KEINDAHAN AIR TERJUN LIAWAN, DESA LIAWAN, KEC. SUMARORONG, KAB. MAMASA

TEMPAT WISATA TERBARU | Berbicara tentang dunia wisata pasti mamasa tidak akan luput dari dunia wisata, karena mamasa merupakan salah satu wilaya yang memiliki panora alam yang begitu indah dan tidak ada duanya. Mamasa juga memiliki air terjun yang begitu menarik sehingap banyak di kunjungi oleh masyarakat, baik dalam wilaya maupun luar wilaya bahkan dari negara lain. Air terjun ini di beri nama liawan karena berada di desa liawan.







Air terjun liawan ini berada di desa liawan, kec. Sumarorong, kab. Mamasa. Ketika anda ingin berkunjung ke air terjun liawan anda dapat melewati jalan poros polewali mamasa, jika anda sudah tepat di kota sumarorong, sebelum polsek sumarorong dan bank BRI anda belok kanan. Dan jika anda dari arah mamasa anda harus melewati polsek sumarorong baru belok kiri. Di samping jalan tersebut terdapat papan penunjuk yang akan menunjukan jalan ke arah air terjun liawan. Kondisi jalan ke air terjun liawan suda mulai baik karena sudah ada yang di beton dan masih ada juga yang berlubang, sehinggap kendaraan roda 2 bisa masuk dengan muda ( tapi bagi kendaraan roda 4 tidak bisa melewati jalan tersebut karena jalan tersebut relatif senpit).



Dapat anda lihat 4 pemuda yang sedang menikmati air terjun liawan yang sangat indah dan memberi kesejukan. Air terjun liawan ini berjarak kurang lebih 2 km dan dapat di tempuh selama 30 menit dari kota sumarorong. Setelah nelewati perjalanan dari kota sumarorong ke liawan kemudian kendaraan di parkir di halaman rumah warga. Dari rumah warga tersebut kita suda dapat melihat air terjun liawan tersebut dengan jelas.


Ketika kita akan memasuki air terjun liawan, kita akan melewati pos yang di sertai dengan penjaga air terjun liawan tersebut dan kita harus wajib membayar tarif sebesar Rp. 5.000 bagi anak-anak dan Rp. 7.000 bagi dewasa atau orang tua. Air terjun liawan ini sudah di kelolah baik oleh dinas pariwisata mamasa.



Kesejukan alamnya dapat kita rasakan ketika kita baru memasuki kawasan air terjun liawan . Selain hembusan air terjun, kita dapat juga melihat pepohonan tua yang hijau yang memperindah alam liawan tersebut.yang uniknya lagi air terjun ini memisahkan tempat penginapan jadi ada dua tempat penginapan yaitu di sebelah kiri dan di sebelah kanan. Ketika kita masuk kita bisa melihat villa yang ada di sebelah kiri kita yang di tata rapi dan di hiasi dengan layaknya rumah adat mamasa. Dan di sebelah kanan kita terdapat juga tempat penginapan dan pos tempat penjaga air terjun tersebut. Jika anda berniat untuk tinggal di tempat itu anda hanya dapat menyiapkan uang sebesar Rp. 150.000 saja. Perlu anda ketahui jika anda berkunjung ke air terjun ini anda harus membawa makanan karena di sana tidak di sediakan makanan. Di tempat ini juga anda dapat melakukan kegiatan organisasi baik mahasiswa maupun pelajar.



Air terjun liawan memiliki 3 tingkatan dengan tingkat pertama sekitar 10 meter. Di sisi sebelah kiri terdapat jalan menanjak, dan ketika anda melakukan pendakian untuk menuju ke lantai 2 dan 3 anda harus hati-hati karena jalan tersebut sangatlah licin dan bisa saja anda terpeleset ketika anda tidak hati-hati. Di tingkat pertama air terjun tersebut, agak luas dengan kedalaman yang tidak terlalu berbahaya. Dan di lantai 2 dan 3 airnya lumayan dalam dengan bentuk lingkaran kolam yang sangat indah. Untuk keamanan para pengunjung maka saya sarankan agar anda mandi di lantai satu dan dua saja karena di lantai 3 sangat berbahaya. Di tempat ini juga terdapat berbagai jenis pepohonan khas mamasa jadi anda dapat mengetahui berbagai jenis pohon yang ada si mamasa. Bagi anda yang mempunyai kesempatan ke mamasa mampirlah di air terjun liawan makas saya pastikan anda tidak akan menyesal ke air terjun liawan tersebut. Dan jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat wisata mamasa yaitu negeri di atas awan (buntu liarra dan bombong batu) dan masih banyak lagi tempat wisata menarik yang ada di mamasa. Selamat menikmati pesona alam mamasa.

LETAK: DESA LIAWAN, KEC. SUMARORONG, KAB. MAMASA.

0 Response to "KEINDAHAN AIR TERJUN LIAWAN, DESA LIAWAN, KEC. SUMARORONG, KAB. MAMASA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel