15 Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Kuliner

TEMPAT WISATA TERBARU | Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara - Kota Jepara memang sangat terkenal dengan kerajinan ukirannya, bahkan kerajinan ukiran Jepara sudah terkenal hingga ke mancanegara. Namun tidak hanya terkenal akan kerajinan ukirannya saja, namun juga terkenal akan destinasi wisata alam seperti wisata pantai. Wisata pantai di Jepara berbeda dengan wisata pantai yang berlokasi di pantai utara Jawa lainnya. Pesisir pantai di Jepara memiliki pasir putih dan air lautnya yang jernih dengan gradasi warna laut hijau tosca yang tentunya sangat memanjakan mata para wisatawan. 

Kota Jepara memiliki beberapa destinasi wisata pantai seperti wisata pantai Kartini, wisata pantai Bandengan, Wisata pantai Empu Rancak. Jika wisata pantai Kartini dan pantai Bandengan sudah sangat populer sekali, namun berbeda dengan wisata pantai Empu Rancak, belum banyak wisatawan yang tahu akan wisata pantai tersebut karena memang wisata pantai Empu Rancak belum populer, meskipun demikian, pantai Empu Rancak sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi saat hari libur.
[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak masih memiliki pemandangan alam pantai yang sangat asri dan alami khas desa nelayan pesisir Jepara. Pantai Empu Rancak ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata desa Karang Kondang Mlongo Jepara. Selain pemandangannya yang sangat indah dan alami dengan pasir pantainya yang putih dan bersih, ombak di pantai Empu Rancak juga tergolong tenang sehingga sangat aman bagi wisatawan yang ingin bermain air laut atau berenang di pantai laut Empu Rancak.
[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak meskipun tak seramai pantai Kartini dan pantai Bandengan, namun pantai Empu Rancak ini sangat menarik untuk anda kunjungi karena kondisi pantainya yang sangat terawat dan sangat bersih. Selain itu masyarakat disekitar pantai Empu Rancak juga menyediakan berbagai olahan sea food seperti ikan bakar, ikan goreng dan berbagai olahan makanan khas Jepara yang tentu rasanya sangat lezat dengan harga yang sangat murah.

Keindahan pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak memiliki keindahan alam pantai yang asri dan alami dengan kondisi pantai yang sangat bersih dan terawat, tentu keadaan tersebut sangat cocok sekali sebagai tujuan wisata keluarga atau wisata bersama dengan teman-teman tercinta. Ombak di pantai Empu Rancak sangat tenang, dan hanya ada sedikit gelobang diarea tengah laut. Selain itu air lautnya sangat jernih. Selain di manjakan dengan pemandangan pantai dengan pasirnya yang putih, wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan batu karang serta pecahan terumbu karang yang membuat keindahan alam bawah laut menjadi semakin mempesona. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak Jepara ini masih sangat alami dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Indahnya hamparan pasir putih yang sangat mempesona dengan air lautnya yang jernih membuat pantai ini terlihat sangat menawan, tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. 
[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak ini banyak dihiasi dengan batu karang dan juga terumbu karang. Selain itu di sudut pantai terdapat barisan pepohonan pandan yang semakin membuat pemandangan pantai Empu Rancak ini semakin mempesona. Yang cukup menarik di pantai Empu Rancak ini adalah terdapat pelabuhan mini yang biasa di gunakan para nelayan untuk menambatkan perahu-perahu mereka.

Baca juga : Wisata pantai Benteng Portugis : Misteri, sejarah, harga tiket, fasilitas

Daya tarik pantai Empu Rancak Jepara

[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Setiap wisata pantai tentu memiliki daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung betah dan ingin kembali lagi. Begitu juga dengan pantai Empu Rancak yang ada di Jepara ini. Pantai Empu Rancak memiliki beeberapa kelebihan yang menjadi daya tarik dari pantai tersebut. Nah berikut beberapa daya tarik dari pantai Empu Rancak.

Pantai pasir putih yang bersih dan terawat

[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Daya tarik utama dari pantai Empu Rancak tak lain adalah pasir pantainya yang putih, bersih dan sangat terawat. Selain itu pantai Empu Rancak ini juga belum banyak dikenal oleh wisatawan, jadi pantai ini tak begitu ramai, keadaan ini tentu bisa kita manfaatkan untuk mengeksplore kealamiannya. Bagi wisatawan yang suka bermain pasir, pantai Empu Rancak ini tentu sangat cocok sekali.

Baca juga : Keindahan pesona wisata religi pantai pulau Panjang

Air laut yang tenang di pantai Empu Rancak Jepara

[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Berbeda dengan pantai-pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul, pantai Empu Rancak selain memiliki air laut yang jernih, ombak di pantai Empu Rancak juga sangat tenang bahkan cenderung diam. Keadaannya tenang ini yang kemudian dimanfaatkan para wisatawan untuk bermain dan berenang di pantai Empu Rancak, dikawasan pantai Empu Rancak juga terdapat banyak persewaan ban baik kecil dan besar untuk bermain dan berenang di pantai Empu Rancak Jepara.

Baca juga : Wisata pantai Blebak Jepara Jawa Tengah : Lokasi, rute perjalanan, fasilitas, harga tiket

Namun bagi anda yang ingin bermain air atau berenang di pantai Empu Rancak ini harus berhati-hati karena banyak batu karang yang bisa melukai anda kapanpun. 2 Meter setelah bibir pantai merupakan batu karang yang keras bukan lagi pasir, hal ini akan sangat mengagetkan bagi anda yang belum pernah datang ke pantai Empu Rancak, dan tak jarak kerap membuat lecet kaki jika tak berhati-hati.

Pantai Yang sangat kental dengan nuansa Jawa - Jepara

[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Salah satu daya tarik utama dari pantai Empu Rancak adalah susana pantai yang sangat kental dengan nuansa Jawa - Jepara. Pemerintah desa Karang Gondang membangun gapuro dan juga gazebo khas Jepara, bangku taman dan berjemur yang terbuat dari semen dengan motif ukiran khas Jawa Jepara, selain itu terdapat jug payung-payung khas Jawa dan juga bangunan musola yang menyerupai masjid agung Demak dengan menara Kudus. 

Pesona terumbu karang di pantai Empu Rancak Jepara

[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Di pantai Empu Rancak Jepara ini terdapat terumbu karang yang menghiasi pinggiran pantai yang semakin membuat eksotis pemandangan di pantai Empu Rancak. Tidak hanya itu saja, adanya pohon panda yang berbaris dan tumbuh menjulang di salah satu sudut pantai membuat panorama pantai semakin rindang dan sejuk. Hal ini yang juga biasa dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto atau berselfie. 

Pelabuhan nelayan dan sarana jogging di pantai Empu Rancak Jepara

Selain pemandangan alam yang indah dan alami di pantai Empu Rancak juga terdapat labuhan mini dimana pelabuhan tersebut dijadikan sebagai tempat untuk menyandarkan perahu-perahu milik nelayan. Wisatawan dapat berjalan menelusuri pelabuhan mini tersebut sambil melihat dan mengamati aktivitas nelayan. Disana terdapat jalan setapak yang bisa digunakan untuk berjalan santai atau bersepeda sembari menikmati keindahan pantai.

Pemandangan sunsire dan sunset yang mempesona

[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya, di pantai Empu Rancak juga memiliki pemandangan sunsire dan sunset yang sangat indah. Kilauan sinar matahari yang menyinari pasir pantai yang putih serta air laut yang jernih menjadi pemandangan yang memanjakan mata ketika di pagi hari. Dan ketika disore hari pemandangan juga tak kalah indahnya. Tentu momen-moment tersebut merupakan moment tepat untuk mengambil gambar atau foto di pantai Empu Rancak.
[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

Aktivitas menyenangkan di pantai Empu Rancak

  • Tempat liburan yang menyenangkan bersama keluarga dan teman-teman
  • Tempat bersantai dipinggir pantai
  • Tempat kumpul bareng komunitas atau group
  • Tempat menikmati kuliner sea food dengan harga murah dan lezat
  • Bermain air laut atau berenang
  • Bermain pasir pantai
  • Spot foto keren

Kuliner di pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak sangat terkenal akan kulinernya yang lezat dan murah. Pantai Empu Rancak Jepara menyajikan berbagai menu olahan laut atau sea food seperti ikan bakar, cumi asam manis dan lain sebagainya. Ada banyak sekali warung-warung yang berjajar yang menyadikan kuliner sea food yang menggoda perut.  Banyak pengunjung yang datang ke pantai Empu Rancak hanya untuk sekedar menikmati kuliner yang ada di kawasan pantai Empu Rancak. Sambil menikmati kuliner di pantai Empu Rancak wisatawan juga bisa sekalian menikmati indahnya pantai sekaligus mengajak si kecil untuk bermain di pantai.

Masakan di warung-warung kawasan pantai Empu Rancak sangat terkenal akan kelezatannya. Salah satu masakan yang paling di rekomendasikan untuk anda coba ketika berlibur di pantai Empu Rancak ini adalah masakan Ikan pindang serani.

Fasilitas di pantai Empu Rancak Jepara

[http://scanforlink.blogspot.com] Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara

  • Akses jalan menuju pantai yang sudah bagus dan beraspal sehingga memungkinkan semua kendaraan untuk masuk kekawasan pantai
  • Area parkir yang sangat luas
  • Toilet dan tempat bilas yang bersih dan terawat
  • Gazebo atau saung yang ada di pinggir pantai
  • Musola atau tempat ibadah
  • Penyewaan ban untuk renang
  • Dan lain sebagainya

Alamat pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak berlokasi di desa Karang Godang  kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Jarak antara pantai dengan jalan raya sekitar 2 Km. Pantai Empu Rancak ini berlokasi diantara pantai Bondo, pantai Blebak dan pantai Ombak Mati.

Rute lokasi menuju ke pantai Empu Rancak Jepara

Akses atau rute menuju ke pantai Empu Rancak Jepara ini bisa kita lalui dengan sangat mudah sekali. Ada 3 jenis moda transportasi yang bisa kita gunakan yaitu motor, mobil dan bus. Jika anda berasal dari luar Jepara, baiknya anda mengikuti tanda lalu lintas yang mengarah ke Jepara. Setelah sampai di Jepara atau lebih tepatnya di alun-alun Jepara, perjalanan dilanjutkan menuju ke timur laut dan melewati jalan Raden Ajeng Kartini . Kemudian setelah sampai di jalan Ahmad Yani ambil jalur Jepara - Bangsri hingga ke jalur Mlonggo -  Bondo.  Setelah sampai diarea Bondo, lanjutkan perjalanan kurang lebih sekitar 2 Km hingga sampai ke pantai Empu Rancak. Dari Bondo ini anda akan banyak melihat petunjuk arah yang mengarah atau menuju ke pantai Empu Rancak. Perjalanan ini biasanya memakan waktu kurang lebih selama 1 jam.

Ketika anda sudah sampai di portal retribusi, silahkan ambil jalan ke arah kiri. Jalan ini sekaligus mengarah ke arah pelabuhan nelayan yang berasal dari sekitar desa Karang Gondang. Jalan menuju ke kawasan pantai Empu Rancak ini sudah sangat baik dan beraspal sehingga memungkinkan untuk semua kendaraan masuk ke kawasan pantai

Harga tiket masuk ke pantai Empu Rancak Jepara

Harga tiket masuk ke pantai Empu Rancak ini masih geratis untuk hari biasa dan dikenakan biaya 3.000 untuk hari jum'a, sabtu dan minggu. Selain tiket masuk anda juga perlu mengetahui beberapa biaya penyewaan yang ada di kawasan pantai Empu Rancak. Berikut daftar harga wisata di pantai Empu Rancak.
  • Tiket masuk motor jum'at, sabtu dan minggu 3.000
  • Tiket masuk mobil jum'at, sabtu dan minggu 5.000
  • Tiket masuk Bus jum'at, sabtu dan minggu 10.000
  • Tiket masuk motor hari libur nasional 5.000
  • Tiket masuk mobil hari libur nasional 10.000
  • Tiket masuk bus hari libur nasional 40.000
  • Harga parkir motor geratis
  • Harga parkir mobil 5.000
  • Harga parkir bus 10.000
  • Harga sewa ban kecil 5.000
  • Harga sewa ban besar 10.000
  • Harga sewa toilet atau bilas 3.000

Tips dan saran berlibur di pantai Empu Rancak Jepara

Tidak ada tips khusus jika anda ingin berlibur di pantai Empu Rancak Jepara ini, anda hanya disarankan untuk membawa topi atau penutup kepala, hal ini dikarenakan saat siang hari kawasan pantai sangat panas.

Demikianlah informasi tentang pantai Empu Rancak Jepara. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi untuk hari libur anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "15 Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Kuliner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel