keindahan Pantai Onaria yang Sudah Melegenda Sejak Tahun 90an


[http://scanforlink.blogspot.com] pantai onaria
pantai onaria atau pantai puri dewata
Ujung pulau sumatera memang menyimpan banyak keindahan, ujung pulaunya, yaitu provinsi lampung telah banyak menghadirkan hamparan-hamparan pantai dengan pasir putih yang mengelilingi pulau tersebut. 

Pantai Onaria

Pantai onaria adalah salah satu destinasi wisata yang sudah melegenda sejak tahun 90 an.  

Sebenarnya nama dari pantai onaria adalah pantai puri dewata, namun masyarakat sering menyebutnya sebagai pantai onaria, dan sehingga bila ada wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai puri dewata selalu menyebutnya sebagai pantai onaria. 

Keindahan pantainya serta tempatnya yang strategis menjadi pilihan bagi para pengunjung yang ingin berkunjung ke pantai onaria tersebut. 

Obyek wisata ini memang dahulu menjadi tujuan utama pengunjung yang ada di provinsi lampung, bukan hanya penduduk sekitar saja yang datang namun dari kabupaten lampung lainnya juga datang untuk berkunjung ke pantai onaria ini.

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai onaria
pintu masuk ke pantai onaria atau pantai puri dewata


Lokasi Pantai Onaria
[http://scanforlink.blogspot.com] lokasi pantai onaria
lokasi pantai onaria
Pantai Onaria sangat dekat dengan jalan raya, serta aksesnya yang mudah dan sudah bagus membuat pengunjung tidak kesulitan untuk mencapai pantai onaria. 

Lokasi pantai onaria ini sendiri berada di desa Tri Dharma Yoga Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. 

Sangat mudah untuk menemukan lokasi pantai ini karena gerbang masuk ke pantai onaria tersebut tepat berada di dekat jalan lintas timur sumatera. 

Lokasi terdekat untuk mencapai pantai onaria adalah dari pelabuhan bakauheni dengan jarak sekitar 44 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Fasilitas di Pantai Onaria

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai onaria
Pengunjung menyewa ban yang digunakan untuk berenang
Umumnya pengunjung yang datang ke pantai onaria ini datang pada saat-saat hari libur, biasanya mereka berdatangan bersama keluarganya dimana di hari tersebut anak-anak banyak yang libur sekolah.

Saat hari libur biasanya di pantai ini ada tukang yang khusus menyewakan ban bekas untuk berenang baik itu untuk anak-anak maupun dewasa. 

Sewa ban bekas tersebut cukup murah, biasanya untuk satu ban bekas anda akan dikenakan biaya sekitar 10 s/d 12 ribu untuk 2 jam berenang di air. 

Lokasinya yang dekat dengan jalan raya tentu membuat fasilitas yang disediakan di pantai ini cukup lengkap, misalnya makanan dan snack serta mainan anak-anak sudah ada yang menjual disini. 

Tetapi jika anda ingin menginap, disini belum tersedia hotel serta home stay yang bisa anda sewa, hal tersebutlah yang menyebabkan tidak banyak wisatawan yang bermalam di pantai ini.

Sedikit cerita tantang perjalanan pantai onaria yang sempat mengalami pasang surut pengunjung. 

Masyarakat yang berada di sekitar pantai onaria adalah masyarakat dengan agama Hindu dimana budaya bali serta seni keagamaanya masih sangat terasa kental. 

Sekilas Kisah Pantai Onaria

Pantai onaria sering digunakan dalam acara keagamaan biasanya pada  hari raya nyepi, umat hindu melakukan perayaan melasti di pantai onaria tersebut. 

Namun seiring berjalannya waktu ketika PT. Wahana Pasir Sakti yang masuk ke wilayah lampung, membuat sebagian dari pantai onaria di jadikan sebagai tempat penimbunan atau pasokan pasir, hal tersebut tentu membuat berkurangnya pengunjung yang datang ke pantai onaria tersebut. 

Namun sejak berhentinya PT. Wahana Pasir Sakti pasir beroprasi, antusiasme warga serta pengunjung yang datang ke pantai onaria melonjak kembali.

0 Response to "keindahan Pantai Onaria yang Sudah Melegenda Sejak Tahun 90an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel