Keindahan Pantai Ujung Negoro Lokasi, Fasilitas Dan Harga Tiket Pantai Ujung Negoro

TEMPAT WISATA TERBARU | Keindahan Pantai Ujung Negoro - Wisata Pantai merupakan wisata yang sangat digemari oleh masyakat. hal ini dikarenakan dengan berwisata dipantai akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan nyaman setelah melakukan berbagai aktivitas rutin, hal tersebut juga didukung dengan keadaan pantai yang sejuk serta pemandangan yang indah.

Berbicara tentang wisata pantai, negara kita adalah negara kepulauan tentunya di negara kita memiliki banyak sekali wisata pantai. Hampir disemua daerah memiliki wisata pantai yang bahkan menjadi ikon dari daerah tersebut. Salah satunya yaitu daerah kabupaten Batang. Batang merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di provensi jawa tengah dengan garis pantai yang cukup luas. Kabupaten Batang memiliki beberapa wisata pantai seperti pantai Jodo, Pantai Ujung Negoro, dan juga pantai Sigandu.
[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro

Spesial untuk pantai Ujung Negoro. Pantai Ujung Negoro merupakan pantai yang berada tepat dibawah bukit bebatuan dengan pemandangan yang sangat luar biasa. Pantai Ujung Negoro mampu menyihir setiap pengunjung yang datang. Pantai Ujung Negoro selalu ramai dikunjungi wisatawan selain karena keindahan alamnya juag dikarenakan lokasinya yang mudah karena dekat jalan pantaura serta akses untuk menuju ke lokasi juga sangatlah mudah.

Pantai Ujung Negoro membentang dengan hamparan pasir yang sangat luas dengan pepaduan bebatuan laut serta tebing laut yang menambah pemandangan menjadi sangat indah. Keadaan pantai yang masih sangat alami dengan beberapa bangunan yang sengaja dibangun pemerintah setempat untuk menunjung fasilitas wisata di pantai Ujung Negoro.
[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro

Pantai Ujung Negoro memiliki ciri-ciri pantai landai, berpasir, bertebing serta susuan basic laut yang keras. Ombak di pantai Ujung Negoro tidaklah besar sehingga sangat aman untuk berenang atau mandi di pantai Ujung Negoro. Air dipantai Ujung Negoro juga sangat jernih, terlebih dibagian pantai yang terdapat banyak bebatuan. 

Sejarah Pantai Ujung Negoro

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Pantai Ujung Negoro dulu sekitar abad 17 atau awal berdirinya kabupaten Batang menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal atau jung-jung dari negeri Cina. Bermula dengan mangkalnya Jung-jung saka Cina dalam bahasa daerah berasal dari daerah Cina, yang kemudian pantai ini dinamakan dengan Ujung Negoro. 

Menurut beberapa sumber yang cukup terpercaya, bermangkalnya perahu-perahu besar dari Cina tersebut tidak lain adalah milik para perampok pinpinan Baurekso yang mengaku sebagai penguasa diseputar kali "Lojahan" (Sambong Kramat) Penguasa lokal tidak mau mengakui yang dipertuan Mataram Islam 

Menurut R. Soedibjo Giri Soejaham Logo dalam majalah "Gema Pembangunan" edisi khusus babad Pekalongan, terbitan Pemda Pekalongan no 27 Pekalongan 10 Juli 1975 disebut " Sang Tunjang Mlaya" (Teratai Putih Yang Melayang-layang) atau "Sang rata uling-kanting". Sementara menurut penuturan penduduk, Drubekso yang mengakui penguasa itu disebut "Uling" tidak lain berasal dari bahasa Cina yaitu "Helling".Menurut keluarga R. Soenarjo. lebih lanjut menuturkan bahwa daerah kekuasaan Heling atau Uling atau Drubikso memanjang pantai jawa dan kawasan Gambiran yang sekarang Pekalongan sampai daerah alas Roban yaitu Batang bagian timur, dari hilir sungai "Lojahan" dengan banteng rahasianya Sademan” desa Klidang Lor. Terus meliputi daerah-daerah sekitar : Sambong, Kedung Cina, Kedung Ringin (di Kecamatan Batang) Jung Biru dan seputar wilayah gunung Tugel (Kecamatan Wonotunggal) kekuasaan Drubikso. Kekuasaan Drubikso beakhir, akhirnya Drubikso bisa dikalahkan oleh jaka Bau (Bhaurekso) dengan dibantu oleh pasukan Mataram, Subah, Gringsing dan kawan-kawan seperjuangan yang lain. Sehingga akhirnya perahu-perahu dari daratan Cina tersebut.

Mitos dipantai Ujung Negoro

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Pantai Ujung Negoro selain memiliki pemandangan yang indah juga memiliki wisata budaya yang menyimpan peninggalan sejarah yaitu pemakaman Syekh Maulana Maghribi dan gua Aswatama. Syekh Maulana Maghribi diyakini sebagai Ulama' dulu yang menyebarkan agama islam ditempat tersebut. Makam tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berziarah, terutama pada tanggal 15 sapar (Penanggalan Jawa) dimana digelas selametan untuk Syekh Maulana.

Baca juga : Pesona pantai cahaya sikucing rowosari kendal

Sementara gua Aswatama memiliki kisah Legenda yang sangat melekat dimasyarakat. Dikisahkan pada perang Bratayuda, ada seorang pendeta Durna kalah melawan pandawa. Sebagai upaya balas dendam, anak dari pendeta Durna yang bernama Aswatama mengejar pandawa hingga ke pantai Ujung Negoro. Namun karena tanpa hasil, kemudian Aswatama bersemedi di gua dengan berdoa kepada sang ibu kayangan yaitu Dewi Wilutama. Kemudian sanga Dewi turun dan memberikan kekuatan pada Aswatama agar bisa menyusul Pandawa di Jonggring Saloka yang sekarang bernama kawasan Dieng. Dewi Wilutama menguruh Asawatama untuk menggali tanah agar tembuh ke tempat Pandawa berada dengan syarat tidak boleh menoleh kebelakang saat menggali tanah. Namun, karena tergoda, akhirnya Aswatama menoleh kebelakang, lalu pada saat itu juga, galiannya kembali seperti semula. Dengan kesal Aswatama membelokan galiannya ke daerah Batur dan gua Aswatama tersebut menjadi titik awal penggalian. Namun hingga sekarang Cerita legenda tersebut masih menjadi mitos dan belum bisa dibuktikan akan kebenarannya. 

Keindahan Pantai Ujung Negoro

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Ketika sampai dipantai Ujung Negoro, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Hamparan pasir yang luas serta panorma alam sekitar seperti adanya tebing membuat kita semakin betah untuk berlama-lama di pantai Ujung Negoro. 

Dipantai Ujung Negoro terdapat banyak sekali Spots menarik untuk berfoto seperti dipantai yang terdapat banyak bebatuannya, atau juag diatas bukit dengan pemandangan pantai yang luar biasa indahnya. 

Dulunya pantai Ujung Negoro hanyalah tempat Ziarah makan Syekh Maulana Maghribi, namun dengan berjalannya waktu semakin banyak wisatawan yang datang dan juga adanya pemandangan yang indah dikawasana Ujung Negoro menjadikan pemerintah setempat membangun kawasan tersebut untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Dan hingga sekarang pantai Ujung Negoro semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Fasilitas pantai Ujung Negoro

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Pantai Ujung Negoro adalah pantai yang unik dikarenakan selain menyuguhkan hamparan pasir yang luas juga terdapat pemandangan bukit hijau yang langsung berbatasan dengan pantai. Menuru pedagang yang berjualan dikasawan pantai Ujung Negoro, air dipantai Ujung Negoro akan sangat jernih ketika bulan Agustus atau September sehingga akan sangat menyenangkan untuk berjalan-jalan dikawasan pantai Ujung Negoro. 

Ada banyak bebatuan besar di pantai Ujung Negoro menjadi spots yang menarik bagi anda yang suka berselfie. Memang tak mudah untuk menelusi batu-batu tersebut, anda harus berjalan setapak demi setapak dan juga harus berharti-hati. Bagi anda yang suka memancing, anda juga bisa memancing dikawasan pantai Ujung Negoro, Kawasan memancing yang enak adalah dbagian timur pantai Ujung Negoro, yaitu di kawasan bebatuan besar. Ada banyak pemancing setiap harinya.
[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro

Pada musim-musim tertentu pengelola pantai Ujung Negoro memasang peringatan agar pengunjung tidak berenang dikarenakan keadaan ombak yang besar sehingga sangat berbahaya. Namun, meskipun demikian, pengungung tidak akan kecewa. Hal ini dikarenakan pemandangan yang ditawarkan pantau Ujung Negoro yang indah. Meskipun tidak berenang, anda bisa berjalan-jalan sambil berfoto-foto dikawasan Ujung Negoro.

Untuk fasilitas dipantai Ujung Negoro sangatlah lengkap. Di pantai Ujung Negoro terdapat area parkir yang sangat luas, kamar mandi, toiled, penjual makanan, gazebo atau tempat duduk, musola, ayunan, perosotan dan masih banyak lagi fasilitas penunjang lainnya.

Dipantai Ujung Negoro pengjung juga akan disuguhkan pemandangan laut yang sangat indah yang sangat memanjakan mata. Selain itu, kita juga akan melihat aktivitas kapal yang keluar masuk area PLTU (Pembangkit listrik tenaga uap) yang ada di ujung garis pantai dengan memanjat bukit kecil disebelah makam. 

Hal menarik yang bisa dilakukan dipantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro adalah pantai yang lengkap karena selain hamparan pasir yang luas juga terdapat tebing atau bukit tinggi yang membuat kita bisa melakukan banyak hal menyenangkan di pantai Ujung Negoro. Lalu apa saja hal menyenangkan yang bisa kita lakukan dipantai Ujung Negoro. Berikut Ulasannya.

Berenang di pantai Ujung Negoro

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Namanya juga wiasata pantai, tentu kurang lengkap jika kita tidak mandi dan berenang di pantai Ujung Negoro. Keadaan ombak yang tak begitu besar tentu sangat aman untuk pengunjung berenang. Dikawasan pantai ujung Negoro terdapat banyak persewaan pelampung atau ban, sehingga bagi anda yang tak bisa berenang tak perlu khawatir. Ada dua kawasan untuk berenang di pantai Ujung Negoro yaitu kawasan pasir yang ada disebelah barat pantai dan kawasan bukit atau bebatuan yang ada di sebelah timur pantai Ujung Negoro. Bagi anda yang memilih dikawasan bebatuan, baiknya berhati-hari karena keadaan batu yang berlumut dan licin. Disisi anda juga bisa mengabadikan foto anda bersama dengan sahabat atau kekasih, Pemandangannya sungguh luar biasa dan tiada duanya.

Bermain pasir

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Sama halnya dengan wisata pantai lainnya, dipantai Ujung Negoro ana bisa bermain pasir sepuasnya seperti membuat istana pasir atau sekedar menulis diatas pasir. Pantai Ujung Negoro memiliki hamparan pasir yang luas sehingga akan menjadi surga bagi anak-anak yang suka bermain pasir.

Bermain ayunan atau perosotan

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Bagi anda yang membawa anak-anak, anda tak perlu khawatir, ada banyak sekali fasilitas pendukung bagi anak-anak seperti ayunan, perosotan dan lain sebagainya. Di Pantai Ujung Negoro tentu anak-anak akan sangat bahagia. 

Berfoto dan berselfie sepuasnya

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Pantai Ujung Negoro memiliki pemandangan yang luar biasa indah terutama dibawah bukit dengan banyaknya bebatuan besar yang biasanya menjadi spots pemburu foto. Ditempat ini anda bisa berfoto sepuasnya karena banyak sekali tempat spots foto yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Memancing

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Bagi anda yang suka memancing juga bisa memancing dikawasan pantai Ujung Negoro. Anda bisa memancing di bagian timur pantai Ujung Negoro, ada banyak pemancing disana dan ikan yang didapatkan juga lumayan.

Berziarah

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Pantai Ujung Negoro berbeda dengan pantai lainnya karena dipantai Ujung Negoro terdapat makam salah satu wali atau Ulama yang dikenal sebagai penyebar agama islam di jawa terutama di daerah tersebut yaitu wali Syekh Maulana Maghribi. Selain berwisata anda juga bisa berziarah.

Menikmasi sunset di pantai Ujung Negoro

[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro
Bagi anda yang ingin melihat indahnya sunset atau matahari terbenam di pantai Ujung Negoro, anda bisa datang ke pantai Ujung Negoro pada sore hari. Keindahan Sunset dipantai Ujung Negoro tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya.

Lokasi dan rute menuju pantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro berlokasi di desa Ujung Negoro Kabupaten Batang. Lokasinya yang tidak jauh dari jalan pantura sangat cocok  untuk beristirahat ketika musim mudik. Ada dua jalur untuk menuju pantai Ujung Negoro. Jalur pertama yaitu melewati jalan pantura Batang yang kemudian masuk ke utara melalui jalan raya bakalan ada gapuro bertulisan Ujung Negoro .
[http://scanforlink.blogspot.com] pantai ujung negoro

Jalus satunya lagi yaitu dengan lewat jalur dari pantai Sigandu. Dari pantura masuk ke jalan Sultan Agung, lurus hingga menuju pantai. Kendaraan bisa langsung ke timur lewat jalan menuju PLTU Batang. Jika anda melewati jalan ini anda akan merasakan sensasi tersendiri karena anda akan disuguhkan pemandangan luar biasa disekitar pantai.

Jalan atau akses menuju pantai sangat mudah dan jalannya sangat bagus, jadi anda tak perlu khawatir. Untuk menuju pantai Ujung Negoro baiknya anda gunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Harga tiket

Harga tiket dipantai Ujung Negoro sangatlah murah sekali yaitu 5 ribu dan tambahan biaya parkir 2 ribu saja. Dengan biaya yang sangat murah tersebut anda bisa berkeliling pantai sepuasnya.

Saran dan tips berkunjung di pantai Ujung Negoro

Sebelum anda berkunjung ke pantai ujung Negoro pastikan dulu kondisi badan dan kendaan fit. Jangan lupa bawa bekal terutama obat pribadi yang anda butuhkan. Hal yang paling penting dan tak boleh ketinggalan adalah jangan lupa bawa kamera, ada banyak tempat indah yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Selalu jaga kebersihan dan istirahat jika lelah.

Demikianlah informasi tentang keindahan pantai Ujung Negoro. Semoga informasi diatas menjadi inspirasi liburan anda dan semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Keindahan Pantai Ujung Negoro Lokasi, Fasilitas Dan Harga Tiket Pantai Ujung Negoro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel