Bukit Panguk Kediwung | Harga Tiket,Tips Berkunjung & Rute Menuju Ke Bukit Panguk Kediwung, Yogyakarta



Gumpalan awan di Bukit Panguk Kediwung(photo by: Saputra)

TEMPAT WISATA TERBARU | Siapa yang tidak kenal dengan puncak panguk kediwung, sebuah tempat wisata yang terletak di Dusun Kediwung,  Desa Mangunan, Kecamatan Dligon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jaraknya dari kota Yogyakarta sekitar 24 km dan 2 km dari Kebun Buah Manggun. Puncak ini merupakan salah satu wisata baru yang ada di Yogyakarta. Tapi puncak ini juga memiliki daya tarik bagi pengujung untuk datang menikmati gumpalan awan dan sunset atau matahari terbit. Jika kamu ingin menikmati sunset dan gumpalan awan, sebaiknya kamu datang pada pagi buta, atau mencari penginapan yang dekat dengan puncak panguk kediwung. bukan hanya sunset dan gumpalan awan yang dapat kamu nikmati tetapi kamu juga bisa berfoto seifie di tempat yang telah di sediakan dan menikmati pemandangan pohon pinus yang ada di sebelah timur.

Jika kamu ingin berkunjung ke Bukit ini, ada beberapa hal yang perluh kamu ketehui, yaitu;

Harga Tiket Masuk puncak/Bukit Panguk Kediwung

Bagi anda yang ingin bersantai dan menikmati panorama alam yang indah dan ciamik di tempat ini, tentunya kamu harus membayar karcis yang di sediakan oleh pengelolah tempat wisata tersebut. untuk biaya parkir motor Rp. 2000, biaya parkir mobil Rp 5.000, dan setiap tempat yang di sediakan ketika kamu ingin berfoto di situ maka harus membayar Rp 3.000, ada 4 tempat spot yang di sediakan, tiga di antara terkena biaya jika ingin berfoto dan satu lagi gratis bagi pengunjung. sebenarnya tidak hanya 4 spot untuk berfoto tetapi semuanya dalam proses perbaikan.


Rute dan lokasi puncak/Bukit Panguk Kediwung

Bagi kamu yang belum mengenal dengan puncak panguk kediwung, kamu bisa datang di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kec Dlingo, Kab Bantul, Yogyakarta. Wisata alam puncak panguk kediwung persis berada di Puncak Bukit Batu Lawang, Berjarak 2 kilometer dari Kebun Buah Mangunan dan 24 km dari kota Yogyakarta.

Rute menuju ke Puncak Panguk Kediwung pun sangat mudah. Dari kota Yogyakarta langsung menuju ke Jln. Imogiri Timur. Perjalanan langsung menuju ke arah Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Dlingo. Setelah sampai di wilayah Kebun Buah Mangunan kamuambil jalan menuju ke Dusun Kediwung disana sudah ada petunjuk arah menuju Puncak Panguk Kediwung. Kalau kamu masih kebingungan, tak ada salahnya kan bertanya kepada penduduk setempat agar lebih memudahkan perjalanan kamu nanti. Tapi, jika sudah sampai di Dlingo, kamu jangan kaget ya. Karena untuk bisa sampai ke Bukit Panguk Kediwung ini kamu perlu melewati rute yang cukup ekstrem. Kamu harus melewati turunan dan tanjakan yang membuat kamu perlu lebih berhati-hati.

Tips Berkunjung ke Puncak/bukit Panguk Kediwung

     beberapa hal yang perluh di perhatikan, yaitu;

  1. Bawa kamera dan powerbank, karena kamu akan mengabadikan banyak foto jika datang ke Bukit Panguk Kediwung.
  2. Sebaiknya kamu datang pada pagi hari, dan pastikan cuaca sangat bersahabat. Jangan pernah datang ke Bukit Panguk Kediwung pada saat hujan melanda,
  3. Kenakan pakaian yang membuat kamu nyaman, dan alas kaki yang memadai, Jangan menggunakan sepatu hak tinggi maupun celana pendek (untuk wanita), karena di sini benar-benar dingin, dan Usahakan untuk mengenakan celana panjang,
  4. Dilarang membuang sampah, maupun merusak lokasi sekitar.

Pemandangan Puncak/ Bukit Panguk Kediwung


Pemandangan di Bukit Panguk Kediwung (Photo by: Saputra)

ketika kita sampai di puncak, kita akan di sambut oleh pepohonan yang di selimuti oeh awan pagi dan di hiasi oleh sunset matahari pagi. selain itu, Pemandangan dari Bukit Panguk Kediwung ini memang begitu menakjubkan. Sebab dari sini pengunjung dapat melihat deretan bukit hijau yang menjulang dan berderet serta lekuk seksi aliran sungai . Sedangkan untuk waktu yang tepat berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung yaitu pagi hari yang mana matahari mulai terbit, saat itu pemandangan begitu mempesona dan menawan. Selain waktu tersebut, tidak disarankan karena kalau siang udara di sini cukup panas,  karena lokasinya di bukit. Lokasi Bukit Panguk Kediwung yang berada di mulut tebing memang menjadikan pengunjung dapat dengan leluasa mengambil foto dengan berbagai macam.

Penginapan Bukit Panguk Kediwung

Di bukit ini tidak di sediakan penginapan, jadi jika kamu berencana untuk menginap di  bukit ini maka kamu bisa mendirikan sebuah tenda untuk menginap. atau anda juga bisa mencari tempat penginapan yang dekat dengan puncak tersebut, seperti hotel, atau tempat penginapan lainnya yang di sediakn oleh masyarakat yang ada di sana.

Mungkin ini sajayang dapat saya bagikan kepada kalian tentang bukit punguk kediwung. semog dengan adanya artikel ini dapat mempermuda kalian menemukan tempat wisata tujuan kalian padawaktu libur atau dapat menambah wawasakalian  mengenai wisata-wisata yang ada di  bogor. semoga bermanfaat.

Letak; Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dligon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta,

0 Response to "Bukit Panguk Kediwung | Harga Tiket,Tips Berkunjung & Rute Menuju Ke Bukit Panguk Kediwung, Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel