi favorit kebanyakan pengunjung. Jadi sangat disayangkan jika anda berada di Gunung Kidul Yogyakarta namun tidak mampir di pantai Krakal.

Diantara pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta, pantai Krakal merupakan pantai yang paling lama di kenal oleh masyarakat Yogyakarta, terutama masyarakat di sekitar pantai Krakal. Meskipun pantai Krakal ini tidak di lakukan promosi yang heboh seperti halnya pantai Indrayanti, pantai Siung, Pantai Baron, dan pantai-pantai lainnya, namun secara perlahan pantai Krakal di kenal oleh wisawatan luas hingga ke mancanegara. Hal ini tak lain karena pantai Krakal memiliki spot bagus dengan view yang paling indah.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Krakal sendiri merupakan pantai yang obyek wisata yang memiliki luas dan paling panjang bila dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Nama Krakal sendiri sebenarnya nama yang sama dengan tempat wisata yang ada di Kebumen yang merupakan wisata pemandian air panas yang bernama Pemandian Air Panas Krakal Kebumen. Meskipun memiliki nama sama, tentunya kedua tempat wisata tersebut berbeda.

Pantai Krakal selain terkenal akan keindahan pemandangan alamnya, lokasi pantai Krakal juga sangat startegis. Pantai Krakal masih satu jalur dengan pantai Baron, dan masih bersebelahan dengan pantai Sundak, pantai Slili, pantai Drini dan pantai-pantai Lainnya. Jadi selain liburan di pantai Krakal, anda juga bisa sekalian liburan di pantai-pantai Gunung Kidul lainnya.

Sejarah pantai Krakal Gunung Kidul

Sebelum menjadi tempat wisata yang terkenal seperti sekarang ini, pantai Krakal memiliki proses yang sangat panjang. Dahulu pantai Krakal merupakan dasaran laut, yang kemudian terjadi proses alam yaitu pengangkatan kerak bumi sehingga dasar laut tersebut terangkat keatas hingga menjadi daratan. Dasar laut yang terangkat dan menjadi daratan inilah yang kemudian menjadi sebuah pantai. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Sedangkan nama Krakal muncul dikarenakan pantai tersebut cukup unik karena banyaknya batu karang yang bertebaran hingga ke bibir pantai. Batu-batu karang tersebut menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil. Maka tak jarang kita melihat pengunjung yang bermain air sambil menangkap ikan-ikan kecil tersebut. Banyaknya batu karang inilah yang kemudian membuat pantai ini bernama pantai Krakal.

Keindahan pemandangan di pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Krakal memiliki pemandangan yang indah bahkan paling indah bila dibandingkan dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Hamparan pasir putih yang bersih serta luas dengan air lautnya yang jernih dan ombak yang menari-nari seakan terus menggoda kita. 

Memang keindahan pemandangan di pantai Krakal sudah tak perlu diragukan lagi. Sebelum sampai di pantai Krakal, di perjalanan kita sudah akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Dalam perjalan kita akan melihat bongkahan batu karang yang sangat indah. Di daerah yang terdapat bongkahan batu karang tersebut, masyarakat menyebutnya sebagai kawasan daerah karts. Selain pemandangan batu karang, kita juga akan disuguhkan panorama bukit-bukit hijau yang selain menyejukan mata juga memiliki udara yang sangat segar.

Sesampai di pantai Krakal, kita akan melihat 2 bukit karang yang sangat tinggi. Bukit karang tersebut sebagai pembatas antara pantai Krakal dan pantai Gunung Kidul lainnya. Jadi selain berlibur di pantai Krakal anda juga bisa sekalian berlibur di pantai sebelahnya karena lokasinya yang sangat berdekatan.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Di pantai Krakal terdapat Batu karang besar yang menjembul kepermukan dan menorok ke laut. Selain mendambah cantik pemandangan di pantai Krakal, kita juga dapat berjalan-jalan ketengah laut melalui batu karang tersebut. Di atas batu karang tersebut selain anda bisa menikmati pemandangan di pantai Krakal sambil berselfie, anda juga bisa memancing. Ada banyak warga setempat yang memancing di sekitar batu karang tersebut.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Krakal Gunung Kidul

Pantai Krakal Gunung Kidul selain memiliki pemandangan yang indah juga merupakan pantai dengan wilayah yang paling luas bila di bandingkan dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Dengan demikian, tentunya ada banyak sekali hal menyenangkan yang bisa dilakukan wisatawan di pantai Krakal Gunung Kidul.

Bermain pasir di pantai Krakal Gunung Kidul

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Krakal Gunung Kidul memiliki hamparan pasir putih yang bersih serta luas. Dengan demikian, kita bisa bermain pasir di pantai Krakal sepuasnya seperti membuat istana pasir, menulis diatas pasir, menggubur diri dipasir dan lain sebagainya.

Berenang di pantai Krakal

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Puas bermain pasir, anda bisa bermain air sekaligus berenang di pantai Krakal. Pantai Krakal memiliki ombak yang cukup tenang, jadi aman untuk berenang, namun anda harus tetap berhati-hati dan jangan terlalu mentengah.

Menangkap ikan-ikan kecil di pantai Krakal

Salah satu hal menenangkan yang bisa dilakukan di pantai Krakal tak lain adalah menangkap ikan-ikan kecil. Di pantai Krakal terdapat bebatuan karang yang menjadi tempat tinggal ikan-ikan kecil. Nah, kita bisa melihat serta menangkap ikan-ikan kecil untuk kita bawa pulang dan dijadikan oleh-oleh.

Banyak spot foto menarik di pantai Krakal

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Krakal terkenal akan keindahan alamnya, dengan hamparan pasir putih yang bersih dan luas serta banyaknya bebatuan karang di kawasan pantai Krakal, tentu di pantai Krakal kita akan menemukan banyak sekali spot foto yang keren. Selama di pantai Krakal anda bisa berfoto-foto sepuasnya yang kemudian anda uplod ke media sosial. Tentu hal tersebut akan membuat teman-teman anda iri dengan liburan anda di pantai Krakal.

Melakukan Surfing dan snorkelling di pantai Krakal

Selain pemandangan alamnya yang indah, pantai Krakal juga memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut di pantai Krakal, anda bisa melakukan snorkelling. Indahnya batu karang di bawah laut serta aneka biota laut tentu akan membuat anda berdecap kagum. Untuk melakukan snorkeling di pantai Krakal anda bisa menyewa perlengkapan snorkelling seharga 50 ribu rupiah.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Selain Snorkelling pengunjung juga bisa melakukan Surfing. Pantai Krakal memang cocok surfing atau berselancar. Bahkan pada moment-momen tertentu ada banyak turis asing yang sengaja datang hanya untuk berselancar di pantai Krakal. Pada umumnya para selancar akan menuju ke bebatuan karang sebagai start, dari bebatuan tersebut, para selancar akan menanti ombak yang pas atau yang disebut Reef Break atau sejenis ombak yang ganas dan besar. Namun tidak disarankan bagi para peselancar pemula. Untuk berselancar di pantai Krakal anda juga harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan di pantai Krakal terdapat banyak batu karang yang bisa melukai anda.

Memancing di pantai Krakal

Aktivitas menyenangkan selanjutnya yang bisa kita lakukan di pantai Krakal adalah memancing. Di pantai Krakal kita akan menumukan  nelayan atau warga setempat yang sedang memancing. Kita juga bisa ikut serta bergabung memancing. Spot memancing terbaik di pantai Krakal adalah di sekitar batu karang yang lokasinya agak menjorok ke laut. Ikan yang biasa di dapatkan adalah ikan Umbal, jadi tak heran juga jika kuliner di kawasan pantai Krakal banyak yang menyediakan menu ikan Umbal, karena memang di pantai Krakal terdapat banyak ikan Umbal, yaitu ikan yang sering menempel di batu karang.

Bersantai di Gazebo pantai Krakal

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Anda lelah bermain-main di pantai Krakal, anda bisa beristirahat di gubuk-gubuk atau gazebo yang ada disekitar pantai Krakal. Tentu sangat menyenangkan sekali duduk santai di gazebo sambil menikmati pemandangan alam dan juga angin pantai yang sepoe-sepoe. Tak terasa hal tersebut pasti akan membuat anda mengantuk.

Menyaksikan sunset di pantai Krakal

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Selain memliki keindahan pemandangan alamnya, pantai Krakal juga merupakan tempat dimana spot sunset terbaik yang ada di kawasan pantai selatan. Setelah puas bermain di pantai Krakal seharian, anda jangan langsung pulang, anda tunggu hingga gelap dimana anda akan disuguhkan pemandangan sunset yang begitu indah. Tak hanya pemandangan sunset saja yang indah, namun pemandangan sunsire atau matahari terbit di pantai Krakal juga sangat indah. Anda tak perlu khawatir di malam hari, karena di kawasan pantai Krakal terdapat banyak penginapan.

Fasilitas di pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Krakal adalah salah satu wisata pantai Favorit kebanyakan wisatawan, jadi berlibur ke pantai Krakal anda tak perlu khawatir, dipantai Krakal terdapat fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas yang ada di pantai Krakal adalah tempat parkir yang luas, toilet, kamar mandi atau kamar ganti, tempat istirahat, tempat makan, tempat ibadah dan masih banyak lagi fasilitas pendukung lainnya. Selain itu di pantai Krakal juga terdapat panggung terbuka dimana sering diadakan acara seperti atraksi ataupun konser musik.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk masalah kuliner, anda tak perlu khawatir, di kawasan pantai Krakal ada banyak sekali warung makan yang menjual berbagai menu makanan terutama menu laut seperti ikan goreng, ikan bakar, cumi, udah dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkanpun juga sangat murah dan yang pasti tidak menguras kantung anda.

Penginapan di pantai Krakal Gunung Kidul

Saat ini di kawasan pantai Krakal sudah banyak sekali penginapan-penginapan yang telah dibangun. Ada penginapan yang dibangun disebelah rumah makan dikawasan pantai Krakal, bahkan ada pula penginapan yang dibangun diatas bukit. Anda tinggal memilih penginapan yang cocok dan sesuai dengan kondisi keuangan anda.

Lokasi-lokasi penginapan juga tak jauh dari pantai, sehingga anda bisa berjalan kaki dari penginapan untuk bisa sampai di pantai Krakal. Fasilitas kamar penginapan juga bervariasi ada yang kelas melati hingga bintang 5, tentu harga yang ditawarkannya juga bervariasi. Namun, ada beberapa penginapan di pantai Krakal yang direkomendasikan yaitu Sembrodo Cottage, Hotel Pandawa, Penginapan pantai Asrama, Rimba Homestay dan lain sebagainya. Harga sewa kamar yang ditawarkan adalah 100 ribu untuk per malamnya.

Lokasi pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Lokasi pantai Krakal yaitu di desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak pantai Krakal dari pusat kota Yogyakarta yaitu 65 Km atau sekitar 2,5 jam perjalanan. Pantai Krakal sendiri masih bersebelahan dengan pantai Gunung kidul lainnya seperti pantai Slili, pantai Sundak, Pantai Drini dan lain sebagainya.

Rute menuju ke pantai Krakal

Lokasi pantai Krakal  yang berdekatan dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya tentunya memiliki rute jalan yang mudah. Dari pusat kota Yogyakarta anda bisa menggunakan mobil pribadi maupun menyewa, ada banyak persewaan mobil di kota yogyakarta.
  • Rute dari kota Yogyakarta - ringroad timur Yogyakarta - lanjut perjalanan hingga ke wonosari - sampai di wonosari anda akan melewati alun-alun kota - belok kanan melewati desa kemandang ke arah wisata pantai - Meskipun jalan halus, namun harus tetap waspada karena banyak kelokan - Anda jalan terus hingga ke arah tepus - Tanjungsari - kawasan pantai BARON - Pantai Krakal.
  • Rute dari Solo - Sukoharjo - Arah ke wonogiri dan wuryantoro - arah menuju ke purwodadi - kecamatan tepus - dan berakhir di kawasan pantai - pantai Krakal.

Harga tiket masuk ke pantai Krakal

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Harga tiket masuk ke pantai Krakal adalah 7 ribu di hari biasa dan 10 ribu di hari libur. Setelah masuk gerbang loket, anda sudah berhak memasuki semua wisata pantai yang ada di kawasan pantai Krakal, karena biaya tiket masuk cuma 1 kali. Untuk biaya parkir yaitu 3 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Harga tersebut sangat murah untuk bisa menikmati wisata pantai di pantai Krakal dan beberapa pantai disekitarnya.

Tips berlibur di pantai Krakal

Agar liburan anda di pantai Krakal berkesan dan selamat, ada beberapa tips yang harus anda lakukan.
  • Persiapkan semua bekal termasuk pakean ganti, kendaraan fit, batrai hp, kamera dan power bank full dan beberapa perlengkapan lainnya.
  • Selama dalam perjalanan istirahat jika merasa lelah atau mengantuk
  • Sesampai di pantai Krakal anda harus menjaga kebersihan pantai
  • Jika anda ingin bermain pasir atau bemain air, baiknya gunakan alas kaki karena banyak batu karang yang bisa melukai.
  • Waspada jika anda bermain selancar atau snorkelling karena banyak batu karang serta biota laut yang mebahayakan seperti ubur-ubur, bulu babi dan lain sebagainya
Demikianlah informasi tentang pantai Krakal. Semoga informasi diatas dapat memberikan anda inspirasi untuk liburan anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "10 Spot Foto Keren Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Penginapan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel