Keindahan Pantai Bandengan Jepara Harga Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas, Spot Foto

TEMPAT WISATA TERBARU | Keindahan Pantai Bandengan Jepara - Indonesia adalah negara kepulauan dengan berbagai tempat wisata yang sangat menarik, hampir semua daerah di Indonesia memiliki tempat wisata unggulan baik wisata pantai maupun wisata pegunungan, salah satu daerah yang memiliki tempat wisata unggulan dan sangat populer dikalangan wisatawan adalah daerah Jepara. Ya Kabupaten tempat lahirnya Raden Ajeng Kartini ini memang selain dikenal sebagai kerajinan ukirannya juga dikenal akan tempat wisatanya. Salah satu tempat wisata di Jepara yang santa populer adalah pantai Bandengan.
[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Pantai Bandengan merupakan tempat wisata alam, keluarga, rekreasi yang sangat murah meriah yang terletak di utara pulau Jawa. Pantai Bandengan menjadi tempat rekreasi yang strategis dan banyak dikunjungi wisatawan dikarenakan lokasinya yang mudah dijangkau serta fasilitasnya yang lengkap sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai Bandengan. 

Pantai Bandengan merupakan yang memiliki pasir putih dengan tekstur yang halus yang tentunya tak kalah indah dengan berbagai pantai indah lainnya yang ada di Indonesia, seperti Bali atau Yogyakarta. Pantai Bandengan menjadi obat atau rekreasi alternatif bagi masyarakat yang tidak bisa berekresi ke pantai Bali atau Yogyakarta dikarenakan biaya yang mahal dan tempatnya yang jauh. Hal ini dikarenakan keadaan pantai Bandengan tak beda jauh dengan pantai yang ada di Bali ataupun di Yogyakarta.

Pantai Bandengan selain memiliki pasir yang putih dan bersih juga memiliki kondisi air yang jernih dan bersih. Hal ini akan menimbulkan kesan indah pada pantai Bandengan. Pantai Bandengan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, sangat cocok bagi anak-anak maupun orang dewasa. Keadaan pantai yang bersih dan pasir yang lembut sangat asyik untuk bermain sambil menikmati keindahan alamnya.
[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Pantai Bandengan yang sangat populer akan keindahannya ini disebut juga dengan sebutan Tirta Samudra. Hal ini dikarenakan akan sejarahnya yang berkaitan dengan asal-usul pulau Karimunjawa. Karena keindahannya inilah banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berdatangan setiap hari di pantai Bandengan.

Pantai Bandengan juga memiliki ombak yang tidak begitu besar, sehingga aman untuk bermain anak-anak dan aman untuk berenang. Selain itu saat ini pantai Bandengan terus mengembangkan diri dengan terus menambah fasilitas seperti banana boat yang membuat wisatan semakin tertarik untuk berkunjung ke pantai Bandengan.

Sejarah pantai Bandengan

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Pantai Bandengan adalah pantai populer dengan pasir putih yang ada di kota Jepara Jawa Tengah. Meskipun demikian, tak banyak orang yang tahu akan sejarah dari pantai Bandengan Tersebut. Sama halnya dengan pantai-pantai atau tempat wisata di daerah lainnya, pantai Bandengan juga memiliki sejarah yang sudah melegenda di masyarakat Jepara.

Baca juga : Pesona pantai Kartini jepara

Pantai Bandengan dinamakan Bandengan tak lain dikarenakan kisah masalalu atau sejarahnya. Nama Bandengan tak lepas dari kisah dari putra Sunan Muria yaitu Amir Hasan atau Sunan Nylampungan . Dahulu kala belau di tugaskan untuk memperdalam dan menyebarkan agama islam ke kepulauan yang nampak krumun-krumun dari gunung Muria. Itulah yang kemudian dinamakan Karimun Jawa.
[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Dalam perjalanan menuju ke pulau Karimun Jawa Amir Hasan atau Sunan Nylampungan melewati pantai yang banyak ikan bandengnya. Hal inilah yang kemudian menjadikan desa tersebut menjadi desa Bandengan atau pantai Bandengan. 

Dulu pantai Bandengan sendiri dinamakan pantai Tirta Samudra yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Namun berjalannya waktu, pantai tersebut lebih dikenal dengan sebutan pantai Bandengan dan Pada tahun 1987 pengelolaan pindah ke tangan pemerintah kabupaten Jepara, namun tetap masih ada campur tangan dari masyarakat sekitar pantai Bandengan.

Keindahan pantai Bandengan

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Pantai Bandengan atau pantai Tirta Samudra terkenal akan keindahan alamnya. Hal ini tak lepas karena pasirnya yang putih seperti pantai yang ada di Bali atau di Yogyakarta. Berkunjung ke pantai Bandengan, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam yang luar biasa. Hamparan pasir putih yang luas dan bersih akan menambah keindahan pantai Bandengan, hal ini ditambah dengan keadaan air yang jernih. 

Selain hamparan pasir yang luas dan bersih, dipantai Bandengan juga terdapat banyak pepohonan yang rimbun dan hijua yang selain membuat pantai menjadi sejuk juga menambah keindangan pantai Bandengan. Dengan adanya banyak pepohan ini menjadikan pantai Bandengan memiliki banyak wie menarik yang tentunya tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di pulau Bali.

Baca juga : Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Kuliner

Dengan keadaan pantai yang luas dan pasirnya yang putih serta airnya yang jernih tentu aktifitas apaun yang dilakukan di pantai Bandengan akan sangat menyenangkan. Bagi anda yang suka olah raga, anda bisa melakukan olah raga di pantai Bandengan seperti voli pantai, sepak bola dan lain sebagainya. Dan bagi anda yang suka berselfie, pantai Bandengan menyuguhkan banyak spot menarik untuk berfoto.
[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Pantai Badengan merupakan pantai yang sangat populer sehingga tak pernah sepi, terlebih saat hari libur panjang seperti libur semesteri, libur hara raya, libur akhir tahun dan libur hari besar lainnya. Diperkirakan ada puluhan ribu pengunjung yang datang sehingga pantai terasa sesak. Untuk itu, bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantai Bandengan lebih baik datang ke pantai Bandengan dihari biasa atau jangan hari libur. 

Dipantai Bandengan terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung jika tak ingin terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Hal ini dikarenakan adanya beberapa mitos yang dipercaya oleh masyakat disekitar pantai Bandengan. Konon dulunya pantai Bandengan digunakan sebagai tempat pemandian R.A. Kartini bersama dengan teman-temannya. Dan dihari-hari tertentu pantai akan ditutup atau disaat ombak pantai besar. 

Aktivitas yang bisa dilakukan dipantai Bandengan

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Pantai bandengan memiliki lokasi yang luas sehingga banyak aktivitas yang bisa pengunjung lakukan selama di pantai Bandengan. Selama di pantai bandengan pengunjung bisa berenang, bermain pasir,  main voli atau berjalan mengelilingi pantai Bandengan. Bagi anda yang suka berselfie anda bisa mengabadikan setiap moment selama dipantai Bandengan dengan berfoto dan anda uplod dimedia sosial.

Baca juga : 10 Spot Foto Keren Pantai Bondo Jepara : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Kuliner

Selain aktivitas diatas, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya. Ada banyak fasilitas yang bisa nikmasi pengunjung seperti naik banana boat, jet ski, kano, wave house, ataupun atv mini untuk berkeliling pantai Bandengan. 

Pantai Bandengan juga sering mengadakan event-event dihari-hari tertentu Event-event tersebut bisa berupa motor cros, festival layang-layang dan lain sebagainya. 

Fasilitas dan wahana dipantai Bandengan

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Pantai Bandengan selain memiliki keindahan alam yang luar biasa juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahan pendukung yang membuat pantai Bandengan semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Area parkir yan luas

Pantai Bandengan memiliki area parkir yang sangat luas yang bisa menampung banyak kendaraan baik kendaraan motor maupun mobil, bahkan banyak juga bus-bus yang datang membawa rombongan ke pantai Bandengan. 

Sarana ibadah

Sarana ibadah merupakan hal yang utama dan harus ada ditempat wisata agar pengunjung tidak kebingungan ketika ingin beribadah sholat. Nah, di pantai Bandengan terdapat musola yang selain bisa untuk sholat juga bisa untuk beristirawat.

Toiled dan tempat bilas

Toilet dan tempat bilas merupakan fasilitas wajib yang harus ada di tempat wisata pantai. Tanpa adanya toilet dan tempat bilas tentu akan membuat pantai menjadi sepi karena pengunung enggan berkunjung. Toilet dan tempat bilas yang ada dipantai Bandengan sangat memadahi dan terjaga akan kebersihannya. 

Tempat penitipan barang

Dipantai Bandengan juga menyediakan tempat penitipan barang. Hal ini akan membuat pengunjung menjadi lebih nyaman saat berenang atau bermain di pantai Bandengan. Hal ini dikarenakan barang bawaannya aman ditempat penitipan.

Taman yang luas

Selain bibir pantai yang luas, dipantai Bandengan juga terdapat taman yang cukup luas dan sangat menyenangkan untuk bermain, terutama bagi anak-anak. Banyaknya pepohonan akan menambah kesan indah taman yang ada dipantai Bandengan tersebut.

Penyewaan pelampung

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Wisata pantai juga kurang lengkap jika tidak ada persewaan pelampung. Dipantai Bandengan ada banyak persewaan pelampung, jadi tidak hanya berenang saja, tapi pengunjung juga bisa mengapung dengan menggunakan pelampung. Pelampung juga akan sangat membantu bagi pengunjung yang tidak bisa berenang.
[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Pelampung yang ada dipantai Badengan juga berbentu macam-macam seperti ban mobil bekas, Duck Buoy atau pelampung berbentuk bebek dan lain sebagainya. Anda bisa memilih sesuai minat dan kondisi keuangan anda. 

Watersport

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Selain pasir putih yang ada dipantai Bandengan, adanya watersport dipantai Bandengan juga merupakan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai Bandengan. Hal ini tentu sangat menyenangkan sekali, terutama bagi anda yang suka dengan olah raga air.

Fasilitas watersport yang disediakan di pantai Bandengan diantaranya adalah ombak buatan untuk berselancar, jetski, Banana boat, Water Flying Fish, dan juga water jetpact. Selain itu juga ada fasilitas lainnya seperti kano, ATV, Sandal raksasa dan lain sebagainya yang membuat pantai Bandengan semakin lengkap dan menarik untuk dikunjungi.

Saung atau gazebo yang ada disekitar pantai

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Keberadaan saung atau gazebo disekitar pantai sangat dibutuhkan oleh pengunjung untuk beristirahat atau untuk sekedar bersantai sambil menikmasi perbekalan yang dibawa dari rumah. Pantai Bandengan menyediakan banyak saung atau gazebo disekitar pantai yang akan semakin memanjakan pengunjung yang datang di pantai Bandengan.

Rumah makan, kuliner dan pusat oleh-oleh

Bagi anda yang tidak membawa perbekalan, anda tak perlu khawatir, dipantai Bandengan ada banyak sekali penjual makanan dan jajanan dengan menu dan harga yang bermacam-macam. Bagi pengunjung yang ingin memberikan oleh-oleh untuk sahabat atau keluarga dirumah juga tak perlu khawatir, dipantai Bandengan ada banyak penjual oleh-oleh seperti kaos, makanan ringan dan berbagai pernak-pernik khas pantai Bandengan. 

Festival

Pada hari-hari tertentu pantai Bandengan sering mengadakan berbagai macam festival. Hal inilah yang menjadi salah satu keistimewaan pantai Bandengan. Jika anda suka dengan fesitival bisa datang ketika ada festival. Festival tersebut diantaranya adalah festival layang-layang, festival boat, dan festival motorcross. 

Hotel atau penginapan

Bagi anda yang datang dari luar kota atau daerah jauh, anda tak perlu khawatir. Dipantai Bandengan tersedia banyak penginapan dan hotel untuk anda yang ingin beristirahat dan menginap, sehingga ada banyak waktu untuk bermain dipantai bandengan.

Wisata Religi

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Dipantai Bandengan kita juga bisa sekalian untuk berwisata Religi. Ya, melalui pantai Bandengan kita bisa naik perahu untuk menuju ke pulau Panjang. Dipulau Panjang kita bisa berziarah ke makan salah satu wali penyebar agama Islam di daerah Jepara yaitu makam Al Habib Abu Bakar.

Baca juga : Informasi lengkap tentang wisata religi dipulau panjang

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan
Makam Al Habib Abu Bakar ini juga menjadi magnet bagi pengunjung untuk berwisata di pantai Bandengan juga di pulau Panjang. Untuk biaya baik kapal menuju pulau Panjang cukup murah yaitu 20 ribu saja untuk berangkat dan pulan.

Lokasi pantai Bandengan

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai bandengan

Pantai bandengan terletak di Desa Bandengan kecamatan Jepara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai Bandengan cukup strategis dan hanya berjarak sekitar 7 Km dari pusat kota Jepara. Akses menuju pantai Bandengan juga sangat mendukung untuk dilalui berbagai macam kendaraan. Jika dilihat dari peta, pantai Bandengan tak jauh dari tempat wisata lainnya yang ada diJepara yaitu pantai Kartini.

Rute menuju pantai Bandengan

Rute untuk menuju pantai Bandengan ada banyak sekali. Bagi pengunjung dari barat, anda bisa menggunkana rute dari Semarang yang aksesnya mudah. Anda bisa melewati perempatan lalu lintas Trengguli, dari situ kemudian ambil arah ke kiri dan lurus saja hingga sampai ke Jepara. Jika suda sampai di Jepara, arah pantai Bandengan sudah dekat. Rute lain anda bisa lewat Semarang menuju ke pasar Johar dan melewati kota Lama, namun ketika hari libur jalannya cukup ramai. Anda bisa lewat jalan pantura atau Jl Komdor Yos Sudarso langsung kearah Demak dengan melewati pasar Johar. Dari sana ambil kiri langsung ke arah Jl. kudus - Semarang, namun disini sering terjadi kepadatan kendaraan dan macet. Setelah itu ikuti petunjuk menuju Jl. Demak Welahan dan Jl. Raya Jepara - Kudus. Dan dari sini rute sudah mudah untuk diikuti hingga sampai ke pantai Bandengan.

Harga tiket pantai Bandengan

Untik harga tiket masuk ke pantai Bandengan tergolong sangat murah dengan fasilitas yang lengkap dipantai Bandengan. Untuk hari biasa, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk 5 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 2 ribu untuk anak-anak. Sedangkan untuk hari libur harga tiket yaitu 7 ribu untuk orang dewasa dan 3 ribu untuk anak-anak. Sedangkan untuk event-event tertentu harga tiket bisa naik menjadi 10 ribu untuk dewasa dan 7 ribu untuk anak-anak.

Tips dan saran

Sebelum anda berkunjung ke pantai Bandengan, baiknya anda siapkan dulu kondisi fisik dan kendaraan yang pria agar dipantai Bandengan bisa bermain dan berlibur dengan puas. Jangan lupa bawa perbekalan dan obat pribadi, dan yang penting jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap moment selama di pantai Bandengan. Selama dipantai Bandengan pengunjung juga diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan pantai, buanglah sampah pada tempat sampah.

Selama perjalan menuju pantai Bandengan selalu utamakan keselamatan, istirahatlah jika merasa lelah.

Demikianlah informasi tentang keindahan pantai Bandengan. Semoga informasi diatas bisa menjadi inspirasi untuk hari libur anda dan keluarga tercinta. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Keindahan Pantai Bandengan Jepara Harga Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas, Spot Foto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel