15 Spot Foto Keren Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Sejarah

TEMPAT WISATA TERBARU | Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta - Yogyakarta tidak hanya dikenal dengan budaya dan seninya saja, namun juga dikenal karena tempat wisatanya. Menjatuhkan pilihan untuk berlibur di Yogyakarta merupakan keputusan yang sangat tepat, karena di Yogyakarta ada banyak sekali tempat wisata menarik, yang pastinya akan membuat anda bingung mana dulu yang harus dikunjungi terlebih dulu. Dan tempat wisata yang paling banyak di buru wisawatan di Yogyakarta adalah wisata pantainya. 

Yogyakarta atau lebih tepatnya Gunung Kidul memang merupakan gudangnya wisata pantai, semua pesisir selatan Gunung Kidul dari barat hingga ke timur merupakan wisata pantai. Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta berbeda dengan wisata pantai yang ada di pantai Utara Jawa. Pantai yang ada di Gunung Kidul lokasinya yang langsung berhadapan dengan samudra hindia ini memiliki ciri khas yaitu pasir pantainya yang putih dan air lautnya yang jenir serta ombaknya yang besar. Selain itu pantai Gunung Kidul juga dikenal akan pemandangannya yang indah dan menawan. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada diantara bukit-bukit karang yang ada di kawasan pantai Selatan.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Di Gunung Kidul Yogyakarta ada banyak sekali wisata pantai yang lokasinya berdekatan dengan keunikan dan keindahan alamnya. Salah satu pantai Gunung Kidul yang memiliki pemandangan alam yang indah dan sangat terkenal adalah pantai Baron. Ya, pantai Baron salah satu pantai yang paling terkenal diantara puluhan pantai Gunung Kidul lainnya. Pantai Baron tak pernah sepi dari pengunjung baik di hari biasa maupun dihari libur. 

Pantai Baron merupakan pantai terindah di Yogyakarta setelah pantai Parangtritis.Tak heran jika pantai Baron selalu ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Meskipun terletak di pantai selatan, namun pantai Baron memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai Selatan lainnya. Jika pantai Selatan biasanya memiliki pasir putih dan bersih, berbeda dengan pantai Baron, pantai Baron memiliki pasir coklat yang  kehitaman yang sangat mirip dengan pantai Parangtritis yang ada di kabupaten Bantul. 

Pantai Baron meskipun berupa teluk, namun ombak di pantai Baron cukup besar. Di bandingkan dengan pantai Gunung Kidul lainnya, pantai Baron memiliki keunikan yang berbeda yaitu terdapat 2 jenis air yakni air asin dan air tawar yang bersumber dari sungai yang ada di pantai Baron. Air tawar ini memang sedikit aneh, karena air tersebut memiliki rasa tawar meskipun mengalir deras ke laut. Tak hanya itu saja, aliran sungai tersebut juga akan berubah arah setiap 5 tahun sekali yakni aliran air akan ke timur terlebih dulu sebelum akhirnya bermuara ke laut di pantai Baron.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron meskipun memiliki pasir coklat kehitaman, namun keindahan alam di pantai Baron tak kalah dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisawatan yang berkunjung di pantai Baron. Nah, bagi anda yang ingin berlibur ke pantai Baron, berikut kami akan berikan informasi tentang pantai Baron.

Sejarah pantai Baron

Sama halnya dengan wisata pantai-pantai lainnya, pantai Baron juga memiliki sejarah, terutama sejarah akan nama dari pantai Baron tersebut. Pantai Baron diambil dari nama salah satu bangsawan Belanda yang bernama Baron Skeber yang dikenal sakti, bahkan panembahan senopati kesultanan Mataram pernah ditawan olehnya.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Menurut cerita sejarah dulunya Bangsawan Belanda yang bernama Baron Skaner pernah melabuhkan kapalnya di sebuah teluk yang memiliki pantai dengan pasir coklat kehitaman. Konon katanya dulu Bangsawan Belanda yang bernama Baron tersebut mendaratkan kepalanya pada salah satu batu di pantai tersebut. Warga sekitar pantai sempat menolongnya, namun tetap saja nyawa dari bangsawan Belanda bernama Baron tersebut tidak terselamatkan. Karena hal tersebut kemudian pantai tersebut dikenal dengan nama pantai Baron.

Misteri di pantai Baron

Setiap pantai pasti memiliki misteri yang dipercaya masyarakat sekitarnya, terlebih pantai Baron yang berlokasi di pantai Selatan. Masyarakat disekitar pantai Baron yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan sangat meyakini akan keberradaan ratu pantai Selatan atau yang disebut Nyi Lorokidul. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Ratu pantai Selatan yang dikenal sebagai banyak orang Indonesia sebagai sosok yang mengerikan, namun berbeda dengan penduduk yang ada di kawasan pantai Baron. Penduduk dikawasan pantai Baron meyakini bahwa Ratu pantai selatan merupakan jelmaan dari dewi penolong yang memiliki sifat melindungi serta memberi rizki. Karena kepercayaan tersebutlah, warga tak pernah lupa untuk memberikan tanda terimakasih atas limpahan rezeki dengan cara menggelar acara sedekah laut atau labuhan yang diadakan setiap tanggal 1 syuro dalam penanggalan Jawa.

Kepercayaan yang mengakar kuat hingga ke dalam jiwa masyarakat di kawasan pantai Baron membuat warga tak pernah absen dalam melakukan sedekah laut. Warga tak mau ratu pantai selatan marah hingga menyebabkan bencana atau hilangnya nyawa sebagai tumbal. Bahkan warga sekitar selalu mengingatkan pengunjung untuk selalu bersikap sopan dan berhati-hati dalam bertutur kata, terlebih menyombongkan diri. Jika pengunjung tidak mengindahkan peringatan tersebut, yang bersangkutan tersebut akan mengalami mala petaka seperti perahu yang ditumpanginya terbalik hingga saat ditemukan sudah tidak bernyawa lagi. 

Selain misteri Ratu selatan, masih ada misteri lagi yang dipercaya oleh warga di kawasan pantai Baron. Meskiteri tersebut adalah adanya harimau di pantai Baron yang belum terpecahkan hingga saat ini. Pernah suatu ketika ada seekor harimau besar yang berjalan menuju pantai dengan menggondol tubuh manusia yang kemudian masuk kedalam gua Gebang. Kabar tersebut langsung didengar oleh tim SAR yang kemudian dibantu warga mencari keberadaan harimau tersebut. Namun hingga kini keberadaan harimau tersebut tak ketahui. 

Meskipun demikian, di pantai Baron tak ada larangan bagi pengunjung yang memakai pakean berwarna hijau seperti yang ada di pantai Parangtritis. Jadi pengunjung tak usah khawatir, pengunjung bebas menggunakan pakean berwarna apapun, yang terpenting sikap di pantai Baron harus sopan dan tidak boleh menyombongkan diri.

Hal menarik di pantai Baron

Pantai Baron memiliki karakteristik pasir yang berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya yaitu memiliki pasir yang berwarna coklat kehitaman, selain itu ombak di pantai Baron cukup besar meskipun bentuknya menyerupai teluk.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Hal menarik yang ada di pantai Baron tak lain adalah pemadangan alamnya yang ada di pantai Baron. Pantai Baron memiliki pemandangan alam yang akan membuat siapapun berdekap kagum, terlebih jika anda naik ke atas tebing disebelah timur pantai, dari atas tebing kita akan disuguhkan pemandangan pantai Baron yang luar biasa, jika kurang puas anda bisa naik ke mercusuar, dari atas mercusuar pantai Baron akan terlihat sangat kecil dan indah. Dari mercusuar kita juga akan melihat pantai-pantai lainnya seperti pantai Kukup.

Hal utama yang menjadi dayatarik di pantai Baron tak lain adalah adanya aliran sungai yang mempertemukan 2 air berbeda yaitu air tawar dan air asin. Pertemuan aliran sungai tersebut merupakan magnet utama para wisawatan untuk berbondong-bondong berkunjung ke pantai Baron. Fenomena alam yang mempertemukan 2 aliran air yaitu air tawar yang  berwarna coklat dan air laut berwarna biru ini memang terlihat sangat indah dan menarik, tak heran jika tempat ini juga merupakan salah satu spot foto terbaik di pantai Baron. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Aliran sungai tersebut yang juga merupakan aliran sungai yang memiliki keanehan. Hal ini dikarenakan aliran sungai tersebut akan berubah aliran setiap 5 tahun sekali. Sungai yang biasanya mengalur ke barat tiba-tiba akan mengalir ke timur dengan membelah pasir pantai yang kemudian bermuara ke laut.

Pantai Baron selain sebagai tempat wisata, pantai Baron sebenarnya juga merupakan Pusat Tempat Pelelangan Ikan atau TPI. Jadi tak heran jika di pantai Baron terdapat banyak sekali parahu-parahu nelayan. Sebagai besar warga di pantai Baron juga merupakan nelayan. Jika sedang beruntung, pengunjung bisa melihat nelayan yang baru pulang melaut dengan membawa tangkapan ikan yang banyak, pengunjung juga langsung membelinya.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Baron

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron merupakan destinasi wisata pantai yang tepat untuk hari libur anda bersama dengan keluarga atau sahabat. Di pantai Baron, pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan alamnya saja yang indah, namun suasana di pantai Baron juga sangat mendukung dimana udaranya yang sejuk serta angis khas pantai yang sepoe-sepor membuat siapapun betah berlama-lama di pantai Baron. Selain menikmati pemandangan indah, di pantai Baron pengunjung juga dapat melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan. Nah berikut hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Baron.

Bermain pasir pantai di pantai Baron

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron meskipun memiliki warna pasir yang coklat kehitaman, tak menurunkan pesona dari pantai Baron itu sendiri. Hamparan pasir yang cukup luas dengan kebersihannya yang terjaga, tentu akan membuat siapapun tergoda untuk bermain pasir di pantai Baron. Banyak pengunjung yang sangat asyik bermain pasir di pantai Baron bersama dengan anak dan keluarganya. Puas bermain pasir, anda bisa berjalan-jalan menyisir sepanjang gari pantai di pantai Baron sambil berselfie ria.

Bermain air dan berenang di pantai Baron

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron meskipun berhadapan langsung dengan samudra Hindia dan memiliki ombak yang cukup besar, namun di pantai Baron pengunjung tetap diperbolehkan untuk bermain air dan berenang. Larangan untuk tidak berenang di keluarkan saat ombak ketika ombak tinggi. Di pantai Baron ada beberapa laranga yang tidak boleh dilanggar jika ingin selamat berwisata di pantai Baron, termasuk larangan berenang saat ombak tinggi.

Melihat teluk dan sungai di pantai Baron


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta
Salah satu daya tarik utama dari pantai Baron adalah adanya teluk yang berasal dari bawah tanah. Aliran sungai ini sangat deras sehingga pengunjung bisa bermain air sungai ini sepuasnya hingga ke arah laut. Air di sungai ini terasa tawar namun tetap mempesona karena airnya yang sangat jernih. Hal ini semakin sempurna dengan adanya bukit di area tersebut. Tempat ini juga merupakan spot foto terbaik yang ada di pantai Baron.

Naik ke atas bukit

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Di pantai Baron juga terdapat bukit yang bisa dinaiki. Dari atas bukit kita akan melihat pemadangan pantai Baron yang sangat indah, di atas bukit ini pengunjung juga akan menemukan banyak spot foto menarik yang tentunya sangat disayangkan jika di lewatkan begitu saja.

Baca juga : 15 spot foto keren di pantai Siung

Berselfie diatas menara di pantai Baron

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Diatas bukit karang di pantai Baron terdapat menara putih setinggi 40 meter yang dibangun pada tahun 2014 lalu. Untuk bisa masuk ke kawasan menara tersebut pengunjung harus membayar 2 ribu rupiah sebagai biaya perawatan tangga. Nah untuk bisa naik ke menara tersebut, pengunjung harus membayar 5 ribu rupiah saja, sangat murah sekali untuk pemandangan yang luar biasa dari atas menara. Ya, di atas menara ini merupan spot terbaik untuk melakukan selfie. Kurang lengkap rasanya berkunjug di pantai Baron tanpa berselfie di atas menara sambil menikmati pemadangan alam di pantai Baron. Dari atas menara ini, kita juga bisa melihat pemadangan pantai lainnya seperti pantai Kukup dan pantai lainnya.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Sebelum menaiki menara putih tersebut, ada baiknya sebelum naik anda harus memiliki stamina yang prima agar tidak kelelahan sampai di puncak. Saat menaiki menarapun anda juga harus berhati-hati karena semakin tinggi tangga akan semakin sempit. Bagi anda yang takut ketinggian atau tak memiliki stamina kuat baiknya tak usah naik ke menara yang berlantai 9 tersebut.

Baca juga : 15 spot foto keren di pantai Indrayanti

Dari atas menara tersebut, kita selain disuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah, sunset dan sunsire dari atas menara juga terlihat sangat luar biasa. Panorama matahari terbenam dan terbit dari atas menara sangat berbeda, sinar matahari yang memantul menyinari air laut akan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Jika anda ingin naik ke atas menara, baiknya gunakan jaket, karena semakin ke atas, angin semakin kencang.

Berselfie di gardu pandang pantai Baron

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta
Selain menara atau mercusuar yang merupakan spot terbaik berselfie di pantai Baron, masih ada tempat kerenlainnya yang juga merupakan spot terbaik untuk berselfie. Tempat tersebut yaitu gardu pandang yang terapat di tebing sebelah kiri dari pantai Baron. Gardu pandang yang berbentuk seperti ujung kapal dan juga Love akan membuat foto anda  semakin keren.

Melihat dan berselfie di Baron Techno Park


[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta
Jika di tebing sebelah timur kita disuguhkan menara putih yang bisa dipanjat, berbeda dengan tebing disebelah barat pantai Baron. Tebing disebelah barat Pantai Baron terdapat pembangkit listri tenaga alam yang bernama Baron Techno Park. Untuk menuju ke Baron Techno Park ini kita bisa melalui jalur pos restibusi pantai Baron, disitu terdapat pertigaan jalur menanjak, ikuti saja jalur tersebut nanti anda akan sampai di Baron techno park.  Jika bingung anda bisa bertanya kepada petugas pos retibusi pantai Baron. Di lokasi Baron techno park ini selain bisa menambah wawasan, ditempat ini juga merupakan spot terbaik untuk melihat sunset di pantai Baron.

Di Baron techno park pengunjung bisa berselfie sepuasnya karena memang pemandangnya sangat indah, namun harus berhati-hati dan tak boleh sembarangan menyentuh barang atau alat di Baron techno park karena alat-alat tersebut sangat berguna untuk memandu kapal yang melintas di samudra hindia.

Menyewa perahu untuk menelusuri pantai Baron

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Kurang puas berjalan-jalan di pantai Baron, anda bisa menyewa perahu di pantai Baron untuk menikmati sejengkal wilayah dipantai Baron tanpa rasa lelah. Angin laut yang semilir juga akan meningkatka energi anda sehingga rasa akan hilang.

Baca juga : 10 spot foto keren di pantai Sadranan

Wisata kuliner di pantai Baron

Setelah lelah berjalan-jalan menelusuri pantai Baron sambil berselfie ria, saatnya kita mengisi perut kita yang lapar. Di pantai Baron ada banyak warung makan dengan berbagai menu makanan terutama menu laut atau sea food seperti udang, kepiting, tongkol, kakap dan lain sebagainya yang tentunya harganya juga sangat murah. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Pengunjung bisa memilih ikan yang akan disantap bahkan pengunjung bisa memilih ikan yang masih hidup untuk di olah menjadi menu makanan yang diinginkan pengunjung. Hal inilah yang sangat disukai wisawatan sehingga kuliner di pantai Baron selalu ramai wisata baik lokal maupun mancaneraga.

Berbelanja pernak-pernik di kawasan pantai Baron

Berlibur di pantai Baron rasanya kurang lengkap jika kita tak membeli sesuatu yang menjadi kenang-kenangan dari pantai Baron. Nah di kawasan pantai Baron terdapat beberapa penjual atau toko oleh-oleh yang menawarkan berbagai macam barang atau pernak-pernik khas pantai Baron seperti kaos, gantungan kunci, makanan kering dan lain sebagainya. Selain untuk koleksi sendiri juga bisa dijadikan untuk oleh-oleh keluarga atau sahabat yang tidak ikut berlibur ke pantai Baron.

Menikmati keindahan sunset di pantai Baron

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron juga memiliki keindahan sunset yang tak kalah dengan pantai-pantai gunung Kidul lainnya. Ada banyak spot menarik yang bagus sekali untuk menikmati keindahan sunset, salah satu spot terbaik untuk melihat sunset yaitu diatas menara atau mercusuar. Anda pun tak perlu khawatir jika kemalaman di pantai Baron, karena di kawasan pantai Baron ada banyak sekali penginapan atau hotel dengan harga yang tentunya sangat terjangkau.

Penginapan disekitar pantai Baron

Pantai Baron adalah pantai yang tak pernah dari pengunjung, untuk itu disekitar pantai Baron terdapat banyak penginapan atau hotel yang bisa di gunakan pengunjung untuk bermalam di kawasan pantai Baron. Untuk biaya penginapan di pantai Baron sangat murah sekali, karena kebanyak hotel dikawasan pantai Baron adalah hotel kelas melati dengan fasilitas standart seperti kipas angin, AC dan lain sebagainya.

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Namun jika anda ingin penginapan yang memiliki fasilitas lebih prima, anda bisa memilih hotel Baronsari dan hotel Dwi Ratih. Namun, jika anda ingin lebih menghemat anda bisa menginap dalam satu kamar untuk 4 orang dengan menyewa tambahan kasur. Biaya tambahan kasur sangat murah sekali yaitu sekitar 10 ribu hingga 15 ribu per kasur per malam.

Fasilitas di pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron merupakan pantai di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta yang paling terkenal diantara pantai-pantai Gudul Kidul lainnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pantai Baron setiap harinya. Mengingat akan pantai Baron yang tak pernah sepi dari pengunjung, tentunya fasilitas yang ada di pantai Baron sangat lengkap. Semua hal yang dibutuhkan untuk menunjang wisata pantai sudah tersedia di pantai Baron, seperti area parkiran yang luas, toiled, kamar mandi atau kamar bilas, musola, gazebo, warung makan, mercusuar atau menara, camp ground, gardu pandang, toko oleh-oleh dan lain sebagainya. 

Lokasi pantai Baron

Pantai Baron berlokasi di desa Rejosari, Kecamatan Kemadang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Baron berjarak sekitar 60 Km dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta.

Rute menuju pantai Baron Gunung Kidul

Rute menuju pantai Baron sangat mudah sekali dengan jalan yang sangat bagus mengingat pantai Baron adalah pantai yang sangat populer dan tak pernah sepi dari wisatawan. Namun bagi anda yang belum pernah ke pantai Baron mungkin akan kebingungan. Namun anda tak perlu khawatir, kami akan memberikan rute jalan menuju pantai Baron yang mudah untuk anda lalui. Berikut beberapa rute menuju pantai Baron.
  • Rute dari pusat kota Yogyakarta : Ringroad timur malioboro - Ringroad selatan - Arah wonosari - Jl Piyungan - Lampu merah jalan air terjun srigetuk - Paliyan - Pantai Baron.
  • Rute dari Semarang : Jalan Tol tembalan ungaran - Jalan tol uangaran bawen - jalan semarang Solo - Lingkar selatan salatiga - boyolali -  Wonosari - Jl Baron - Pantai Baron.
  • Rute dari Solo  : Solo - Grogol - Jl raya cuplik - Sikoharjo - Jl  raya patimura - Tawangsari - Jl Semin watukelir - Jl Karangmojo wonosari - Jl Baron - Pantai Baron.
Semua jalan menuju ke pantai Baron sangat mudan dan halus, namun jika anda masih kebingungan, anda bisa menggunaka aplikasi google map, atau bertanya pada orang yang anda temui di jalan.

Harga tiket pantai Baron

Harga tiket masuk pantai Baron sangat murah sekali yaitu hanya 10 ribu rupiah saja. Dengan biaya tiket semurah itu, anda bisa menikmati keindahan alam di pantai Baron. Bukan hanya pantai Baron saja dengan tiket tersebut anda juga bisa menikmati keindahan pantai disekitar pantai Baron seperti pantai Sundak, pantai Krakal dan pantai Kukup. Untuk biaya parkir yaitu 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda 4.

Tips dan saran berkunjung ke pantai Baron

Tips dan saran berkunjung ke pantai Baron adalah persiapkan kendaraan dan fisik dalam kondisi fit. Bawa perbekalan yang dibutuhkan terutama obat pribadi dan juga pakaian ganti. Selama perjalanan janga ngebut, istirahatlah jika merasa lelah atau mengantuk. Sesampai dipantai Baron anda harus mengikuti aturan yang ada di pantai Baron agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Beberapa aturan di pantai Baron adalah menjaga kebersihan pantai, tidak boleh berenang disembarang tempat mengingat ombak di pantai Baron cukup besar, jika ada larangan berenang maka jangan nekat berenang, selama di pantai Baron selalu jaga sikap dan tutur kata, terutama jangan menyombongkan diri karena warga sekitar pantai Baron percaya bahwa Ratu pantai Selatan sangat tidak suka dengan orang sombong dan tak tahu sopan santun.

Demikianlah informasi tentang pantai Baron. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi hari libur anda bersama teman-teman atau keluarga tercinta. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "15 Spot Foto Keren Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel