10 Spot Foto Menarik Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta, Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Mitos dan Sejarah Fasilitas

TEMPAT WISATA TERBARU | Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta - Yogyakarta memang merupakan daerah Istimewa yang ada di Indonesia, bukan hanya terkenal akan seni, budaya dan pendidikannya, namun Yogyakarta dikenal sebagai Daerah wisata, tak heran jika banyak orang membayangkan tempat wisata ketika mendengar daerah Yogyakarta. Di Yogyakarta memang ada banyak sekali tempat wisata indah yang sayang untuk dilewatkan, terutama wisata pantainya.

Yogyakarta atau lebih tepatnya di Gunung Kidul terdapat banyak sekali tempat wisata pantai. Lokasinya yang berdekatan atau berjejeran sehingga dalam sehari kita bisa mengunjungi beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Gunung Kidul tak hanya memberikan pemandangan hamparan pasir putih yang bersih dan luas saja, namun karena lokasi pantai yang ada di bukit-bukit batu karang membuat pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta memiliki pemandangan alam yang sangat indah sekali.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Salah satu pantai indah yang ada di Gunung Kidul adalah pantai Sundak. Pantai Sundak memang tak sepopuler pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Indrayanti, pantai Baron, Pantai Pok Tunggal atau pantai lainnya. Namun jangan salah, pantai Sundak juga memiliki pemandangan alam luar biasa yang tak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul Yogyakarta.

Pantai Sundak merupakan pantai cantik dan eksotis yang lokasinya masih bertetanggaan dengan pantai indah lainnya yaitu pantai Indrayanti. Pantai Sundak terkenal akan pasirnya yang putih dan bersih serta air lautnya yang bening dan jernih sehingga menyegarkan mata siapapun yang berkunjung ke pantai Sundak. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Meskipun memiliki air yang bening dan jernis, ombak di pantai Sundak tergolong cukup ganas dan berbahaya, sehingga harus berhati-hati jika ingin bermain air atau berenang di pantai Sundak. Alternatif lain dipantai Sundak adalah dengan berjalan-jalan di tepi pantai sambil menikmati pemandangan indah pantai sundak. Anda juga bisa sekalian berselfie, karena ada banyak spot foto menarik dipantai Sundak.

Sejarah dan mitos pantai Sundak

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta memang dikenal dengan pesona pemandangan alamnya yang indah dan eksotis, namun dibalik keindahan alamnya ternyata pantai Sundak juga memiliki cerita motos yang juga menjadi sejarah cikal bakal nama dari pantai Sundak itu sendiri.
Pada suatu hari di jaman dulu ada seekor anjing yang berlarian di sekitar pantai kemudian anjing tersebut ke dalam gua karang yang ada disekitar pantai. Di dalam gua tersebut, anjing bertemu dengan seekor landak laut, karena anjing merasa lapar, anjingpun berniat untuk memangsa landak tersebut sehingga terjadilah perkelahian antara anjing dan landak laut tersebut. Landak laut terus berusaha mempertahankan diri dengan terus menghindar serangan anjing dan juga memperlakukan serangan. Namun akhirnya landak lautpun gagal dan anjingpun berhasil memakan separoh dari tubuh landak tersebut. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Awal mulanya pemilik anjing tidak mengetahui akan perkelahian antara anjing dan landak laut tersebut. Sang pemilik anjing melihat sebagian tubuh landak dimulut anjing, dan secara perlahan kisah ini tersebar ke mulut-mulut masyarakat sekitar pantai sehingga pantai tersebut dinamakan pantai Sundak yang berarti gabungan dari anjing atau Asu dan juga Landak.

Kisah perkelahian antara anjing dan landak tersebut bukan hanya sekedar cikal bakal nama dari pantai Sundak, namun juga menjadi berkah bagi masyarakat di sekitar pantai Sundak. Dulu perkampungan di pantai Sundak mengalami kekeringan panjang dan tidak air sama sekali. Ketika sang pemiliki anjing melihat anjing keluar dari gua dengan keadaan basah, maka ditemukanlah sumper mata air di dalam gua tersebut. Dari sinilah akhirnya penduduk diperkampungan sekitar pantai Sundak menggunakan mata air tersebut sebagai keperluan sehari-hari. Bahkan saat dini sudah banyak dipasang pipa khusus yang menyambungkan ke perkampungan warga sekitar pantai Sundak.

Keunikan pantai Sundak

Pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarya selain terkenal akan keindahan alamnya juga memiliki keunikan-keunikan yang tidak di miliki oleh pantai lainnya. Begitu juga dengan pantai Sundak, pantai Sundak juga memiliki keunikan.
[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Disikahkan pantai Sundak mengalami beberapa evolusi. Evolusi pertama terjadi di pantai Sundak adalah kondisi pinggir pantai. Ketika kita melihat bagian barat pantai, kita bisa melihta masjid serta runga kosong yang di gunakan sebagai parkir pengunjung , dan disebelah timur pantai sundak terdapat gua alami yang memiliki bentuk seperti batu karang. Gua tersebut yang merupakan tempat dimana terdapat sumber mata air yang di gunakan oleh penduduk sekitar sebagai kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Spot foto terbaik di pantai Indrayanti

Berdasarkan sejara pantai Sundak, pantai Sundak pada tahun 1930 keadaan gua alami tersebut masih terendam air laut, bahkan air laut meluas hingga ke dekat arah masjid. Namun, dengan berjalannya waktu,ada banyak perubahan di pantai Sundak. Hal ini yang kemudian membuat air laut menyusut, semakin lama semakin menyusut sehingga banyak batu karang yang muncul serta area dekat masjid yang dulunya lautan menjadi daratan seperti sekarang ini.

Hal unik di pantai Sundak lainnya adalah ketika kita datang ke pantai Sundak pada Musim penghujan. Ketika musim hujan tiba, volum air besar akan muncul menuju ke lautan. Hal ini yang kemudian membuat pantai Sundak bagian timur terbelah menjadi 2 dan terbentuk sungai yang membelah pasir. Namun, ketika musim kemarau tiba, belahan tersebut akan hilang, karena hal ini pula pantai Sundak juga disebut dengan pantai Wedibedah. 

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan dipantai Sundak

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sundak memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pantainya yang putih dan bersih serta keadaan air yang jernih dan benik. Dengan demikian, kita dapat melakukan banyak hal menyenangkan dipantai Sundak. Berikut beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Sundak.

Menikmati suasana pantai Sundak

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Hal pertama yang bisa kita lakukan saat berwisata dipantai Sundak adalah menikmati suasana pantai Sundak. Pantai Sundak menyuguhkan pemandangan yang akan membuat siapapun berdegup kagum akan ciptaan Tuhan ini. Sambil menikmati pemandangan, kita bisa bersantai di gazebo-gazebo yang telah disediakan disekitar pantai, atau kita juga bisa duduk santai di bawah pepohonan disekitar pantai sambil menikmati deburan omba dan angin khas pantai yang sepoe-sepoe.

Bermain pasir

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sundak memiliki ombak yang ganas dan besar serta banyak batu karang tajam yang dapat melukai sehingga pengunjung dilarang berenang di pantai sundak. Namun, tak perlu kecewa, dipantai Sundak bisa melakukan aktivitas lainnya seperti bermain pasir.

Goa air tawar

Salah satu ke unikan pantai Sundak yang tak di temukan di pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul Yogyakarta adalah adanya Goa yang didalamnya terdapat sumber mata air tawar. Goa tersebut berlokadi di sebelah utara pantai Sundak, disana terdapat perbukitan batu karang dan batu kapur dengan tinggi kurang lebih sekitar 12 meter. Dibukit tersebut terdapat lorong atau Goa, pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam goa tersebut. Di dalam goa tersebut terdapat sumber air tawar yang biasa dimanfaatkan oleh warga untuk keperluan sehari-hari. Goa inilah yang juga merupakan sejarah dari nama pantai Sundak itu sendiri.

Melihat ikan-ikan kecil di pantai Sundak

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sundak merupakan pantai di Gunung Kidul yang masih sangat alami. Pantai Sundak memiliki pasir putih dengan air lautnya yang bening dan jernih, hal ini yang membuat pengunjung bisa melihat fauna atau ikan-ikan kecil di laut pantai Sundak. Pengunjung bisa berjalan ke arah laut sejauh 40 meter karena kondisi laut masih dangkal, tak boleh lebih dari itu karena bisa berbahaya dengan ombak yang cukup besar. Dilaut tersebut terdapat banyak sekali terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil yang akan memanjakan mata anda.

Baca juga : 10 spot foto keren pantai Sadeng Gunung Kidul Yogyakarta

Selfie di pantai Sundak

Pantai Sundak merupakan surga para anda yang suka berselfie. Hal ini dikarenakan pantai Sundak memiliki pemandangan alam yang sangat indah sehingga dipantai Sundak anda akan menemukan banyak sekali spot foto yang menarik. Anda bisa berfoto sepuasnya di pantai Sundak bersama teman-teman atau keluarg atau kekasih. Suasana pantai Sundak yang tak seramai pantai Indrayanti atau pantai Baron membuat anda bisa bereskpresi sesuka hati dalam berfoto.

Melihat sunset di pantai Sundak

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Keindahan sunset yang ada dipantai Sundak juga tiada duanya. Anda bisa menikmati keindahan sunset dipantai Sundak dengan berkunjung ke pantai Sundak di sore hari, anda juga bisa lanjut menginap dipantai Sundak dengan mendirikan tenda di pantai Sundak.

Baca juga : 20 spot foto keren pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Camping di pantai Sundak

Bagi anda yang ingin bermalam sambil menikmati angin malam khas pantai, anda bisa mendirikan tenda di kawasan pantai Sundak. Hanya saja, di pantai Sundak belum menyediakan perlengkapan berkemah, untuk itu bagi anda yang ingin berkemah dipantai Sundak, anda baiknya membawa perlengkapan dan perbekalan dari rumah sendiri.

Penginapan di pantai Sundak

Dikawasan pantai Sundak belum ada banyak penginapan. Hanya ada beberapa penginapan kecil seperti hotel Melatai dan lain sebagainya. Namun, jika anda ingin menginap, anda bisa menginap di kasawan pantai Indrayanti, Baron, Pok Tunggal dan lain sebaginya. disana ada banyak Hotel atau penginapan, anda bisa memilih sesuai dengan kondisi keuangan anda.

Baca juga : 10 spot foto pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Kuliner dipantai Sundak

Dipantai Sundak, pengunjung dapat menikmati berbagai olahan makanan laut sambil bersantai menunggu matahari terbenam. Ada banyak warung disekitar pantai Sundak. Anda juga bisa membawa bekal sendiri dari rumah.

Fasilitas dipantai Sundak

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sundak selain memiliki pemandangan alam yang eksotis, pantai Sundak juga sangat didukung dengan fasilitas yang lengkap, sehingga membuat pengunjung betah berwisata di pantai Sundak. Dipantai Sundak terdapat fasilitas seperti area parkir, masjid atau musola, kamar mandi atau kamar bilas, toilet, warung makan berjejeran, gazebo dan lain sebagainya. Untuk gazebo, dipantai Sundak tidak dipatok biaya, pengunjung boleh membayar seikhlasnya.

Lokasi pantai Sundak

[http://scanforlink.blogspot.com] Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sundak berlokasi di kawasan Gunung Kidul atau lebih tepatnya yaitu di Desa Sidoharjo, kecamata Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, pantai Sundka bisa dijangkau dengan motor kurang lebih sekitar 2 jam sedangkan dengan mobil kurang lebih sekitar 3 jam.

Rute menuju pantai Sundak

Akses menuju pantai Sundak terdapat angkutan umum, Anda bisa naik bus dari Giwangan, Sesampai di pasar Wonosari anda pindah ke bus kecil dengan jurusan pantai Baron atau Pantai Krakal. Perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam, anda akan sampai di pantai Sundak.

Perjalanan akan lebih mudah lagi jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Denga kendaraan pribadi anda langsung menuju ke Wonogiri, atau imogiri. Jalan Wonogiri lebih mudah dan sering di lalui oleh para wisatawan tujuan Gunung Kidul. Sedangkan jalan Imogiri, jalannya sepi dan sempit, namun memiliki pemandangan yang sangat indah. Jika anda bingung anda bisa menggunakan Google map.

Harga tiket masuk pantai Sundak

Dengan pemandangan alamnya yang luar biasa, pantai Sundak mematok harga tiket yang sangat murah sekali yaitu hanya 10 ribu rupiah, Itupun sudah termasuk tiket masuk 8 pantai lainnya yang ada disekitar pantai Sundak. Namun, harga tiket tersebut bisa berubah-ubah setiap waktu, terlebih saat musim liburan seperti liburan naik kelas, liburan hari raya dan liburan lainnya.

Tips dan saran berkunjung ke pantai Sundak

Lokasi pantai Sundak yang lumayan jauh dari kota, baiknya anda persiapkan kendaraan dalam kondisi fit terlebih dulu sebelum melakukan perjalanan. Dan jangan lupa isi bahan bakar penuh, karena di sepanjang jalan pantai Sundak tidak ada pom bensin. Bawa perbekalan yang dibutuhkan seperti obat pribadi dan pakaean ganti. Selalu utamakan keselamatan, istirahatlah jika lelah atau mengantuk.

Sesampai di pantai Sundak, baiknya anda janga bermain air sendirian karena terlalu berbahaya. Di pantai Sundak juga tidak diperbolehkan berenang karena ombaknya yang besar dan ganas. Di pantai Sundak juga terdapat banyak terumbu karang yang tajam dan bisa melukai anda kapanpun, untuk itu anda harus berhati-hati. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebesihan pantai dengan jangan membuang sampah disembarang tempat.

Demikianlah informasi tentang pantai Sundak. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi untuk hari libur anda bersama dengan keluarga. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "10 Spot Foto Menarik Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta, Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Mitos dan Sejarah Fasilitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel